5 Resep Cara Membuat Getuk Lindri Singkong Pelangi Goreng dan Pisang Sederhana

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 7 April 2020 17:27
5 Resep Cara Membuat Getuk Lindri Singkong Pelangi Goreng dan Pisang Sederhana
Ngaku anak Indonesai tapi jarang makan jajanan tradisional? Jangan hanya ke cafe dan mall aja, coba deh berburu jajanan ke pasar atau buat sendiri getuk lindri ini di rumah!

Getuk adalah salah satu makanan ringan yang terbuat dari bahan utama singkong atau keleta pohon. Getuk ini banyak ditemui di darah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Cara membuat getuk dimulai dengan mengupas singkong lalu dikukus dan ditumbuk atau digiling dengan bahan campuran pemanis dan pewarna makanan. Rasa gurih bisa didapatkan dari parutan kelapa yang dikukus dengan sedikit tambahan garam. Selain getuk singkong, ada pula getuk pisang yang dihidangkan dalam bungkusan daun pisang.

Kamu tentunya juga bisa membuat jajanan tradisional getuk ini di rumah. Yap, cara pembuatannya yang mudah, bisa banget kamu praktikkan sendiri yang tentunya anti ribet. Daripada kamu terus-terusan jajan ciki di luar, mending buat sendiri olahan camilan nusantara yang sederhana dan alamai tanpa bahan pengawet. Yuk, nggak boleh mager! Langsung saja simak resep cara membuat getuk yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

1. Cara Membuat Getuk Lindri

Ilustrasi Getuk Lindri © Diadona

Getuk lindri penuh warna ini biasanya sering ditemui di pasar tradisional atau dijajakan oleh abang-abang keliling. Rasanya yang manis dan lembut sangat cocok sekali menjadi camilan di sore hari dengan seduhan teh hangat. Coba deh buat sendiri di rumah dengan melihat resep cara membuat getuk lindri berikut ini.

Bahan:
- 1 kg singkong jenis mentega
- 200 gram gula pasir
- 1 1/2 sdm mentega
- 1/2 butir kelapa
- 1 sachet susu kental manis putih
- Pewarna makanan hijau dan merah
- Sejumput garam

Cara membuat getuk lindri:

a. Cuci bersih singkong dan kukus selama 30-45 menit. Angkat singkong ke wadah, dan ditumbuk. Campurkan mentega, garam, gula pasir dan susu kental manis. Aduk dan uleni menggunakan tangan.

b. Bagi adonan menjadi 2 bagian. Langkah terakhir giling adonan. Setelah selesai semua susun getuk lindri dan taburi dengan kelapa parut yang telah dikukus sebelumnya.

2 dari 5 halaman

2. Cara Membuat Getuk Singkong

Ilustrasi Getuk Singkong © Diadona

Singkong bukan lagi bahan olahan 'ndeso', kamu bisa berkreasi dengan banyak menu makanan dari bahan dasar singkong. Yap, bisa banget tuh kamu membuat sajian getuk singkong sederhana ini di rumah. Simak saja langsung resep cara membuat getuk manis dan lembut berikut ini.

Bahan:
- 1 kg singkong kukus
- 120 gram gula merah, sisir halus
- 50 gram gula pasir atau sesuai selera
- Secukupnya vanili
- Secukupnya garam
- Secukupnya kelapa parut, kukus beri garam dan daun pandan

Cara membuat getuk singkong:

a. Kupas singkong, cuci dan potong kecil-kecil lalu kukus sampai empuk. Haluskan singkong bersama gula merah dan gula putih, garam, dan vanili. Tumbuk hingga gula tercampur rata.

b. Siapkan loyang yang sudah dialasi plastik. Ratakan adonan singkong dan sedikit ditekan agar padat. Pindahkan ke loyang datar dan siap disajikan.

3 dari 5 halaman

3. Cara Membuat Getuk Goreng

Ilustrasi Getuk Goreng © Diadona

Nggak hanya dimakan langsung saja dengan taburan parutan kelapa, getuk juga bisa diolah lagi dengan cara digoreng. Yuk langsung saja deh simak resep mudah cara membuat getuk goreng berikut ini.

Bahan:
- 1 kg singkong
- 5 butir gula merah
- 1 sdt garam
- 5 sendok tepung beras
- 1 sendok tepung terigu
- 2 lembar daun pandan
- Air
- Minyak untuk menggoreng

Cara membuat getuk goreng:

a. Kupas singkong, potong ukuran 4-5 cm dan cuci bersih. Siapkan kukusan tunggu hingga mendidih, masukkan singkong hingga matang. Sisir gula merah, kemudian cairkankan bersama daun pandan dengan sedikit air di atas kompor dengan api sedang.

b. Siapkan loyang atau mangkok ukuran sedang atau tumbukan. Angkat singkong lalu tumbuk hingga hancur dan halus lembut. Tuangkan gula merah yang sudah dicairkan ke atas singkong yang sudah dihaluskan sedikit demi sedikit, hingga menyatu dan berwarna kecoklatan.

c. Bulatkan menjadi bola-bola kecil sesuai selera. Buat adonan dari tepung beras dan tepung terigu dengan sejumput garam, tuangkan air hingga adonan menjadi seperti adonan pisang goreng.

d. Lalu masukkan bulatan ke dalam adonan. Siapkan penggorengan, dengan api sedang, goreng gethuk usahakn hingga bola-bola tenggelam di dalam minyak supaya masak merata dan warna sama kuning keemasan. Angkat dan sajikan.

4 dari 5 halaman

4. Cara Membuat Getuk Singkong Pelangi

Ilustrasi Getuk Singkong Pelangi © Diadona

Getuk yang manis, lembut, dan penuh warna ini bisa banget menjadi pilihan menu camilan yang tentunya enak di lidah. Yap, cara membuat getuk singkong pelangi yang unyu ini sangatlah mudah. Langsung saja deh simak resep berikut ini.

Bahan:
- 1500 gram singkong
- 125 gram gula halus
- 1/2 sdt garam
- 1/4 sdt vanili
- 90 gram margarin
- Secukupnya pewarna makanan/pasta merah, kuning, hijau, biru, dan ungu

Cara membuat getuk singong pelangi:

a. Kupas singkong, potong sesuai selera, dan cuci bersih. Kukus 30 menit atau sampai matang. Haluskan atau ulek dalam keadaan panas. Tambah gula halus, garam, dan margarin, aduk sampai rata.

b. Bagi jadi 5 bagian, masing-masing ditambah pewarna merah, kuning, hijau, biru, ungu. Ambil 1 bagian tambahkan pewarna merah. Aduk rata.

c. Ratakan dalam loyang 10x20 cm sambil ditekan-tekan. Ambil 1 bagian. Tambahkan pewarna kuning, aduk rata. Ratakan di atas lapisan merah sambil ditekan-tekan.

d. Ambil 1 bagian, tambahkan pewarna hijau, aduk rata. Ratakan di atas lapisan kuning sambil ditekan-tekan. Lakukan hal yang sama untuk lapisan biru dan ungu. Keluarkan pelan-pela dari cetakan. Potong-potong sesuai selera.

5 dari 5 halaman

5. Cara Membuat Getuk Pisang

Ilustrasi Getuk Pisang © Diadona

Selain getuk singkong, kamu juga bisa membuat olahan getuk dari bahan dasar pisang. Yap, getuk pisang yang disajikan dalam bungkusan daun pisang ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasa manis dan sedap. Langsung saja simak resep cara membuat getuk pisang berikut ini.

Bahan:
- 1 sisir pisang kepok
- 2 sdm tepung beras
- 1 sdm tepung tapioka
- 5 sdm gula pasir
- 1 bungkus santan instan
- 1 bungkus vanili
- 1/4 sdt garam
- 1/4 butir kelapa parut
- 1 lembar daun pandan
- Sejumput garam

Cara membuat getuk pisang:

a. Kupas pisang kepok lalu kukus hingga matang. Dalam keadaan panas lumatkan atau haluskan menggunakan ulekan. Tambahkan tepung beras, tepung tapioka, gula, garam dan vanili ke dalam pisang yang sudah dihaluskan, aduk rata, dan test rasa sesuai selera.

b. mbil secukupnya daun pisang olesi tipis dengan minyak agar tidak lengket dan mudah dibentuk, rapatkan, padatkan, gulung lalu sematkan ujung kanan kiri dengan lidi, kukus hingga matang selama 15-20 menit.

c. Biarkan benar-benar dingin jadi getuk pisang akan padat dan kenyal. Campur semua bahan kelapa lalu kukus 10-15 menit biar tidak mudah basi. Potong-potong getuk pisang balur kelapa siap dihidangkan.

Nah, itulah beberapa resep cara membuat getuk lindri singkong pelangi goreng dan pisang sederhana yang bisa banget kamu coab buat sendiri di rumah dengan mudah. Yuk, nggak boleh males gerak! Cus, segera peiapkan bahan-bahannya, ya. Selamat berkreasi!

Baca juga yuk: 5 Resep Cara Membuat Roti Canai India Dan Malaysia Yang Lembut Dengan Saus Sederhana

Beri Komentar