5 Resep Cara Membuat Sale Pisang Kepok Gulung dengan Oven Tanpa Tepung

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 14 April 2020 14:32
5 Resep Cara Membuat Sale Pisang Kepok Gulung dengan Oven Tanpa Tepung
Nggak perlu bingung untuk menikmati menu camilan yang enak. Coba deh olahan manis legitnya sale pisang ini. Yakin deh bakal terus nambah stok buat hari esok!

Sale pisang adalah makanan yang dihasilkan dari olahan buah pisang yang disisir tipis dan dijemur. Nah, proses penjemuran ini bertujuan untuk mengurangi kadar air dalam pisang agar bisa bertahan lebih lama, karena pisang yang diolah adalah pisang matang. Dalam pengolahannya bisa langsung dimakan setelah dijemur atau digoreng menggunakan bahan adonan tepung.

Sale pisang ini merupakan salah satu makanan camilan yang disukai semua kalangan. Produk Sale Pisang merupakan makanan khas Asli dari Karangpucung dan Majenang yang terletak di Kabupaten Cilacap Jawa Tengah. Tapi dalam perkembangannya, beberapa daerah dan kota di Indonesia juga turut memproduksi sale pisang. Oleh karena itu, banyak pelaku bisnis yang menjual dan memproduksi olahan ini. Bahkan, camilan sale pisang yang manis dan legit juga sudah tembus pasar Internasional.

Jika kamu bingung untuk memilih menu camilan enak dengan rasa manis di rumah, maka wajib banget kamu mencoba membuatnya. Cara membuat sale pisang yang manis ini snagtalah mudah kok. Nggak perlu dibikin ribet, yuk segera persiapkan bahan-bahan cara membuat sale pisang yang telah Diadona ulas berikut ini. Selamat mencoba!

 

1 dari 5 halaman

1. Cara Membuat Sale Pisang Oven

Ilustrasi Sale Pisang Oven © Diadona

Olahan sale pisang pertama yang bisa kamu buat di rumah adalah dengan memanfaatkan oven. Yap, nggak perlu dijemur untuk mengurangi kadar airnya, kamu bisa mengovennya terlebih dahulu sebelum digoreng. Cukup praktis, bukan? Yuk, simak langsung deh resep cara membuat sale pisang oven berikut ini.

Bahan:
- 1 sisir pisang
- 5 sendok tepung beras
- Sejumput garam

Cara membuat sale pisang oven:

a. Kupas pisang, belah-belah sesuai selera. Oven pisang 30 menit, angkat dan biarkan hingga esok dan lakukan hal yang sama. Bisa lakukan proses memanggang hingga 2-3 hari.

b. Setelah kering larutkan tepung beras, beri garam, panaskan minyak dan goreng hingga kering. Pisang sale siap disajikan menjadi cemilan.

2 dari 5 halaman

2. Cara Membuat Sale Pisang Tanpa Tepung

Ilustrasi Sale Pisang Tanpa Tepung © Diadona

Kamu juga bisa membuat sale pisang ini tanpa meggunakan adonan tepung, loh. Cara membuat sale pisang tanpa tepung ini sangatlah mudah. Hanya dengan bahan pisang ambon matang saja, kamu sudah bisa mengolah sale pisang dengan praktis. Yuk, simak langsung resep mudah cara membuat sale pisang tanpa tepung berikut ini.

Bahan:
1 sisir pisang Ambon yang matang

Cara membuat sale pisang tanpa tepung:

a. Kupas pisang belah menjadi 4 bagiankemudian.

b. Tata di atas tampah bambu kemudian tutup dengan kain.

c. Jemur hingga benar benar kering dan kecoklatan selama 3 hari.

d. Jangan lupa dibolak-balik agar keringnya rata.

3 dari 5 halaman

3. Cara Membuat Keripik Sale Pisang

Ilustrasi Keripik Sale Pisang © Diadona

Nggak hanya keripik pisang biasa, kamu juga bisa menikmati sajain keripik pisang olahan sale di rumah. Cocok banget nih menjadi hidangan camilan enak dengan rasa manis dan gurih yang bersamaan. Yuk, simak langsung resep mudah cara membuat keripik sale pisang berikut ini.

Bahan:
- 1 sisir pisang, mengkal
- 4 sdm gula merah
- 1 sdt kapur sirih, larutkan dengan segelas air
- Sejumput garam
- Minyak

Cara membuat keripik sale pisang:

a. Kupas pisang, iris tipis-tipis, cuci dan rendam dengan campuran air kapur sirih, diamkan 15 menit, cuci bersih, tiriskan.

b. Campur pisang dengan gula merah sisir dan garam, aduk rata. Jemur di terik matahari hingga agak kesat.

c. Panaskan minyak lumayan banyak, goreng hingga kering, angkat, dan tiriskan.

4 dari 5 halaman

4. Cara Membuat Sale Pisang Gulung

Ilustrasi Sale Pisang Gulung © Diadona

Sedikit berbeda dengan olahan sale pisang sebelumnya, kamu juga bisa membuat sale pisang yang diolah dengan cara digulung. Cara membuatnya juga sangatlah mudah. Yuk simak langsung resep cara membuat sale pisang gulung berikut ini.

Bahan:
- 1 kg tepung beras rose brand
- 3 sdm gula pasir
- 1 butir telur
- 250 ml air
- 1/2 sdm garam dapur
- 1 tandan pisang uter atau raja bandung

Bahan lem:
- 100 gram tepung terigu
- Secukupnya air

Cara membuat sale pisang gulung:

a. Iris tipis pisang secar memanjang dan lerakkan di atas wadah datar atau tampah. Jemur selama 3 hari dan siap digulung.

b. Campur bahan lem lalu gulung pisang dengan lem tersebut agar merekat, sisihkan.

c. Buat adonan untuk melumuri pisang yang telah digulung. Campur bahan tepung beras, gula, telur, garam dan air hingga rata, bisa juga disaring agar tidak bergerindil.

d. Masukkan pisang gulung ke dalam adonan kemudian goreng dalam minyak panas. Sale pisang gulung siap disajikan.

5 dari 5 halaman

5. Cara Membuat Sale Pisang Kepok

Ilustrasi Sale Pisang Kepok © Diadona

Olahan sale yang manis dan legit ini bisa kamu buat dengan bahan dasar pisang kepok. Yap, cara membuatnya pun memang sangatlah sederhana. Nggak perlu ribet, langsung saja deh simak resep cara membuat sale pisang kepok berikut ini.

Bahan:
- 41 buah pisang kepok
- 1 bungkus tepung bumbu pisang goreng

Cara membuat sale pisang kepok:

a. Belah pisang menjadi dua lalu jemur. Sebelum digoreng, cuci sale pisang untuk menghilangkan debu selama penjemuran

b. Baluri tepung yang sudah menjadi adonan. Goreng hingga kecoklatan, sale pisang kepok siap dinikmati.

Nah, itulah beberapa resep mudah cara membuat sale pisang yang manis dan legit di rumah. Cocok banget menjadi pilihan menu camilan atau hanya sekedar untuk stok hidangan tamu di rumah. Yuk, nggak boleh rebahan terus, segera bergegas ke dapur dengan resep cara membuat sale pisang ini, ya. Selamat berkreasi!

Beri Komentar