18 Minuman Penururn Kolesterol yang Alami dan Aman Dikonsumsi

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 3 Maret 2020 11:38
18 Minuman Penururn Kolesterol yang Alami dan Aman Dikonsumsi
Minuman penurun kolesterol juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh

Menurunkan kadar kolesterol dalam darah bukan hanya bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat penurun kolesterol. Terdapat juga minuman penurun kolesterol yang secara medis terbukti dapat menormalkan kembali kadar kolesterol dalam darah.

Seseorang dikatakan menderita kolesterol tinggi ketika memiliki total kolesterol darah lebih dari 240 miligram per desiliter (mg/dL). Angka tersebut dipengaruhi oleh komponen dalam kolesterol darah, yakni kolesterol jahat (LDL), kolesterol baik (HDL), dan trigliserida.

Untuk menstabilkan kadar kolesterol kamu, pilihlah minuman yang dapat menurunkan kadar LDL dan trigliserida atau menaikkan HDL. Kadar kolesterol yang terlalu tinggi akan menyebabkan kamu memiliki risiko mengidap penyakit berbahaya, seperti stroke dan serangan jantung.

1 dari 4 halaman

Makanan dan Minuman Penururn Kolesterol

Secara umum, apa yang kamu makan atau minum memang sangat memengaruhi kadar kolesterol total dalam darah. Jika kamu terlanjur menderita kolesterol tinggi, berikut beberapa makanan dan minuman penurun kolesterol yang dapat kamu coba.

Kentang

KentangKentang © greatbritishchefs.com

Kentang yang memiliki kandungan potasium sehat bisa juga menjadi opsi sebagai makanan dan minuman penurun kolesterol tinggu. Selain itu, dengan kandungan yang dimilikinya, kentang mampu berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah mengurangi risiko stroke dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Tomat

Sumber potasium lain yang bisa kamu jadikan sebagai makanan atau minuman penurun kolesterol dan mudah kamu temui di rumah adalah tomat. Tomat mengandung banyak kandungan baik bagi tubuh seperti vitamin A, vitamin C, dan lycopene.Tomat bisa kamu campuran ke dalam menu masakan, di makan langsung, ataupun bisa dibuat jus.

Apel

ilustrasi buah apelilustrasi buah apel © 2019 https://www.diadona.id

Mnegutip dari laman Good House Keeping mengonsumsi sebutir apel dalm sehari bisa membantu kamu untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. Banyak studi yang mengatakan bahwa kandungan phonelic yang ada di kulit apel secara aktif akan menurunkan kadar kolesterol. Jangan salah ;agi ya kalau apel juga termasuk ke dalam makanan dan minuman penurun kolesterol yang baik dikonsumsi.

Alpukat

Alpukat juga bisa menjadi opsi lain dalam menurunkan kadar kolesterol yang ada dalam tubuh. Alpukat memiliki kandungan lemak baik dan serat tinggi. Selain bisa menurunkan kadar kolesterol, alpukat juga bisa mencegah tubuh dari penyakit kardiovaskular dan stroke. Kamu bisa mengonsumsinya langsung atau dengan mengolahnya menjadi jus.

Bayam

21 Manfaat Sayur Bayam Merah dan Hijau Untuk Kesehatan Juga Kecantikan21 Manfaat Sayur Bayam Merah dan Hijau Untuk Kesehatan Juga Kecantikan © © MEN

Sayuran kesukaan popeye ini ternyata tak hanya bisa membuat tubuh menjadi kuat. Namun mengonsumsi sayuran hijau termasuk bayam akan membantu menurunkan kolesterol dengan meningkatkan produksi nitric oxide (NO) yang akan membantu membersihkan pembuluh darah dan mengurangi atherosclerosis.

Jus delima

Jus delima ternyata masuk ke dalam minuman penurun kolesterol. Berdasarkan penelitian, jus delima mengandung antioksidan tiga kali lebih tinggi dari teh hijau. Antioksidan inilah yang dapat menjaga kesehatan jantung, salah satunya dengan mengurangi penumpukan lemak jahat alias LDL.

Teh

Ilustrasi Teh HijauIlustrasi Teh Hijau © 2019 https://www.diadona.id / @pixabay

Teh, baik berupa teh hitam, teh hijau, teh putih, hingga teh oolong telah dikenal lama sebagai minuman penurun kolesterol karena kaya akan antioksidan. Teh hijau, misalnya, terbukti dapat menurunkan LDL hingga 2,19 mg/dL, meski teh ini tidak bisa sekaligus menaikkan kadar kolesterol baik (HDL).

Bukan hanya teh tradisional yang memiliki fungsi menurunkan kolesterol darah, teh herbal seperti teh jahe dan teh peppermint juga memiliki efek yang sama.

Perbedaan teh tradisional dan teh herbal adalah teh herbal sebetulnya bukan berasal dari tumbuhan teh-tehan, melainkan tanaman lain yang diekstrak daun, batang, maupun buahnya dan diolah menjadi teh.

Meski demikian, efek teh sebagai minuman penurun kolesterol tidak akan kamu rasakan langsung saat itu juga. Riset menyebut kadar kolesterol dalam darah baru bisa turun jika kamu rutin minum teh setidaknya selama beberapa minggu.

Jus alpukat

Minuman penurun kolesterol lain yang bisa kamu coba adalah jus alpukat. Alpukat mengandung lemak tidak jenuh (monounsaturated fats) dan serat yang dapat menurunkan LDL dan menaikkan kadar HDL. Selain mengonsumsinya sebagai jus, kamu juga dapat memakan alpukat sebagai buah maupun menjadikannya sebagai campuran salad.

2 dari 4 halaman

Minuman Penururn Kolesterol Benecol

      View this post on Instagram      

A post shared by Santo Mercado (@santomercado.cl) on

 

Nutrive Benecol adalah produk minuman penurun kolesterol kemasan botol yang mengandung kombinasi susu dan sari buah. Nutrive Benecol dipasarkan untuk menurunkan kolesterol. Minuman ini mengandung nutrisi plant stanol ester (PSE). PSE adalah zat atau nutrisi yang ditemukan di dalam biji-bijian seperti gandum, sayuran, buah, dan kacang-kacangan.

Plant stanol ester (PSE) bekerja menyerap dan memblokir kolesterol di dalam sistem pencernaan manusia. Kolesterol yang terserap oleh PSE akan dibuang keluar tubuh menjadi kotoran.

3 dari 4 halaman

Minuman Herbal Penururn Kolesterol

Kalau kamu bosan menjadikan bahan herbal yang ada disekitar kamu menjadi makanan penurun kolesterol, kamu bisa mengolahnya menjadi berbagai minuman kooesterol dengan khasiat yang sama atau bahkan bisa lebih. nAH, Kalau kamu sedang menderita kolesterol dan belum tahu bahan herbal yang bisa dijadikan sebagai minuman penurun kolesterol, kamu bisa simak informasi menganai minuman herbal penurun kolesterol berikut ini.

Yoghurt Probiotik

Minuman penurun kolesterol fermentasi bernama yoghurt dikenal memiliki banyak manfaat. Yang paling terkenal adalah manfaatnya dalam menurunkan berat badan. Selain itu minuman satu ini juga dikenal bisa menurunkan kadar kolesterol pada tubuh.

Yoghurt bekerja mengikat kolesterol pada usus sehingga ia bisa keluar bersama kotoran. Nah untuk mendapat manfaat yoghurt ini tentu kamu harus rajin mengkonsumsinya. Yoghurt akan mempengaruhi tekanan darah serta tingkat tingginya kolesterol tubuh. Jika rajin mengkonsumsinya dapat dipastikan indeks masa tubuh serta tingkat glukosanya lebih rendah.

Dalam yoghurt terkandung zat yang bisa membuat metabolism tubuh jadi jauh lebih baik. Minuman satu ini bisa menaikkan tingkat HDL yang merupakan kolesterol baik dalam tubuh. Konsumsilah yoghurt dua kali sehari untuk menurunkan kolesterol tubuh.

Jus Wortel

jus worteljus wortel © 2019 https://www.diadona.id/unsplash.com


Ketika jaman makin maju, maka makanan hasil olahan pun makin beragam dan kreatif. Semakin beragamnya yang dikonsumsi, maka semakin tinggi pula resiko seseorang terkena kolesterol. Umumnya penyakit yang menyebabkan tertimbunnya kolesterol jahat dalam tubuh adalah makanan cepat saji dan berminyak. Lemak jenuh dalam makanan tersebutlah yang membuat kolesterol jahat tercipta.

Namun kamu bisa menanggulangi banyaknya kolesterol tersebut dengan mengkonsumsi jenis minuman penurun kolesterol satu ini. Misalnya saja mengkonsumsi jus wortel. Wortel ini memiliki serat larut yang bisa menurunkan kolesterol.

Kamu bisa loh membuatnya sendiri. Sediakan wortel dan apel hijau masing masing 2 buah. Lalu sediakan juga 2 lembar seledri. Blender semua bahan dan jus penurun kolesterol pun siap dikonsumsi.

Jus Berry

Ilustrasi Jus StroberiIlustrasi Jus Stroberi © 2020 https://rawpixel.com/

Buah jenis beri-berian seperti Blueberry dan strawberry baik juga jika dijadikan sebagai minuman penurun kolesterol. Kedua jenis beri tersebut memang kerap ditemukan untuk jus atau kue. Mengandung banyak mineral serta vitamin, kedua beri ini baik untuk menurunkan kadar kolesterol berlebih.

Ukuran mungil pada beri berian menjadikannya jenis camilan sehat yang baik untuk dikonsumsi. Jika ingin mengolahnya sebagai jus hendaknya tak mencampurkan pemanis lain karena buahnya sendiri sudah memiliki pemanis alami. Mari bikin sendiri.

Sediakan blackberry dan strawberry masing-masingnya 12 biji. Sebelum memblendernya tambahkan satu sachet susu kental manis dan es batu serta air secukupnya. Jus mix berry yang nikmat pun siap disajikan.

Jus Pepaya Jambu Biji

Buah dan sayur memang kaya akan vitamin. Ini membuatnya bagus untuk menurunkan kadar kolesterol. Yuk penuhi kebutuhan serat ddan mineral dengan banyak konsumsi buah.

Buatlah jus pepaya dan jambu biji sebagai salah satu minuman penurun kolesterol. Persiapkan pepaya sebanyak 110 gr ditambah dengan jambu biji sebanyak 100 gr dan buah delima sebanyak 150 gr. Blender jadi satu lalu saring. Jus siap dinikmati beserta es batu.

 

4 dari 4 halaman

Minuman Alami Penururn Kolesterol

Jika kamu memiliki gejala kolesterol tinggi seperti yang disebutkan diatas, kamu tak perlu khawatir karena berikut tim diadona berikan beberapa rekomendasi minuman alami penurun kolesterol yang ampuh untuk menurunkan kolesterol. Simak terus ya!

Jus Belimbing

Ilustrasi Jus BelimbingIlustrasi Jus Belimbing © mydeliciousblog.com

Minuman penurun kolesterol dari buah lain yang bisa kamu coba adalah jus belimbing.
Belimbing juga dipercaya bisa menurunkan kolesterol berlebih. Ini karena belimbing memiliki zat antioksidan yang tinggi dan kaya natrium serta vitamin C. Mengkonsumsi belimbing teratur bisa menurunkan berat badan dan kadar kolesterol.

Sebagai sumber nutrisi yang baik, belimbing wajib rutin dikonsumsi. kamu bisa mengolahnya sebagai jus. Siapkan saja belimbing ukuran sedang beserta air temu lawak sebanyak 50 ml. Kemudian persiapkan juga ¼ air jeruk lemon dan 2 sdm madu. Blender semua bahan. Tambahkan es batu sebelum dihidangkan.

Jus Anggur

Selain belimbing, buah anggur juga memiliki zat yang mampu menangkal radikal bebas. Ada senyawa flavonoid yang mencegah terjadinya penggumpalan darah. Buah ini juga mengandung catechin sehingga baik jika dijadikan sebagai minuman penurun kolesterol jahat dan menaikkan kolesterol baik dalam tubuh kamu.

Sediakan sebuah jeruk dan campur dengan anggur sebanyak 20 biji. Tambahkan sesendok makan madu dan 50 ml air. Blender semuanya lalu tambahkan es batu. Sajikan minuman ini saat dingin agar lebih nikmat terasa.

Jus Lemon

Ilustrasi Jus LemonIlustrasi Jus Lemon © 2019 https://www.diadona.id / @pixabay

Dilansir dari ANTVklik, bagian luar kulitnya saja mengandung minyak esensial dan bagian dalam kulitnya mengandung limonin. Kandungan limonin yaitu salah satu limonoids yang menyebabkan rasa pahit pada jeruk justru berguna menurunkan kolesterol.

Menurut Nigerian Journal of Physiological Sciences, kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon jika dikonsumsi selama 30 hari maka hasilnya kolesterol dalam tubuh akan turun secara signifikan. Jadi jangan sungkan lagi ya meminum jus lemon sebagai minuman penurun kolesterol!

Cokelat

Minuman cokelat ternyata memiliki efek baik bagi jantung sebagai minuman penurun kolesterol jahat (LDL) dan menaikkan kadar kolesterol baik (HDL) jika diminum dua kali sehari selama sebulan.

Meski demikian, hati-hati dengan minuman cokelat yang mengandung banyak gula karena gula justru memiliki efek negatif pada jantung. Pilihlah minuman berbentuk dark chocolate, yakni yang mengandung cocoa 75–85 persen atau lebih.

Susu kedelai

Ilustrasi Susu KedelaiIlustrasi Susu Kedelai © 2019 https://www.diadona.id /liputan6.com

Kedelai pada dasarnya merupakan tanaman polong-polongan yang memang baik untuk kesehatan jantung. Manfaat kedelai juga bisa dirasakan melalui susu kedelai.

Studi terkini menyebut minuman penurun kolesterol ini sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh orang yang sedang mengalami kolesterol tinggi karena susu kedelai dapat menurunkan LDL dan menaikkan HDL dengan cukup cepat.

Selain minuman penurun kolesterol di atas, kamu juga disarankan memperbanyak makan buah dan sayur, serta menghindari asupan yang dapat meningkatkan kolesterol, seperti santan, makanan cepat saji, jeroan, dan sebagainya, untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah tetap normal.

Semua jenis buah dan sayur dapat dikonsumsi, tapi penelitian menunjukkan sayuran dengan daun hijau dan buah dari golongan berry maupun anggur paling bagus dikonsumsi oleh kamu yang rentan mengalami kenaikan kadar kolesterol.

Selalu konsultasikan kesehatan kamu ke dokter. Jangan menganggap sepele tingginya kadar kolesterol tubuh karena sangat berisiko untuk mengalami penyakit jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar