5 Resep Cara Membuat Fondant Cake Tanpa Gelatin Sederhana

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 14 April 2020 20:11
5 Resep Cara Membuat Fondant Cake Tanpa Gelatin Sederhana
Kue enak dengan hiasan cantik nggak melulu harus dibeli. Yuk berkreasi dengan membuat sendiri olahan cake dan kue dengan fondant berikut ini.

Fondant dalam bahasa Perancis artinya "melting" atau meleleh. Salah satu bahan hiasan kue ini telah ditemukan sejak abad ke-16. Fondant sangat cocok sebagai hiasan bahan kue karena terkturnya yang elastis dan fleksibel. Selain itu, fondant juga mudah untuk diberi tambahan warna sesua selera yang diinginkan.

Fondant terbuat dari campuran bahan gula, gelatin, glucose, glycerin, dan shorthening. Rasanya yang manis dikarenakan dominasi bahan gula pada campurannya. Fondant pada dasarnya berwarna putih, jika kamu ingin membuat warna lain, maka tinggal menambahkan pewarna makanan baik berbentuk pasta atau cairan.

Kamu tentunya bisa banget membuat fondant sendiri di rumah dengan mudah. Yuk, nggak boleh mager! Coba deh membuat sendiri olahan cake dan kue dengan menghiasnya menggunakan bahan fondant. Langsung saja berbegas dan mempersiapkan bahan-bahan dari resep cara membuat fondant yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

 

1 dari 5 halaman

1. Cara Membuat Boneka dari Fondant

a. Giling adonan fondant hingga datar, tekan cetakan motif pada adonan fondan datar tadi lalu tekankan cetakan bulat seukuran permukaan cupcake atau kue yang akan dihias.

b. Buat bentuk kaki dengan cara plintir bulat memanjang sesuai ukuran ruang kue, dan ujungnya diberi bulatan kecil untuk memperjelas bentuk kakinya.

c. Buat bagian badannya dengan cara bulatkan sesuai ukuran proporsional badan pada figur cake dengan bantuan lidi untuk membuatnya tetap tegak di atas bentuk kaki.

d. Buat kepalanya dengan cara yang sama sesuai ukuran proporsional dalam cake. Lukis figure wajah dengan pena cake.

e. Buat tangannya dengan cara plintir adonan sesuai ukuran proporsional cakenya, letakkan pada samping kanan dan kiri bagian badan. Tambahkan juga bagian lainnya seperti hidung dan telinga serta rambut.

Berikut video resep cara membuat fondant selengkapnya. Selamat mencoba!

 

2 dari 5 halaman

2. Cara Membuat Fondant Tanpa Gelatin

Ilustrasi Fondant Tanpa Gelatin © Diadona

Fondant juga bisa kamu buat walau pun tanpa menggunakan bahan gelatin. Gelatin sendiri merupakan senyawa turunan protein yang diperoleh dengan cara mengekstrak kolagen hewan dan mengeringkannya. Nah, daripada penasaran, yuk langsung saja simak resep cara membuat fondant tanpa gelatin berikut ini.

Bahan utama:
- 250 gram gula halus
- 60 gram mentega putih
- 30 ml air putih
- 30 ml air jeruk nipis

Bahan tambahan:
- Pewarna makanan
- Mentega putih
- 500 gram gula halus

Cara membuat fondant tanpa gelatin:

a. Masukkan semua bahan utama, aduk rata. Nyalakan api kecil, rebus bahan utama tadi sambil diaduk sampai mendidih, matikan api. Ini akan menjadi adonan utama.

b. Pindahkan adonan utama ke wadah lain, aduk agar dingin dan tekstur adonan menjadi kental dan lengket. Tambahkan gula halus sambil diuleni hingga bisa dibentuk.

c. Masukkan fondant ke dalam wadah kedap udara, simpan di suhu ruang selama semalam, fondant siap dipakai. Bila keesokan harinya fondant mengeras, berarti tekstur awal ada yang salah

d. Kamu bisa menyiasatinya dengan menambahkan 1 sdt mentega putih, uleni lagi sampai tekstur yang diinginkan.

3 dari 5 halaman

3. Cara Membuat Fondant Cake

Ilustrasi Fondant Cake © Diadona

Cake yang kamu buat akan semakin lezat dan cantik saat dihias dengan bahan fondant ini. Dijamin kamu akan menyukai olahan cake yang kamu buat sendiri. Cara membuat fondant cake ini sangatlah mudah, kok. Nggak bakal bikin ribet! Yuk, langsung saja simak resep cara membuat fondant berikut ini.

Bahan:
- 60 gram mentega putih
- 30 ml air jeruk nipis
- 30 ml air
- 750 gram gula halus
- Tepung maizena

Cara membuat fondant cake:

a. Rebus bahan mentega, air, dan perasan jeruk nipis dalam panci. Aduk perlahan hingga seluruh bagian mentega meleleh dan mendidih.

b. Tambahkan 250 gram gula halus dan aduk hingga mengental. Matikan kompor dan dinginkan suhu ruang.

c. Siapkan sisa gula halus dalam mangkuk besar. Tuangkan adonan mentega yang telah dimasak. Aduk-aduk dan uleni perlahan menggunakan tangan hingga teksurnya kalis dan lentur.

d. Taburi dengan tepung maizena supaya tidak lengket di tangan. Basic fondant ini bisa diberi pewarna makanan.

4 dari 5 halaman

4. Cara Membuat Icing Fondant

Ilustrasi Fondant © Diadona

Nggak harus mebeli olahan kue dan cake di luar. Kamu kini juga bisa membuat cake dan kue lezat, manis dan tentunya ekonomis di rumah yang anti 'ribet-ribet club'. Yuk langsung saja simak resep cara membuat icing fondant berikut ini.

Bahan:
- 500 gram icing sugar atau bisa juga gula halus
- 2 1/2 sdm air hangat
- 2 1/2 sdm gelatin bubuk
- 1/2 sdm gliserin
- 1/2 sdt buttermilk oil
- 62 ml glukosa

Cara membuat icing fondant:

a. Larutkan gelatin dengan air hangat, aduk-aduk hingga benar-benar larut.

b. Masak larutan gelatin dengan cara di tim kemudian glukosa dimasukkan dan aduk rata sampai cair.

c. Masukkan gliserin, aduk lagi hingga merata kemudian angkat.

5 dari 5 halaman

5. Cara Membuat Fondant Sederhana

Ilustrasi Fondant Sederhana © Diadona

Bahan fondant sederhana ini sangat cocok sekali kamu buat sebagai bahan menghias kue untuk hasil cantik maksimal. Teksturnya yang elastis sangat pas untuk membuat berbagai bentuk dan karakter sesuai keinginan. Simak langsung resep cara membuat fondant sederhana berikut ini.

Bahan:
- 750 gram gula halus pisahkan jadi 2 bagian, 500 gram dan 250 gram
- 30 ml perasan lemon
- 30 ml air
- 60 gram mentega
- Sesuai selera pasta pewarna
- 6 sdm meizena secukupnya

Cara membuat fondant sederhana:

a. Tuangkan mentega kedalam wadah. Masukan perasan lemon dan air. Aduk hingga mentega larut dan masukkan 250 gram gula halus aduk hingga tidak ada gumpalan, dinginkan.

b. Siapkan gula halus di wadah sebanyak 500 gram. Setelah adonan dingin, tuangkan secara bertahap ke dalam wadah yang telah diisi dengan gula halus dan ulenin hingga kalis baru kemudian masukan meizena secara bertahap agar tidak lengket.

c. Siapkan pasta pewarna sesuai selera. Bagi adonan menjadi beberapa bagian sesuai selera dan masukan ke dalam plastik kedap udara dan simpan di dalam kulkas untuk hasil yang lebih baik. Fondant siap digunakan.

Nah, itulah beberapa resep mudah cara membuat fondant cake tanpa gelatin sederhana yang bisa banget kamu buat sendiri di rumah dengan mudah. Yuk, nggak boleh mager! Segera persiapkan bahan-bahan dari resep cara membuat fondant ini, ya. Selamat berkreasi!

Beri Komentar