13 Resep Camilan Tahu yang Enak, Simple dan Murah Meriah

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 19 November 2022 11:11
13 Resep Camilan Tahu yang Enak, Simple dan Murah Meriah
Dengan odal Rp. 10 ribu saja nih kamu sudah bisa dapat camilan enak dengan resep camilan dari tahu ini

Siapa bilang tahu cuman bisa untuk jadi lauk atau bahan masakan doang. Dengan sedikit kreativitas di dapur, kamu bisa bikin camilan enak, sehat dan tentu saja murah meriah menggunakan resep camilan dari tahu di bawah ini. Proses pembuatannya yang simple bikin camilan berikut bisa kamu nikmati kapan saja, bahkan bisa kamu buat di pagi hari untuk bekal ke sekolah atau kantor.

Tapi sebelumnya pastikan kamu menggunakan tahu yang masih segar Bila tahu telah dibeli beberapa saat sebelum diolah, tahu harus disimpan dengan tepat untuk menjaga kesegaran dan kualitasnya.

Berikut ini deretan resep camilan dari tahu. Nggak sabar pengen cobain deh!

 

1 dari 12 halaman

Bola Tahu Keju

Resep Camilan Tahu - Bola Tahu KejuResep Camilan Tahu - Bola Tahu Keju © Instagram/@cookingwith_vee

Bahan:

  • 250 gr daging sapi, tumis matang
  • 10 buah tahu putih, haluskan
  • 2 buah wortel, potong kotak kecil
  • 1 batang seledri, iris halus
  • 100 gr keju cheddar, parut
  • 3 sdm tepung terigu
  • 2 butir telur
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Minyak goreng

Isi:

  • 150 gr keju quick melt, potong kotak besar

Cara membuat:

  • Campurkan semua bahan tahu. Aduk hingga rata.
  • Timbang seberat 30 gr kemudian isi dengan keju. Bulatkan.
  • Panaskan minyak goreng dengan api kecil. Goreng hingga matang. Sajikan.

 

2 dari 12 halaman

Martabak Telur Tahu kulit Lumpia

Resep Camilan dari Tahu - Martabak TahuResep Camilan dari Tahu - Martabak Tahu © cookpad.com/Dapur Bahagia

Resep camilan dari tahu ini juga bisa kamu eksekusi untuk lauk teman makan nasi yang enak banget!

 

Bahan :

  • 1 kotak tahu putih
  • 12 lembar kulit lumpia
  • 1 butir telur
  • 3 batang daun bawang
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt garam + 1/2 sdt merica bubuk + 1/2 sdt penyedap rasa
  • secukupnya Minyak goreng

Cara Membuat

  • Cuci bersih tahu dan daun bawang, tiriskan.
  • Potong potong tahu ukurannya bebas saja serta iris iris daun bawang.
  • Siapkan wadah masukan potongan tahu dan irisan daun bawang.
  • Haluskan bawang putih, tambahkan bawang putih ke dalam isian tahu, tambahkan telur, garam, merica bubuk serta penyedap rasa, aduk aduk semua bahan menjadi satu hingga tercampur rata.
  • Ambil satu kulit lumpia, isi dengan 11 ½ sdm isian tahu, lipat persegi empat. Lakukan satu per satu sampai semua selesai
  • Panaskan teflon dengan minyak yang banyak, api kecil saja agar tidak cepat gosong. Goreng
  • martabak tahu hingga semua selesai. Angkat dan sajikan

3 dari 12 halaman

Tahu Jeletot

Resep Camilan dari Tahu - Tahu JeletotResep Camilan dari Tahu - Tahu Jeletot © cookpad.com/Astiya Lestari

Nama tahu jeletot memiliki arti tahu yang berasa pedas. Tapi tentu saja kamu bisa menyesuaikan resep camilan dari tahu ini sesuai selera pedas keluarga.

Bahan :

  • 10-15 tahu coklat/tahu pong 
  • 1/2 buah kubis/kol
  • 3 buah wortel 
  • 3 batang daun bawang

Bumbu halus untuk isian:

  • 7 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 20 buah cabai rawit merah 
  • 3 buah cabai merah keriting
  • Secukupnya gula, garam dan kaldu bubuk
  • Adonan Tepung Krispi:
  • 6 sdm tepung terigu
  • 3 sdmtepung beras
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1/2 sdt magic lezat
  • 1/2 sdt garam
  • Secukupnya air

Cara membuat :

  • Iris-iris tipis kubis/kol, wortel dan daun bawang. Lalu cuci bersih dan tiriskan
  • Tumis bumbu halus hingga harum. Lalu setelah harum beri sedikit air, kemudian tambahkan wortel, aduk rata dan biarkan sampai wortel matang/empuk
  • Lalu masukkan kubis dan daun bawang. Bumbui dengan gula, garam dan kaldu bubuk. Aduk-aduk hingga semua tercampur rata. Masak hingga matang dan air sat. Tes rasa, angkat
  • Siapkan adonan tepung krispi
  • Lubangi/potong bagian tengah tahu, lalu masukkan secukupnya isian (sayuran) yang telah dibuat sebelumnya. Kemudian Celupkan ke dalam adonan tepung krispi
  • Goreng tahu hingga matang berwarna kecoklatan ke dalam minyak goreng yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Angkat dan tiriskan
  • Siap disajikan

4 dari 12 halaman

Stik Tahu

Resep Camilan dari Tahu - Stik TahuResep Camilan dari Tahu - Stik Tahu © Instagram/@astriayuliana

Stik tahu berikut terasa makin gurih dan sedap saat dimakan dengan cocolan saus sambal nih!

Bahan:

  • 1 buah tahu putih besar atau 250 gr tahu
  • 1 butir telur
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt kaldu jamur
  • Gula dan garam secukupnya

Cara membuat:

  • Campur semua bahan, haluskan dengan chopper atau bejek-bejek pakai garpu.
  • Lalu pindahkan ke dalam plastik segitiga atau plastik bening biasa.
  • Siapkan wajan beri minyak, tunggu sampai panas atur api kecil cenderung sedang. Kemudian tekan adonan ke dalam minyak dan lakukan sampai habis.
  • Aduk cukup 1 kali saat warna hampir kecokelatan agar tidak hancur.
  • Goreng sampai kecokelatan dan kering.
  • Tiriskan di atas tisu, biar minyaknya meresap ke tisu.

5 dari 12 halaman

Tahu Walik Aci

Resep Camilan dari Tahu - Tahu Walik AciResep Camilan dari Tahu - Tahu Walik Aci © cookpad.com/ihdanas

Karena sederhana dan murah, resep camilan tahu ini juga bisa jadi ide jualan yang menjanjikan lho!

Bahan :

  • 10 buah tahu pong
  • 100 g tepung tapioka
  • 2 sdm tepung terigu
  • 1 batang daun bawang (iris)
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 1/4 sdt lada bubuk
  • 125 ml air panas

Cara Membuat

  • Siapkan bahan-bahan.
  • Kerat tahu, balik. Sisihkan.
  • Campur tepung, garam, kaldu bubuk dan daun bawang. Aduk rata.
  • Didihkan air. Tambahkan ke adonan sedikit demi sedikit sampai adonan lembut dan bisa disendok.
  • Masukkan ke tahu yang sudah dibalik, goreng sampai matang kecoklatan. Pakai api sedang cenderung kecil, agar Aci bisa matang sempurna.

6 dari 12 halaman

Tahu Aci

Resep Camilan dari Tahu - Tahu AciResep Camilan dari Tahu - Tahu Aci © cookpad.com/Aditya Damayanti

Bahan :

  • Secukupnya tahu putih
  • 10 sdm tepung sagu
  • 1 sdm tepung terigu serbaguna
  • 1/4 sdt garam
  • 1/2 sdt kaldu ayam bubuk
  • 1 sdt bawang putih bubuk
  • 2 batang daun bawang, rajang
  • 80 ml air mendidih

Pelapis

  • 1 sdm tepung sagu

Cara Membuat

  • Potong potong tahu sesuai selera. Sisihkan. Campurkan tepung sagu, tepung terigu serba guna, garam, kaldu ayam bubuk, bawang putih bubuk dan daun bawang.
  • Tuang air mendidih, aduk menggunakan sendok kayu atau spatula asal rata.
  • Ambil satu potong tahu, beri satu sisi tahu dengan tepung sagu sebagai perekat antara tahu dan adonan aci. Pastikan terbalur rata. Ambil adonan aci sesuai selera, tempelkan pada tahu. Lakukan hingga adonan habis.
  • Goreng dengan minyak panas, api sedang hingga kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Tahu aci goreng siap disajikan dengan sambal kecap.

7 dari 12 halaman

Tahu Fantasi

Resep Camilan Tahu - Tahu FantasiResep Camilan Tahu - Tahu Fantasi © Instagram/@delia_su84

Terbuat dari adonan telur dan telur puyuh di bagian dalamnya, camilan ini pas banget jadi pengganjal perut selagi menunggu jam makan.

Bahan :

  •  5 buah tahu putih besar
  • 10 butir telur puyuh
  • 1 buah wortel, parut kasar
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 1 butir telur besar
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 1/4 sdt merica
  • 2 butir putih telur, kocok lepas
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara membuat:

  • Rebus telur puyuh sampai matang, kupas kulitnya. Sisihkan.
  • Panaskan kukusan dan olesi cetakan dengan minyak. Sisihkan.
  • Dalam wadah, haluskan tahu.
  • Masukkan telur, wortel, daun bawang, bawang putih. Aduk rata.
  • Masukkan garam, kaldu bubuk, dan merica. Aduk rata.
  • Masukkan adonan tahu ke dalam cetakan, taruh 1 telur puyuh di atasnya.
  • Kukus selama 20-30 menit sampai matang. Angkat dan dinginkan. Keluarkan tahu dari cetakan.
  • Celupkan tahu ke dalam kocokan putih telur lalu goreng sampai cokelat keemasan. Angkat. Sajikan.

8 dari 12 halaman

Tahu Krispy

Resep Camilan dari Tahu - Tahu KrispiResep Camilan dari Tahu - Tahu Krispi © instagram.com/linagui.kitchen/

Bikin sendiri camilan enak berikut di rumah yuk!

Bahan :

  • 15 potong tahu putih, potong jadi 4
  • Bahan bumbu pelapis :
  • 80 gr tepung terigu
  • 20 gr tepung tapioka
  • 1 sdt baking powder
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1 sdt garam
  • 2 sdt kaldu jamur totole
  • 400 ml air

Cara membuat :

  • Campur semua bahan bumbu pelapis hingga larut tercampur rata.
  • Lalu masukkan tahu yang sudah dipotong, biarkan terendam sekitar 10 menit, kemudian tiriskan
  • Goreng tahu dengan minyak yang banyak supaya bisa mengapung, minyak harus panas sebelum masukkan tahu
  • Goreng hingga kering, jika tahu sudah kering baru tuang air bumbu pelapis tadi diatas tahu, tuang kira-kira 30ml, tunggu sebentar supaya kering kremesnya, kemudian aduk spya menempel pada tahu.
  • Lakukan lagi, tuang bumbu pelapis tadi lagi hingga dua kali lagi.
  • Tahu harus sudah digoreng kering baru tuang bumbu pelapis supaya tahu tidak hancur saat pengadukan.
  • Lanjutkan menggoreng sampai kecoklatan, angkat dan tiriskan.
  • Lakukan hal yang sama hingga semua tahu habis

9 dari 12 halaman

Tahu Gejrot

Cara Membuat Tahu GejrotCara Membuat Tahu Gejrot © 2021 shutterstock/ Sukma Cuisine

Cuman modal sepuluh ribu rupiah nih kamu udah bisa bikin camilan enak dan sedap dengan resep berikut

Bahan :

  • Tahu pong 
  • Cabe rawit ijo botol
  • 1 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 50 gr gula merah, 
  • 2 sdm air asem jawa
  •  1 sdt kecap 
  • 2 sdt garam

Cara membuat :

  • Rebus gula merah, asem jawa, kecap dengan 100 ml air
  • Goreng tahu pong
  • Uleg bawang putih dan garam sampai halus
  • Masukkan bawang merah dan cabe, uleg kasar.
  • Masukkan air rebusan gula, aduk rata, siram ke tahu pong goreng yang sudah dipotong lebih kecil.

10 dari 12 halaman

Tahu Petis

Resep Camilan dari Tahu - Tahu PetisResep Camilan dari Tahu - Tahu Petis © petistahubususi

Resep camilan dari tahu berikut ini nggak boleh ketinggalan.

Bahan:

  • 6 tahu putih ukuran kecil
  • 100gr petis udang

Bumbu halus:

  • 2 cabai rawit
  • 1 bawang putih
  • Bumbu tambahan:
  • Garam
  • Gula

Langkah:

  • Marinasi tahu seperti menggoreng biasa, goreng hingga matang lalu sisihkan
  • Tumis bumbu halus
  • Masukkan petis
  • Tambahkan air sedikit hanya untuk mengaduk agar rata
  • Masukkan garam dan gula
  • Aduk-aduk hingga tidak bergerindil
  • Sajikan dengan tahu

11 dari 12 halaman

Sempol Tahu

Resep Camilan dari Tahu - Sempol TahuResep Camilan dari Tahu - Sempol Tahu © instagram.com/vawna.house/

Kalau biasanya nih ada camilan sempol ayam, kali ini bikin sempol dengan campuran tahu yuk!

Bahan :

  • 2 buah tahu
  • 5 sdm terigu
  • 10 sdm tepung tapioka
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt kaldu jamur
  • 1/2 sdt bubuk pala
  • 1/2 sdt bubuk bawang putih
  • 1 butir telur
  • Sedikit air
  • Tusuk sate secukupnya
  • 1 butir telur kocok lepas untuk celupan

Cara membuat :

  • Campur semua bahan sampai bisa dipulung
  • Lumuri tangan dengan tapioka, ambil sekitar 1sdm adonan, lalu kepal-kepal di tusukan sate, lakukan sampai adonan habis
  • Rebus secukupnya air dalam panci sampai mendidih, lalu rebus sempol sampai matang.
  • Panaskan minyak, celup sempol ke dalam telur, lalu goreng hingga coklat keemasan.

12 dari 12 halaman

Batagor Pangsit Tahu

Resep Camilan dari Tahu - Batagor Pangsit TahuResep Camilan dari Tahu - Batagor Pangsit Tahu © cookpad.com/Anisatur Rofi'ah

Resep camilan dari tahu berikut ini bisa kamu bikin dalam jumlah banyak trus jadi stok camilan di freezer deh!

Bahan batagor :

  • 1 bungkus kulit pangsit sedang
  • 1 buah tahu putih
  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • 10 sdm tepung tapioka
  • 5 sdm tepung terigu
  • Secukupnya daun bawang, cincang
  • 1 butir telur
  • Secukupnya garam, penyedap
  • Secukupnya air

Bahan sambal batagor :

  • secukupnya Kacang goreng
  • Secukupnya cabai rawit, goreng
  • Secukupnya gula merah
  • 3 siung bawang putih, digoreng
  • Rendaman air asam jawa
  • Secukupnya garam dan penyedap
  • Secukupnya air

Cara Membuat

  • Siapkan semua bahannya
  • Haluskan tahu putih kemudian tambahkan daun bawang, bawang putih yang sudah dihaluskan, garam dan penyedap kemudian tambahkan telur dan aduk rata
  • Tambahkan tepung tapioka dan tepung terigu, aduk rata sambil tambahkan air sedikit sampai adonan kental
  • Siapkan kulit pangsitnya kemudian isi dengan adonan tadi sedikit saja agar matangnya nanti merata sampai ke dalem ya dan lipat di ujung sisinya sampai habis
  • Goreng batagor pangsitnya sampai matang
  • Untuk membuat sambalnya, haluskan kacang, cabai, bawang putih dan gula merah kemudian tumis dan tambahkan air rendaman asam Jawa dan kecap. Tambahkan juga secukupnya garam dan penyedap. Tes rasa
  • Potong batagor yang sudah digoreng tadi dan letakkan pada wadah dan sajikan dengan bumbu kacangnya.

Kalo mimin sih pengen cobain resep camilan tahu gejot nih karena kayanya kok enak banget. Kalo kamu?

Beri Komentar