5 Resep Cara Membuat Yogurt Sendiri di Rumah untuk Es dan Minuman Aneka Rasa

Reporter : Yayuk Harini
Minggu, 19 April 2020 19:27
5 Resep Cara Membuat Yogurt Sendiri di Rumah untuk Es dan Minuman Aneka Rasa
Olahan manis, asam, dan tentunya lezat sangat cocok untuk menu berbuka puasa. Selain enak, minuman susu berfermentasi ini memiliki bnayak manfaat. Yuk Moms coba buat sendiri yogurt di rumah!

Yogurt adalah olahan susu yang difermentasikan. Fermentasi gula susu atau laktosa ini menghasilkan asam laktat yang memiliki peran untuk menghasilkan tekstur gel dan aroma yang khas pada yogurt. Banyak sekali varian rasa dalam olahan susu fermentasi ini diantaranya, rasa buah, vanilla, dan coklat.

Dilansir dari Liputan6.com, yogurt memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Yogurt memiliki kandungan lactobacillus, vitamin B, mineral dan kaya akan protein. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi yogurt setiap hari dapat melancar pencernaan, menjaga kesehatan kulit dan kekebalan tubuh

Cara membuat yogurt sangatlah mudah. Moms tentunya bisa mengolahnya sendiri di rumah. Dengan bahan dasar susu, Moms bisa membuat fermentasi di rumah dengan beberapa tahap. Moms juga harus memastikan bahwa semua alat yang digunakan dalam proses pembuatan yogurt ini haruslah steril dan bebas kuman agar proses fermentasi berjalan sempurna.

Yuk Moms langsung saja simak resep mudah cara membuat yogurt yang telah Diadona ulas berikut ini. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

1. Cara Membuat Yogurt Sendiri

Ilustrasi Yogurt © Diadona

Bahan:
- 1 liter susu UHT plain
- 100 ml biang yogurt plain Boikul

Cara membuat yogurt sendiri:

a. Rebus susu hingga cukup panas saja. Siapkan wadah bersih yang steril. Tuang susu ke dalam wadah, campur biang yogurt ke dalam susu yang masih hangat. Aduk-aduk hingga rata lalu langsung ditutup.

b. Bungkus dengan kain lalu simpan ditempat dengan suhu hangat. Biarkan selama 8 jam. Tunggu hingga kental dan simpan di dalam kulkas.

2 dari 5 halaman

2. Cara Membuat Yogurt di Rumah

Ilustrasi Yogurt Rumahan © Diadona

Bahan:
- 1 liter susu murni
- Bibit yogurt sebanyak 5 persen dari banyaknya susu murni.

Cara membuat yogurt di rumah:

a. Panaskan susu murni di atas api kecil, aduk-aduk selama 30 menit dan jangan sampai mendidih supaya protein susu tidak rusak. Angkat susu dan dinginkan hingga hangat kuku suhu ruangan.

b. Masukkan bibit yogurt dalam wadah steril, aduk hingga rata dengan spatula steril dan bersih. Masukkan ke wadah tertutup, tutup dengan serbet selama 20-24 jam.

c. Setelah 20-24 jam akan muncul lapisan warna kuning kental di atas permukaannya. Aduk menggunakan alat steril hingga tercampur rata. Yogurt siap dinikmati, bisa ditambahkan sirup atau buah-buahan sesuai selera.

d. Jika akan membuat yogurt lagi, pisahkan beberapa sendok ke dalam cup kecil. Ini akan menjadi starter saat membuat yogurt lagi. Simpan dalam cup tertutup rapat dan tulis tangal membuatannya dan bertahan 1 minggu.

3 dari 5 halaman

3. Cara Membuat Greek Yogurt

Ilustrasi Greek Yogurt © Diadona

Bahan:
- 1000 ml susu UHT
- 4 sdm yogurt plain

Cara membuat greek yogurt:

a. Sterilkan semua alat untuk membuat yogurt dengan merendam di air panas, lalu keringkan. Panaskan susu dalam panci hingga hangat sambil aduk dengan api sedang. Jangan sampai mendidih cukup sampai berbuih saja dan matikan api.

b. Aduk-aduk dan diamkan susu hangat kuku dengan suhu 45 derajat celsius. Masukkan 4 sdm yogurt plain ke dalam susu, aduk sebentar hingga tercampur rata. Tuang ke dalam wadah dan balut dengan handuk kemudian simpan di lemari selama 12 jam.

c. Keluarkan dari penutup handuk dan lemari. Masukkan ke dalam kulkas. Yogurt siap digunakan untuk membuat berbagai olahan seperti smoothies, kue, froyo, es krim, cheese cake, dan lain-lain.

Catatan: Masa penggunaan yogurt adalah 2 hingga 3 minggu di dalam kilkas.

4 dari 5 halaman

4. Cara Membuat Es Yogurt

Ilustrasi Es Yogurt © Diadona

Bahan:
- 250 ml Yogurt stoberi
- 400 ml susu cair plain
- 4 sdm gula pasir
- Perwarna makanan / pasta

Cara membuat es yogurt:

a. Campurkan gula dengan yogurt, aduk dan masak hingga mendidih. Masukkan susu, aduk rata dan matikan api.

b. Bagi beberapa bagian, beri warna danr raa sesuai selera Bungkus dan masukkan freezer. Diamkan hingga beku dan siap disajikan.

5 dari 5 halaman

5. Cara Membuat Minuman Yogurt Aneka Rasa

Ilustrasi Minuman Yogurt © Diadona

Bahan:
- 2 Nutrisi sari rasa jeruk
- Gula pasir secukupnya
- Susu cair
- Yoghurt plain
- Susu kental manis secukupnya
- Air secukupnya
- Batu es secukupnya

Cara membuat minuman ygurt aneka rasa:

a. Campurkan 2 bungkus nutrisari, gula pasir, air dan yogurt secukupnya. Tambahkan sedikit susu kental manis, kocok hingga mengental menggunakan mixer, sisihkan.

b. Ambil gelas, masukkan es batu sedikit saja, tuang sedikit bahan yogurt, lalu susu cair. Tambahkan juga bahan nutrisari yang sudah dibuat. Minuman yogurt siap disajikan.

Itulah beberapa resep mudah cara membuat yogurt sendiri di rumah. Rasa yogurt yang manis dan asam sangat cocok sebagai bahan membuat aneka olahan makanan seperti es, puding, dan minuman. Yuk Moms membuat sendiri olahan sehat di rumah dengan melihat resep cara membuat yogurt ini. Segera persiapkan bahan-bahannya, ya Moms. Selamat berkreasi!

Beri Komentar