16 Makanan yang Mengandung Vitamin K dan Manfaatnya yang Baik untuk Tubuh

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 1 April 2020 14:12
16 Makanan yang Mengandung Vitamin K dan Manfaatnya yang Baik untuk Tubuh
Fungsi vitamin K adalah untuk menghasilkan protein dalam tubuh.

Diadoners sudah banyak mengenal tentang vitamin K? Mungkin ada beberapa di antara kamu yang masing asing dengan nutrisi yang satu ini. Nah, vitamin K adalah nutrisi yang diproduksi dalam usus oleh bakteri-bakteri yang hidup di dalamnya. Selanjutnya tubuhmu akan menimpannya pada organ hati dan jaringan lemak yang dimanfaatkan untuk pembekuan darah, dan memaksimalkan kesehatan tulang. Huruf ‘K’ pada vitamin ini diambil dari bahasa Jerman yaitu Koagulationsvitamin. Terus simak ya, agar lebih tau apa saja makanana yang mengandung vitamin K.

1 dari 4 halaman

Contoh Makanan yang Mengandung Vitamin K

Tahukah kamu? Kekurangan vitamin K memang jarang terjadi. Namun, bila tubuhmu kekurangan vitamin ini, pada umumnya kamu akan mengalami pendarahan pada gusi atau mimisan. Agar tubuhmu juga mendapatkan nutrisi ini, yuk konsumsi beberapa contoh makanan yang mengandung vitamin K berikut ini:


Apel

 
Buah dengan kulit berwarna merah (ada juga warna hijau) ini memiliki kandungan vitamin K sebanyak 58 IU untuk setiap 100 gr-nya, oleh karenanya, cocok banget dijadikan sebagai pilihan makanan yang mengandung vitamin K yang bisa kamu konsumsi. Adanya kandungan vitamin K pada buah apel menjadikan buah satu ini berguna untuk merawat keseahatan tubuh, seperti mata dan kulit.

Selain itu, apel juga mengandung banyak antioksidan dan fito nutrient yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas.

Anggur

 

Ilustrasi Buah Anggur © Diadona


Rasanya hampir semua orang menyukai buah yang satu ini. Dengan rasa yang manis asam dan menyegarkan, anggur juga merupakan salah satu jenis buah yang menjadi makanan mengandung vitamin K dan baik untuk kesehatan. Anggur yang dijuluki sebagai “ ratu buah-buahan” ini mengandung 66 IU vitamin K per 100 gr-nya.

Tidak hanya vitamin K, anggur ternyata mengandung sejumlah jenis vitamin lainnya seperti vitamin C, E, K, mineral, fitro nutrient, dan elektrolit.

Kiwi

 
Makanan yang mengandung vitamin K selanjutnya adalah kiwi. Buah dengan daging berwarna hijau ini kandungan vitamin K-nya juga bisa dikatakan cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin K harian kita. Setiap 100 gr buah kiwi mengandung 87 IU vitamin K.

Di samping vitamin K, buah kiwi adalah buah yang mengandung sejumlah zat bergizi lainnya seperti vitamin C, E, K, mineral, dan fito chemical. Banyak-banyaklah mengonsumsi kiwi jika ingin mata kamu sehat.


Nangka

 

Ilustrasi buah nangka © Diadona


Sebagai buah tropis, nangka dapat dengan mudah kita jumpai di Indonesia. Nangka adalah makanan yang mengandung vitamin K dengan jumlah tinggi, yakni 110 IU per 100 gr. Mengonsumsi buah nangka secara rutin dapat merawat kesehatan mata dan kulit.

Nangka juga memiliki kandungan sejumlah zat bergizi lainnya, seperti kalsium, potasium, dan fosfor.

2 dari 4 halaman

Makanan yang Banyak Mengandung Vitamin K

Ilustrasi Bayam © Diadona

Vitamin K adalah nutrisi yang diperlukan untuk membantu membangun dan memelihara tulang yang sehat. Vitamin K juga dikenal perannya dalam membantu pembekuan darah, yang dikenal sebagai " koagulasi." untuk itu kamu perlu memmenuhi asupan vitamin K lewat makanan bergizi. Lalu aoa saja makanan yang banyak mengandung vitamin K? Simak infonya di bawah ini ya

Bayam

 

Bayam adalah salah satu jenis sayuran yang menjadi makanan yang mengandung vitamin K tinggi. Bayam mengandung sekitar 41,4 mg vitamin K, sehingga kontribusinya besar dalam mencukupi kebutuhan vitamin K harian.

Selain vitamin K, bayam juga mengandung zat antioksidan berupa flavonoid dan karotenoid yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel-sel tubuh.

Paprika


Makanan yang mengandung vitamin K juga bisa ditemukan pada paprika. Paprika menyumbang sekitar 10 persen dari jumlah total kebutuhan vitamin K harian.

vitamin K yang dikandung paprika bersifat antioksidan, sehingga efektif dalam menangkal radikal bebas. Tak hanya itu, kandungan beta karoten dan zeaxantin menjadikan paprikan juga berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung.

Selain menangkal radikal bebas dan merawat kesehatan jantung, mengonsumsi paprika juga diklaim mampu mencegah penyakit diabetes tipe 2 (diabetes melitus), pun melindungi mata dari risiko penyakit katarak dan kerusakan retina.

Alpukat

 

Ilustrasi Buah Alpukat © Diadona


Buah yang kerap dijadikan jus ini juga termasuk ke dalam makanan yang mengandung vitamin karena kaya akan kandungan vitamin K, yakni sebesar 21 persen dari total kandungan nutrisi di dalamnya. Ini menjadikan alpukat memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti menjaga kesehatan tulang dan kulit.

Alpukat juga diperkaya oleh zat antiinflamasi pitosterol (beta sitosterol, stigmasterol), dan zat antioksidan karotenoid. Kandungan asam lemak omega-3 pada alpukat juga menjadikan buah ini baik untuk jantung.

3 dari 4 halaman

Bahan Makanan yang Mengandung Vitamin K

Dengan semua manfaat dan kegunaannya, vitamin K adalah asupan yang wajib dipenuhi. Jika tidak, risiko tubuh terkena berbagai penyakit, bisa meningkat. Lalu apa saja bahan makanan yang mengandung vitambn A yang bisa kamu konsumsi? simak infonya berikut ini yuk.


Brokoli

 

brokoli © Diadona

Brokoli wajib ada di antara daftar menu sehat kamu. Jenis sayuran satu ini mengandung banyak sekali vitamin dan zat berigizi, termasuk menjadi makanan yang mengandung vitamin K. Kandungan vitamin K pada brokoli sanggup mencukupi 15 persen dari total kebutuhan vitamin K harian.

Manfaat brokoli bagi kesehatan mencakup detoksifikasi, dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang berpotensi menyebabkan penyakit kardiovaskular seperti jantung.

Minyak Zaitun

 

Jika selama ini kamu menggunakan minyak kelapa sawit untuk menggoreng masakan, cobalah untuk menggantinya dengan minyak zaitun. Kendati harganya lebih mahal dari minyak biasa, namun minyak zaitun cenderung minyak sehat dan memiliki banyak manfaat di dalamnya.

Hal ini karena minyak zaitun mengandung sejumlah vitamin, salah satunya vitamin K. Kandungan vitamin K pada minyak zaitun mencapai 18 persen dari total kandungan nutrisi yang ada di dalam minyak yang berasal dari buah zaitun ini. Minyak zaitun berkhasiat untuk menangkal stres oksidatif yang menjadi awal timbulnya sel kanker. Jadi jangan ragu lagi ya akalau minyak zaitun juga termasuk ke dalam makanan yang mengandung vitamin K.

Wortel

 

Ilustrasi Sayur Wortel © Diadona


Wortel memang sangat identik dengan makanan yang mengandung vitamin K. Satu buah wortel mengandung 5,6 persen vitamin K di dalamnya. Wortel juga diperkaya dengan serat alami sehingga baik untuk pencernaan. Selain itu, kandungan beta karoten pada wortel membantu tubuh untuk memerangi kanker, penyempitan pembuluh darah, dan mencegah penyakit jantung.

Ikan Salmon

 

Makanan yang mengandung vitamin K selanjutnya adalah ikan salmon. Ikan yang biasa ditemukan pada makanan khas Jepang, sushi ini memiliki kandungan vitamin K yang sangat tinggi. Bahkan, konsumsi 3 ons ikan salmon sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin K harian bagi tubuh.

Ikan salmon juga diperkaya zat antikoksidan yang berfungsi untuk mengurangi stres oksidatif yang memicu pertumbuhan sel kanker, juga meningkatnya kadar kolesterol jahat (LDL) yang menjadi cikal bakal penyakit jantung.

Labu

 

Ilustrasi Buah Labu © Diadona

Jangan lupa juga untuk memasukkan labu ke dalam menu sehat makanan yang mengandung vitamin K. Mengonsumsi labu mampu memenuhi 6 persen asupan vitamin K harian kamu. Labu efektif dalam membantu tubuh menjaga oksidasi darah, menurunkan kadar LDL, dan memperlancar sistem pencernaan oleh karena labu juga kaya akan serat.

Tahu

 


Sebagai masyarakat Indonesia, tahu sudah jadi makanan yang hampir kita konsumsi sehari-hari. Makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini adalah makanan yang mengandung vitamin K, tepatnya 5,3 persen untuk setiap 100 gr-nya.

Mengonsumsi tahu secara rutin akan memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh kamu, seperti menangkal radikal bebas dan merawat kesehatan kulit.

4 dari 4 halaman

Contoh Makanan yang Mengandung Vitamin K

Hampir semua jenis makanan yang ada di sekitar kita, mengandung vitamin K yang baik untuk tubuh. Namun, mungkin kamu belum mnengetahui jenis makanan tersebut. Nah, berikut beberapa pilihan contoh makanan yang mengandung vitamin K yang bisa kamu coba.


Telur

 

Ilustrasi Kuning Telur © Diadona

Selain sumber protein yang besar, telur juga menjadi makanan yang mengandung vitamin K dan vitamin K7. Kandungan biotin ini ada di dalam putih dan kuning telur. Untuk mendapatkan gizi yang penuh dari telur, sebaiknya makan keduanya ya.

Ayam


Sebagian besar orang Indonesia makan ayam hampir setiap hari. Ayam merupakan sumber makanan yang mengandung vitamin K yang sangat baik. Jenis vitamin K yang ada dalam daging ayam antara lain: niasin (B3), piridoksin (B6), dan mengandung 6 dari delapan vitamin K. Jadi beruntunglah kita yang suka makan ayam.

Susu sapi

 

Ilustrasi Susu dan Produk Olahannya © Diadona


vitamin K2 membantu tubuh melepaskan energi dari makanan yang kita makan, sekaligus mendukung sistem saraf yang sehat. Jadi gak heran kalau susu sapi jadi sumber makanan yang mengandung vitamin K terbaik yang mudah kamu temui.

Dari daftar makanan yang mengandung vitamin K di atas, hampir semua makanan tersebut dapat kita temukan dengan mudah di Indonesia. Jadi, tidak ada alasan bagi kamu untuk kekurangan vitamin K. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar