5 Resep Cara Membuat Yoghurt Buah Sederhana Sendiri di Rumah

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 21 Januari 2020 16:58
5 Resep Cara Membuat Yoghurt Buah Sederhana Sendiri di Rumah
Yoghurt merupakan minuman susu fermentasi dengan bakteri baik di dalamnya. Kamu juga bisa membuatnya di rumah dengan menyimak resep di bawah ini.

Yoghurt merupakan minuman susu fermentasi yang mengandung bakteri baik yang bermanfaat untuk tubuh. Jika biasanya kamu memgonsumsi yoghurt dengan membeli produknya di toko atau supermarket, maka kamu harus mencoba mengisi waktu luang kamu di rumah dengan membuat olahan minuman menyehatkan ini.

Dikutip langsung dari Merdeka.com, teori bahwa yoghurt digunakan oleh orang-orang Turki kuno diperkuat dari buku Diwan Lughat al-Turk oleh Mahmud Kashgari dan Kutadgu Bilig oleh Yusuf Has Hajib yang ditulis pada abad ke-11. Kata yoghurt berasal dari Bahasa Turki, kata sifat yogun, yang berarti "padat" dan "tebal".

Kamu penasaran bagaimana cara membuat yoghurt sendiri di rumah, yuk simak saja langsung resep cara membuat yoghurt di bawah ini. Selamat mencoba!

 

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Yoghurt Sendiri

Ilustrasi Yoghurt © Diadona

Yoghurt dibuat dari susu murni fermentasi bibit bakteri dengan kadar sekian persen sesuai dengan banyaknya susu yang digunakan. Penasaran bagaimana cara membuatnya, simak resep cara membuat yoghurt di bawah ini.

Bahan :

- 1 liter susu murni
- Bibit yoghurt sebanyak 5% dari banyaknya susu murni.

(Untuk 1 liter susu murni bisa menggunakan sekitar 50 ml atau 2 sdm bibit yoghurt.)

Cara membuat yoghurt sendiri:

  1. Masak susu murni di atas api kecil sambil terus diaduk selama 30 menit dan jaga agar susu tidak sampai mendidih supaya protein susu tidak rusak.
  2. Setelah 30 menit, angkat susu dan dinginkan hingga hangat kuku dalam suhu ruangan. Masukan bibit yoghurt kemudian aduk hingga rata menggunakan alat pengaduk steril. Kamu bisa mengaduk menggunakan spatula kayu yang sebelumnya disiram dengan air panas sebagai proses sterilisasi alat.
  3. Masukan susu dan bibit yoghurt tersebut wadah tertutup lalu tutupi dengan serbet untuk menciptakan kondisi gelap yang adalah syarat hidup bakteri fermentasi selama 20-24 jam.
  4. Sesudah 20-24 jam akan muncul lapisan berwarna kekuningan kental di atas permukaannya. Apabila masih kurang kental atau kurang asam bisa dilebihkan lagi waktunya.
  5. Bila dirasa sudah pas, aduk menggunakan alat steril hinmgga tercampur rata. Jika hendak membuat yoghurt lagi, pisahkan beberapa sendok ke dalam cup kecil. Inilah yang kelak akan menjadi starter apabila hendak membuat yoghurt lagi jadi tidak perlu ke supermarket membeli bibit baru.
  6. Cup berisi yoghurt tersebut ditutup rapat, tuliskan tanggal pembuatannya lalu masukan kulkas. Disarankan maksimal seminggu supaya tetap terjaga rasa dan sterilitasnya. Yoghurt siap dinikmati, bisa ditambahkan sirup atau buah-buahan sesuai selera.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Salad Buah Yoghurt

Ilustrasi Salad Buah Yoghurt © Diadona

Salad buah yang kamu buat akan semakin nikmat jika diberi campuran yoghurt yang baik untuk tubuh. Simak resep cara membuat yoghurt salad buah di bawah ini.

Bahan buah:

- 200 gram buah apel
- 200 gram buah mangga
- 200 gram anggur merah
- 200 gram kiwi

Bahan saus:

- 2 sdm yoghurt plain
- 1 sdm madu
- 1/2 sdt zest kulit jeruk

Cara membuat salad buah yoghurt:

  1. Cuci semua buah dengan air yang mengalir. Kupas dan potong buah apel dan mangga berbentuk dadu dengan ukuran sekitar 2 x 2 cm.
  2. Rendam buah apel yang sudah dipotong ke dalam air biasa atau air es agar warnanya tidak berubah kecokelatan. Potong buah anggur merah menjadi dua dan hilangkan bijinya.
  3. Potong buah kiwi berbentuk bulat dengan pisau khusus. Buat dressing dengan campurkan semua baan dressing ke dalam satu wadah dan aduk rata.
  4. Setelah semuanya siap maka masukkan semua buah ke dalam mangkuk dan campurkan dengan dressing yoghurt yang sudah dibuat sebelumnya. Salad buah siap dikonsumsi.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Yoghurt dengan Yakult

Ilustrasi Yoghurt © Diadona

Jika kamu kesulitan untuk mencari bibit yoghurt, maka kamu bisa membuat yoghurt dengan campuran yakult. Yuk langsung saja simak resep cara membuat yoghurt dengan yakult di bawah ini.

Bahan:

- 500 ml Susu sapi segar
- 1 botol Yakult

Alat:
- Panci
- Sendok/spatula
- Kompor
- Wadah kedap udara

Cara membuat:

  1. Tuangkan susu sapi segar ke panci. Taruh panci diatas kompor menyala. Rebus susu sapi hingga 90 derajat celcius. Aduk-aduk susu supaya tidak pecah. Matikan kompor, lalu diamkan susu sapi hingga suam-suam kuku.
  2. Tambahkan 1 botol yakult pada susu sapi, dan aduk. Simpan didalam wadah kedap udara. Diamkan selama 24 jam. Yoghurt sudah siap diminum.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Yoghurt Sederhana

Ilustrasi Yoghurt © Diadona

Cara membuat yoghurt terbilang sederhana. Kamu hanya perlu menyiapkan bahan susu dan bibit yoghurt. Berikut resep cara membuat yoghurt plain susu bubuk sederhana.


Bahan:

- 1 cangkir yoghurt plain.
- 1 kotak susu bubuk plain atau full cream.

Cara Membuat Yoghurt Sederhana:

  1. Tuang 4 gelas air matang dan 12 sendok makan susu bubuk dalam panci. Aduk hingga tercampur sempurna. Supaya lebih merata, bisa dengan cara 1 gelas air tambah 3 sendok susu bubuk diaduk dahulu baru dituang dalam panci begitu seterusnya sampai gelas keempat.
  2. Panaskan panci berisi susu di atas kompor, tunggu hingga susu mulai keliatan bitnik-bintik. Matikan kompor lalu tuang dalam panci lain yang ada tutupnya.
    Diamkan sampai uap tidak ada lagi.
  3. Kemudian tuang yoghurt ke dalam susu, aduk sampai rata. Tutup rapat dan terakhir tutup juga menggunakan kain supaya kondisi gelap. Letakkan panci tersebut ke sudut ruangan yang suhunya stabil. Diamkan selama 10 jam atau lebih. Yoghurt sudah siap disajikan bersama topping.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Yoghurt Buah

Ilustrasi Yoghurt © Diadona

Jika kamu ingin membuat minuman jus buah, maka kamu juga bisa menambahkan yoghurt  loh. Yuk simak resep cara membuat yoghurt  buah di bawah ini.

Bahan:

- 1 sdm yogurt plain
- 250 ml susu UHT

Bahan jus alpukat:

- 2 sdm gula pasir
- 1 sdm maizena dicairkan
- 1 buah alpukat

Topping:

- 4 buah strawberry

Cara membuat yoghurt buah:

  1. Rebus 250 ml susu uht, tapi jangan sampai mendidih. Matikan kompor. Masukkan 1 sdm yogurt plain, aduk rata. Masukkan ke dalam wadah atau termos, tutup rapat.
  2. Diamkan selama 12 jam. Kalau mau lebih asam, lebih lama lagi menyimpannya. Pindahkan ke dalam wadah lain. Masukkan ke lemari pendingin. Blender alpukat dengan gula dan agar-agar plain.
  3. Cairkan maizena dengan sedikit air, masak bersama gula. Masukkan alpukat. Tuang yogurt ke gelas. Masukkan alpukat, aduk rata. Masukkan potongan alpukat lagi. Beri topping strawberry.

Nah, sudah tahu kan bagaimana cara membuat yoghurt minuman menyehatkan. Jika kamu sedang menjadwalkan menu makan sehat, maka nggak ada salahnya minuman ini masuk dalam list program makan sehatmu. Bagaimana pendapat kamu mengenai minuman kaya manfaat ini? Share jawaban kamu di kolom kmomentar ya!

Beri Komentar