12 Cara Melancarkan BAB yang Keras pada Anak secara Alami

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 7 Februari 2020 16:17
12 Cara Melancarkan BAB yang Keras pada Anak secara Alami
Proses pembuangan hasil metabolisme tubuh yang nggak lancar pasti nggak enak banget.

Nggak ada standar khusus yang metapkan berapa kali kamu harus buang air besar dalam satu waktu. Ini karena dipengaruhi oleh berbagai faktor, misalnya olahraga, kebiasaan makan, usia, jenis kelamin hingga status kesehatan. Selain itu, nggak ada jumlah khusus gerakan usus seseorang. Tapi bahaya juga sih kalau kamu cuman buang air besar kurang dari tiga kali dalam satu minggu.

Namun perlu diingat kalau kamu mengalami buang air besar, maka akan sangat berbahaya untuk ubuh kamu. Selain nggak nyaman, sulit BAB juga sangat berisiko menimbulkan penyakt berbahaya yang mengganggu fungsi organ tubuh lainnya.

1 dari 4 halaman

Cara Melancarkan BAB Secara Alami

Ilustrasi Sayuran © Diadona

Kamu mungkin iri dengan mereka yang punya ritme buang air besar secara lancar. Nggak usah khawatir, begini lho cara melancarkan BAB secara alami.

Makan Tinggi Serat

Mungkin kamu sering dengan cara melancarkan BAB dengan banyak makan serat. Tapi gimana ceritanya serat bisa bikin lancar BAB?

Ada dua jenis serat yang bisa membantu kamu dalam cara melancarkan BAB, yakni serat larut air dan serat tidak larut air. Serat tidak larut, juga dikenal sebagai serat, tidak dapat dicerna oleh tubuh dan karenanya membantu menambah ukuran dan berat tinja, sehingga lebih mudah dikeluarkan. Sedangkan serat larut air akan menarik air dan mencegah tinja jadi berair.

Contoh makanan tinggi serat diantaranya gandum, sereal, sayuran dan buah berserat, nasi dan kacang.

Batasi Makanan Tinggi Lemak

Dilansir dari everydayhealth.com, secara umum, makanan berlemak cenderung memperlambat proses pencernaan. Namun karena kamu tetep butuh lemak untuk nutrisi tubuh, maka cara melancarkan BAB yakni dengan memasangkan lemak dengan serat makanan.

Olahraga

Penelitian tentang bagaimana efek olahraga terhadap cara melancarakan BAB menunjukkan hasil yang beragam. Banyak penelitian membuktikan kalau olahraga nggak mempengaruhi frekuensi pergerakan usus. Namun penelitian terbaru membuktikan kalau olahraga bisa mengurangi gejala kosntipasi secara signifikan, dan sebagai cara melancarkan BAB.

Minum Kopi

Bagi sebagian orang, kopi bisa bertugas sebagai cara melancarkan BAB, karena kopi dapat merangsang otot-otot dalam sistem pencernaan. Faktanya,
sebuah penelitian menemukan kalau kopi berkafein dapat menstimulasi usus dengan cara yang sama seperti saat makan. Efek ini 60% lebih kuat dari air minum dan 23% lebih kuat dari minum kopi tanpa kafein.

Minum kopi juga bisa banget sebagai cara melancarkan BAB karena kopi mengandung sedikit serat larut.

2 dari 4 halaman

Cara Melancarkan BAB Setiap Hari

Ilustrasi Sayuran © Diadona

Kebanyakan orang bisa buang air besar di jam yang sama setiap hari. Bukan magic, ini karena usus sudah punya jam biologisnya sendiri. Berikut cara melancarkan BAB biar kamu bisa BAB setiap hari.

Minum Probiotik

Kamu mungkin sering mendengar kalau konsumsi probiotik bisa sebagai cara melancarkan BAB. Probiotik merupakan bakteri baik yang akan bertugas menyeimbangkan 'habitat bakteri' di usus kamu. Diantara tugas mereka yakni mengubah serat menjadi lemak rantai pendek seperti butirat, propionat dan asetat, yang memberi makan dinding usus kamu dan melakukan banyak fungsi metabolisme.

Nggak cuman sebagai cara melancarkan BAB, keberadaan bakteri baik di susu sangat penting dalam menurunkan berat badan.

Makan Sesuai Jadwal

Maria Adams, RD, MPH , seorang konsultan nutrisi di Marblehead, Massachusetts mengatakan kalau konsumsi makanan dan camilan secara teratur bisa membantu sistem pencernaan tetap prima, dan secara tidak langsung berarti sebagai cara melancarkan BAB. Usahakan untuk sarapan, makan siang dan makan malam di waktu yang kurang lebih sama setiap harinya.

Jangan Lupakan Lemak Sehat

Pencernaan yang baik mungkin membutuhkan makanan yang cukup lemak. Ini karena lemak akan membantu kamu untuk merasa puas setelah makan, juga dibutuhkan untuk penyerapan nutrisi yang tepat.

3 dari 4 halaman

Cara Melancarkan BAB yang Keras

ilustrasi wanita minum air putih © Diadona

BAB yang keras memanglah bukan sesuatu yang menyenangkan, karena bikin kamu jadi ngerasa nggak nyaman di kamar mandi, perut kembang dan sakit karena BAB yang keras dan kering.

Tapi ada banyak hal yang bisa kamu lakukan dengan perawatan rumahan sebagai cara melancarkan BAB yang keras.

Obat Pencahar

Kalau BAB yang keras sampe mengganggu aktivitas kamu, nggak ada salahnya untuk minum obat pencahar. Obat pencahar sebagai cara melancarkan BAB ini bekerja dengan merangsang saraf di usus dan mempercepat pergerakan usus.

Banyak Minum Air

Banyak minum air sangat penting untuk kesehatan pncernaan, sekaligus sebagai cara melancarkan BAB. Ini karena serat akan menarik air ke usus besar dan membuat tinja yang lebih lunak dan lebih besar, yang memungkinkan mereka untuk lewat dengan lebih mudah.

 

4 dari 4 halaman

Cara Melancarkan BAB pada Anak

IIustrasi Bayi Mandi © Diadona

Susah buang air besar juga snagat mungkin dialami anak lho. Berikut cara melancarkan BAB pada anak.

Perhatikan Komposisi Makanan

Memperhatikan makanan yang dimakan penting banget sebagai cara melancarkan BAB pada anak. Sama halnya seperti orang dewasa, anak butuh serat untuk membantu pencernaanya. Kamu bisa menambahkan bahan makan seperti oatmeal, kacang, jeruk, bayam dan yang lainnya.

Hindari Menahan Buang Air Besar

Sering kali anak menahan buang air besar karena berbagai alasan, diantaranya malas atau mendahulukan bermain. Padahal, ini dapat membaut anak terserang sembelit.

Untuk cara melancarkan BAB pada anak, usahakan untuk membawa anak segera ke kamar mandi segera setelah dia merasa ingin buang air besar.

Mengunyah Makanan

Jangan makan dengan terburu-buru karena proses pencernaan di mulut kamu juga nggak kalah penting. Saat mengunyah, gigi akan memecah makanan menjadi potongan-potongan kecil sehingga enzim di saluran pencernaan lebih mampu memecahnya.

Nah saat mengunyah dengan seksama, maka perut akan bekerja lebih ringan untuk mengubah makanan padat menjadi campuran cair yang masuk ke usus. Mengunyah menghasilkan air liur, dan semakin lama kamu mengunyah, semakin banyak air liur dibuat. Air liur membantu memulai proses pencernaan di mulut dengan memecah beberapa karbohidrat dan lemak dalam makanan.

Sehingga bisa dibilang kalau mengunyah bisa membantu mencegah gangguan pencernaan serta sebagai cara melancarkan BAB.

Beri Komentar