Kenapa sih Seorang Introvert Susah Jatuh Cinta?

Reporter : Novi Hardita Larasati
Senin, 20 April 2020 14:10
Kenapa sih Seorang Introvert Susah Jatuh Cinta?
Mungkin sudah asyik dengan kehidupannya.

Kamu termasuk orang introvert atau ekstrovert nih? Kalau termasuk introvert, selama ini apakah kamu merasakan sulit jatuh cinta? Yups, pribadi introvert memang dikenal sebagai sosok yang pandai menutup-nutupi semua peasaan yang ia hadapi. Apalagi soal asmara, tentu mereka lah yang paling jago untuk memendamnya.

Hal ini dilakukan karena mereka takut orang tersebut menolak atau mendapatkan respon negatif dari orang yang disukainya tersebut. Tapi, kira-kira apa sih alasannya seorang pribadi introvert sulit untuk menjatuh hatinya pada seseorang? Berikut penjelasannya.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi perempuan sendiri © Diadona

Seorang introvert pada umumnya memang tidak menyukai keramaian. Ia selalu saja takut akan suatu hal yang memang tidak akan pernah terjadi. Maka dari itu, sebisa mungkin ia menghindari pusat keramaian atau kumpul bersama.

Tak hanya itu, dia juga terbiasa melakukan semuanya sendiri. Bahkan, hal ini seperti sudah tertanam kuat pada diri mereka bahwa mereka tidak perlu bantuan orang lain, karena mereka akan berlama-lama dengan orang tersebut akan timbul rasa canggung. Sehingga pribadi ini memang terlahir menjadi seseorang yang pendiam dan senang menghabiskan waktu sendirian penuh.

Bahkan, seorang introvert juga sosok yang sangat pemilih dan sangat selektif, lho! Ia mempunyai ciri khusus untuk calon pasangannya nanti. Begitu banyak pertimbangan yang berkecamuk dalam isi kepala introvert sehingga seringkali ia dicap sebagai pengamat dadakan. Selain karena alasan kenyamanan dan kepercayaan, mereka juga sangat berharap agar nanti pasangannya bisa saling bertukar pikiran dan pendapat.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Perempuan Menyendiri © Diadona

Nggak heran kan kalau banyak introvert yang betah menjomblo. Meskipun kelihatannya sangat tertutup dan pemilih, mereka tidak pernah neko-neko kok soal pasangan di hidupnya. Baginya, pasangan yang mengerti akan perasaan mereka dan memberikan perhatian yang lebih dinilai sudah sangat cukup.

Karena, sebagai seorang introvert, memercayai seseorang itu penting. Bagi mereka, sebuah kepercayaan dan kejujuran adalah hal yang mutlak karena ini menyangkut dengan kenyamanan pada diri mereka sendiri.

Sehingga, butuh waktu yang sangat lama agar mereka benar-benar merasa nyaman dengan orang lain. Introvert juga bukan seorang yang mudah dirayu, tapi justru lebih suka pada pembuktian yang ditunjukkan secara perlahan-lahan. Itulah sebabnya mereka tidak mudah percaya begitu saja pada orang lain.

3 dari 3 halaman

Perlu di catat, putus cinta atau mengalami gagal cinta adalah salah satu penyebab introvert sulit jatuh cinta, karena bisa jadi ini di sebabkan kisah percintaan mereka sendiri atau mendengarkan dari kisah orang-orang yang ada di sekitarnya. Sehingga, mereka enggan sakit hati terlalu dalam atau mengalami rasa sakit untuk kedua kalinya.

Nah, buat kamu para introvert, daripada terus-menerus merasa insecure, alangkah lebih bijaknya untuk tetap memperbaiki diri dan mulailah terbuka kepada dunia sedikit demi sedikit. Percaya bahwa hal sederhana itulah yang membuat kalian istimewa di mata pasangan kalian kelak nanti.

Beri Komentar