7 Manfaat Yoghurt bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Reporter : Sofi
Kamis, 30 Januari 2020 10:37
7 Manfaat Yoghurt bagi Kesehatan Tubuh Manusia
Apakah kamu penggemar yoghurt? Tapi, yoghurt apa yang biasa kamu konsumsi? Berikut adalah manfaat yoghurt jika kamu mengkonsumsinya dengan tepat.

Yoghurt adalah salah satu produk susu fermentasi paling populer di dunia, dibuat dengan menambahkan bakteri hidup ke dalam susu. Selain itu, yoghurt mengandung bakteri menguntungkan dan dapat berfungsi sebagai probiotik, memberikan berbagai manfaat kesehatan di atas dan di luar susu biasa. Sebagian besar yoghurt berwarna putih dan kental, tetapi banyak merek komersial berwarna artifisial. Berikut adalah manfaat yoghurt bagi kesehatan yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Manfaat Yoghurt bagi Kesehatan

Ilustrasi Wanita Makan Yoghurt © Diadona

Tahukah kamu jika yoghurt tidak hanya tinggi kalsium tapi juga tinggi akan protein? Berikut adalah manfaat yoghurt bagi kesehatan.

Menguatkan tulang

Manfaat yoghurt bagi kesehatan yang pertama adalah menguatkan tulang. Tak kalah dengan susu murni, yoghurt juga mengandung kalsium yang sangat tinggi. Kandungan ini merupakan bagian penting guna pertumbuhan gigi dan tulang manusia. Kalsium juga mampu menjaga kekuatan tulang pada anak-anak maupun orang dewasa dan usia lanjut.

Manfaat yogurt bagi kesehatan akan memberimu banyak kalsium dan vitamin D. Kedua kandungan tersebut sangat penting guna menjaga kesehatan tulang. Kalsium juga membantu menjaga kepadatan dan memperkuat tulang. Oleh sebab itu, manfaat yogurt bagi kesehatan jika dikonsumsi secara rutin dapat membantumu untuk mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis.

Menjaga kesehatan vagina

Manfaat yoghurt bagi kesehatan selanjutnya adalah untuk menjaga kesehtaan vagina. Yogurt mengandung bakteri Lactobacillus yang dapat membantu menjaga kestabilan pH atau kadar keasaman daerah intim wanita atau vagina. Bakteri probiotik dalam yoghurt juga akan membantu membunuh jamur dan mengurangi risiko infeksi jamur.

Yoghurt juga dipercaya ampuh mencegah infeksi pada vagina yang kerap dialami wanita penderita diabetes. Sebuah penelitian menemukan bahwa wanita yang rutin mengonsumsi yoghurt setiap hari akan menurunkan kadar pH vaginanya dari 6,0 ke 4,0 (pH normal 4,0-4,5).

Tinggi protein

Manfaat yoghurt bagi kesehatan selanjutnya adalah tinggi protein. Yoghurt menyediakan jumlah protein yang mengesankan, dengan sekitar 12 gram per 7 ons (200 gram). Protein telah terbukti mendukung metabolisme dengan meningkatkan pengeluaran energi kamu, atau jumlah kalori yang kamu bakar sepanjang hari.

Mendapatkan protein yang cukup juga penting untuk pengaturan nafsu makan, karena meningkatkan produksi hormon yang menandakan kepenuhan. Manfaat yoghurt bagi kesehatan ini dapat secara otomatis mengurangi jumlah kalori yang kamu konsumsi secara keseluruhan, yang bermanfaat untuk pengendalian berat badan. Dalam satu penelitian, subjek yang makan yogurt sebagai cemilan lebih sedikit lapar dan mengonsumsi 100 kalori lebih sedikit saat makan malam, dibandingkan dengan mereka yang makan makanan ringan berprotein rendah dengan jumlah kalori yang sama.

Efek mempromosikan kepenuhan yoghurt bahkan lebih menonjol jika kamu makan yoghurt Yunani, yang merupakan variasi yang sangat kental yang telah disaring. Ini lebih tinggi protein daripada yoghurt biasa, menyediakan 22 gram per 7 ons (200 gram). Yoghurt Yunani atau Greek Yoghurt telah terbukti mempengaruhi kontrol nafsu makan dan menunda rasa lapar lebih dari yogurt biasa dengan lebih sedikit protein.

2 dari 3 halaman

Manfaat Yoghurt bagi Kesehatan tubuh

Ilustrasi Wanita © Diadona

Dalam memenuhi kebutuhan harian, tubuh tentut memerlukan banyak nutrisi. Salah satu makanan yang bisa kamu tambahkan untuk memenuhi kebutuhan harianmu dan menjaga kesehatan tubuh kamu adalah yoghurt. Berikut adalah manfaat yoghurt bagi kesehatan tubuh.

Mencegah tekanan darah tinggi

Manfaat yoghurt bagi kesehatan tubuh yang pertama adalah mencegah tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian menemukan seseorang yang rutin mengonsumsi yoghurt tidak akan berisiko memiliki tekanan darah tinggi. Tetapi, tidak semua kemasan yogurt dapat berfungsi maksimal.

Kamu harus mengonsumsi yoghurt yang rendah lemak, karena mengandung kalium yang mampu membersihkan kelebihan natrium dari dalam tubuh. Natrium adalah mineral yang berperan dalam meningkatkan tekanan darah dan biasa ditemukan pada makanan yang mengandung garam tinggi.

Menjaga kesehatan jantung

Manfaat yoghurt bagi kesehatan selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Yoghurt rendah gula atau bebas lemak berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Sejumlah penelitian menemukan bahwa asupan lemak dari produk susu murni ataupun fermenrasi dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL), sehingga berguna untuk melindungi jantung.

Manfaat yogurt bagi kesehatan dapat menurunkan risiko penyakit jantung berbahaya dan mencegah terjadinya stroke. Namun, kamu perlu mengonsumsi yoghurt murni tanpa perasa atau pemanis buatan supaya hasilnya lebih maksimal.

3 dari 3 halaman

Manfaat Yoghurt bagi Kesehatan Manusia

Ilustrasi wanita dan hujan © Diadona

Dengan kadungan nutrisi yang baik bagi tubuh manusia, yoghurt memberikan manfaat yang baik pula. Berikut adalah manfaat yoghurt bagi kesehatan manusia.

Menurunkan berat badan dan cegah obesitas

Yoghurt adalah solusi bagi kamu yang ingin efektif menurunkan berat badan. Karena manfaat yoghurt bagi kesehatan salah satunya adalah menurunkan berat badan dan cegah obesitas. Yoghurt terbilang menu sehat yang bisa menurunkan berat badan. Sebab, lemak yang ada dalam tubuh akan diproses menjadi feses, sehingga akan keluar saat buang air besar (BAB).

Manfaat yoghurt bagi kesehatan ini muncul karena adanya kandungan mineral dan senyawa dalam yoghurt yang bisa mengatasi lemak jahat. Selain itu, manfaat yoghurt bagi kesehatan dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama sehingga keinginan untuk makan bisa dikurangi.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Mengkonsumsi yoghurt terutama jika mengandung probiotik secara teratur dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh kamu dan mengurangi kemungkinan tertular penyakit. Probiotik telah terbukti mengurangi peradangan, yang terkait dengan beberapa kondisi kesehatan mulai dari infeksi virus hingga gangguan usus. Penelitian menunjukkan bahwa dalam beberapa kasus, probiotik juga dapat membantu mengurangi kejadian, durasi dan tingkat keparahan pilek biasa.

Namun perlu diingat, jika kamu ingin mendapatkan manfaat yoghurt bagi kesehatan secara maksimal untuk tidak mengonsumsinya dengan produk yang mengandung gula. Hal ini akan menjadi boomerang untuk tubuh kamu sendiri. Kandungan gula tinggi berpotensi merusak bagi pertumbuhan anak-anak.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kadar gula harus kurang dari 10% dari semua kalori yang dikonsumsi setiap hari. Untuk anak-anak antara usia 2 sampai 18 tahun, mereka harus mengonsumsi tidak lebih dari enam sendok teh gula tambahan per hari. Lebih dari 18% siswa sekolah dasar di Amerika Serikat mengalami obesitas.

Penyebab obesitas yang terjadi berkaitan dengan gaya hidup atau stres, tetapi asupan gula berlebihan menjadi pemicu utama. Asupan gula berlebihan selama masa remaja dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan risiko jantung, yang meliputi peningkatan risiko obesitas dan tekanan darah Penelitian terbaru juga menunjukkan, kelebihan gula dapat menekan kekebalan tubuh. Anak-anak lebih rentan kena penyakit dan infeksi. Asupan gula tinggi yang diberikan akan membuat anak-anak sulit melepaskan kebiasaan mengonsumsi makanan manis (yoghurt aneka rasa). Semoga bermanfaat!

Beri Komentar