5 Manfaat Mengonsumsi Omega-3 untuk Kesehatan Kulit

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Selasa, 31 Desember 2019 14:08
5 Manfaat Mengonsumsi Omega-3 untuk Kesehatan Kulit
Kamu penggemar makanan dengan omega-3? Ada baik untuk kamu! Ternyata, omega-3 bagus banget untuk kulit

Agar tampil cantik, tentunya kesehatan kulit merupakan hal penting yang mesti diperhatikan. Selain perawat dari luar dengan penggunanaan skincare misalnya, kamu juga perlu memperhatikan kecantikan dari dalam.

Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3. Omega-3 dapat kamu temukan di kenari, ikan laut, biji-bijian, dan minyak nabati tertentu.

Selain terkenal dengan kandungannya yang menyehatkan seperti melawan depresi, menurunkan peradakan, serta gejala penyakit jantung, dirangkum dari Healthline dan CanyonRanch (05/12), ternyata omega-3 juga berperan penting pada kesehatan kulit, lho!

 

 

 

1 dari 5 halaman

1. Melindungi dari Sinar Matahari

sinar matahari © Diadona

Omega-3 dapat meningkatkan ketahanan kulit dari serangatan matahari, mengurangi kemerahan kulit yang parah, dan gangguan kesehatan kulit lainnya. Hal ini dikarenakan omega-3 melindungi kulit dari sinar ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB).

2 dari 5 halaman

2. Mengurangi Jerawat

Ilustrasi Wanita Cantik © Diadona



Mengkonsumi makanan yang mengandung omega-3 atau suplemen, ternyata dapat membantumu untuk mencegah munculnya jerawat dan bahkan menyembuhkan jerawat-jerawat yang parah.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahkan melengkapi keseharian dengan omega-3, baik sendiri maupun dengan campura nutrisi lain, dapat mengurangi keparahan jerawat.

3 dari 5 halaman

3. Melindungi Kulit Kering, Kemerahan, dan Gatal

Regenerasi Kulit © Diadona

Omega-3 dapat melembabkan kulit dan lawan kulit kuring, kemerahan, dan gatal akibat kelainan kulit seperti dermatitis atopik atau psoriaris. Hal ini dikarenakan omega-3 meningkatkan fungsi sawar kulit yang menetapkan kelembaban dan mencegahkan iritasi.

Omega-3 juga dikaitkan mampu menurunkan risiki terkena dermatitis atopik pada bayi dan gejala psoriasis pada orang dewasa.

4 dari 5 halaman

4. Mencegah Keriputan

 

Ilustrasi Perempuan Awet Muda © Diadona

Polusi, stres, dan pola makan yang nggak sehat bisa memicu peradangan kulit, dan kolagen kulit pun menderita. Akhirnya, mengekspresikan wajah pun menjadi susah dan menyebabkan kerutan di sekitar mata, mulut, dan dahi. Dengan banyak mengonsumsi omega-3, struktur kulitmu akan terbantu dan kerutan-kerutan akan berkurang.

5 dari 5 halaman

5. Menjaga Kulit Tetap Terhidrasi

Ilustrasi perempuan dengan kulit cerah © Diadona

Meningkatkan asupan omega-3 dapat membantu memperkuat konten lipid kulitmu, yang menjaga kelembaban dan iritasi kulit. Penelitian mengungkapkan bahwa wanita yang mengonsumsi banyak omega-3 sehari dapat meningkatkan hidrasi kulit sebesar 39 persan dalam 12 minggu.

 

Wah, Omega-3 ternyata bagus sekali untuk kulit, ya! Kamu penggemar mengonsumsi omega-3? Yuk, sharing manfaat-manfaat lainnya di kolom komentar!

Beri Komentar