15 Makanan bayi 8 Bulan yang Sehat dan Bisa Menambah Berat Badan

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 18 Februari 2020 11:11
15 Makanan bayi 8 Bulan yang Sehat dan Bisa Menambah Berat Badan
Bayi tetap harus mengonsumsi makanan bergizi agar pertumbuhan dan perkembagannya berjalan maksimal.

Meski sudah siap mengonsumsi makanan padat, namun tentu saja makanan bayi 8 bulan tak sama dengan makanan untuk orang dewasa pada umumnya. Biasanya dokter anak atau bidan akan menyarankna untuk mengolah makanan bayi 8 bulan yang dibuat sendiri oleh ibunya. Hal ini ditujukan agar bisa menyesuaikan dengan nutrisi yang diburuhkan bayi.

1 dari 4 halaman

Resep Makanan bayi 8 Bulan Penambah Badan

Pertumbuhan dan perkembanan bayi menjadi salah satu hal yang paling diperhatikan sebagai seorang ibu. Apalagi, jika bayi masuk pada usia 8 bulan keatas, bayi masih sangat memerlukan asupan gizi agar berat badannya maksimal. Lalu apa saja resep makanan bayi 8 bulan penambah berat badan?

Makanan Bayi 8 Bulan Apple stew dengan Cinamon

Apel Strew © Diadona

Makanan bayi 8 bulan ini dinilai mempunyai nilai gizi yang bik karena mengandung kadar vitamin A, zat besi dan asam folat yang baik untuk pertumbuhan bayi.

Bahan-bahan:
- 1 buah apel
- Air secukupnya
- Bubuk kayu manis secukupnya

Cara membuat:
- Masak irisan apel yang telah dikupas dan dipotong dadu, dalam air mendidih.
- Haluskan apel yang telah dikukus dengan blender atau toples mixer. Jika sudah halus, saringlah apel dengan alat penyaring berlubang kecil.
- Setelah tersaring dengan halus, tambahkan sejumput bubuk kayu manis. Aduk rata dan sajikan.

Makanan Bayi 8 Bulan Pure Pisang dan Alpukat

Ilustrasi Pure Pisang dan Alpukat © Diadona

Pisang dan alpukat menjadi paduan yang sangat baik sebagai makanan bayi 8 bulan. Kedua jenis makanan bayi 8 bulan ini kaya akan kalium dan asam folat yang membantu meningkatkan pertumbuhan tulang dan otak bayi.

Bahan-bahan:
- Satu buah pisang
- Setengah buah alpukat
- ASI atau susu formula secukupnya

Cara membuat:
- Cuci bersih pisang dan alpukat.
- Kupas pisang dan alpukat.
- Keruk bagian dalam alpukat, pastikan yang diambil hanya daging buahnya saja.
- Blender masing-masing buah dan tambahkan susu formula hingga tercampur rata.
- Sajikan.

Makanan Bayi 8 Bulan Pure Jagung dan Bayam

Pure Jagung dan Bayam © Diadona

Makanan bayi 8 bulan ini sangat bermanfaat karena kaya akan serat yang bagus untuk memelihara organ pencernaan pada bayi.

Bahan-bahan:
- Satu buah jagung manis berukuran sedang
- 15 lembar daun bayam
- 5 sdm air matang

Cara membuat:
- Cuci bersih jagung manis dan bayam.
- Rebus jagus manis sampai empuk dan mengeluarkan aroma, kemudian serut.
- Masukan bayam ke dalam air mendidih, masak dengan api kecil kira-kira selama 10 menit.
- Campur bayam dengan jagung, dan masukan 5 sdm air matang.
- Blender sampai halus.
- Saring sampai tidak ada serat-serat kasar yang tersisa.
- Sajikan.

2 dari 4 halaman

Kumpulan Resep Makanan bayi 8 Bulan

Saat si Kecil berusia 9 bulan, menu makanan hariannya adalah masakan keluarga, yang masih dicincang atau disaring kasar bila perlu. Pada usia ini, bahan untuk membuat makanan bayi 8 bulan dapat disamakan dengan orang dewasa, namun rasanya harus disesuaikan. Nah, kalau kamu masih bingung untuk memberikan makanan bayi 8 bulan apa yang cocok dihidangkan untuknya, kamu bisa mencoba kunmpulan resep makanan bayi 8 bulan berikut ini.

Makanan Bayi 8 Bulan Nasi Tim Ayam Sederhana

Ilustrasi Nasi Tim Sederhana © Diadona

Bahan:

- Nasi putih (setengah matang)
- 80 gram
Daging ayam giling - 50 gram
- Kuning telur 1 butir
- Wortel 100 gram (parut)
- Tomat 50 gram (diiris)
- Daun seledri secukupnya
- Air secukupnya
Garam secukupnya

Cara Membuat:

- Campur semua bahan yang digunakan dan masukkan ke dalam wadah tahan panas.
- Berikan air ke dalam wadah hingga semua bahan terendam.
- Panaskan kukusan dan masukkan wadah tadi ke dalam panci kukus, tim hingga matang.
- Nasi tim ayam siap dinikmati.

Makanan Bayi 8 Bulan Tim Tahu Bayam

Ilustrasi Nasi Tim Tahu Bayam © Diadona

Bahan:

- Tepung beras merah atau putih 50 gram
- Tahu 50 gram (dilumatkan)
- Daun bayam 20 gram (iris halus)
- Wortel 50 gram (parut)
- Air 500 cc
- Garam dan gula pasir secukupnya

Cara Membuat:

- Dalam wadah tahan panas, masukkan wortel, tahu, tepung beras dan air kemudian tim.
- Setelah setengah matang, masukkan bayam dan aduk merata.
- Tim semua bahan hingga lunak, angkat dan haluskan dengan blender.
- Tim tahu bayam siap disajikan.

Makanan Bayi 8 Bulan Omeletee Bayam Keju

Ilustrasi Nasi Tim Bayam Keju © Diadona

Bahan:

- Telur 1 butir
- Keju cheddar 2 lembar (potong kecil-kecil)
- Bayam 1 genggam (rajang kasar)
- Susu cair 50 ml
- Margarine 1 sdm

Cara Membuat:

- Lelehkan margarine dengan api kecil.
- Kocok semua bahan hingga merata dan tuang adonan ke dalam teflon.
- Buat dadar omellete dan masak hingga matang.
- Selamat menikmati.

3 dari 4 halaman

Makanan bayi 8 Bulan Biar Gemuk

Asupan makanan bayi 9 bulan yang dibutuhkan tak hanya ditujukan agar bayi sehat, tapi agar berat badannya bisa maksimal. Dengan begitu perkembangan dan pertumbuhan badan si kecil juga bisa sempurna. Llau apa saja makana bayi 8 bulan biar gemuk? Simak ulasannya berikut ini.

Ayam

Daging ayam adalah makanan bayi 8 bulan yang sehat dan juga bisa meningkatkan berat badan bayi. Daging ayam kaya akan niacin, fosfor, magnesium, Vitamin B8 dan B12. Anda baru bisa memberikan daging ayam setelah bayi berusia 8 bulan.

Daging ayam bisa disajikan dalam bentuk kaldum ayam di awal pemberiannya kepada bayi usia 8 bulan ke atas. Dengan semua manfaat dan kandungan yang dimiliki, rasanya sangat cock menjadikan daging ayam sebagai makanan penambah berat badan bayi

Telur

Ilustrasi kuning telur © Diadona

Telur adalah makanan bayi 8 bulan yang sehat dan berasal dari jenis protein hewani. Selain sehat, telur juga bisa menjadi makanan penambah berat badan bayi. Pada telur, terdapat kandungan protein yang tinggi. Selain itu, telur juga mengandung mineral, vitamin A dan vitamin B12.

Pada saat usia 10 bulan, bayi sudah bisa diberikan telur. Akan tetapi, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter anak sebelum memperkenalkan telur kepada anak. Sebaiknya mulailah memberikan kuning telur lebih dulu dan putih telur saat usia 1 tahun.

Pisang

Makanan bayi 8 bulan yang bisa membantu menambah berat badan adalah pisang. Pisang memliki kandungan karbohidrat, kalium, serat, vitamin C dan B8. Selain itu, pisang juga memliki kandungan 100 kalori, terbaik dari[pad buah lainnya. Oleh karena itu pisang cocok banget dijadikan sebagai makanan penambah berat badan bayi.

4 dari 4 halaman

Makanan bayi Usia 8 Bulan

Di usia 8 bulan, kemampuan makan bayi semakin berkembang. Bayi sudah bisa mengambil sendiri makanan di hadapannya dan memasukkannya ke dalam mulut. Untuk mendukung kemampuannya itu, Ibu perlu menyiasati dengan menyajikan makanan bayi 8 bulan yang tepat. Nah, berikut beberapa saran makanan bayi 8 bulan untuk tumbuh sehat, cerdas dan menambah berat badannya. Simak yuk!

Alpukat

Ilustrasi Alpukat © Diadona

Alpukat merupakan makanan bayi 8 bulan yang berasal dari buah-buahan. Bayi baru bisa diberikan setelah usia 8 bulan. Alpukat kaya akan lemak nabati yang sehat sehingga bisa meningkatkan berat badan bayi

Di dalam buah alpukat juga terkandung beberapa vitamin dan mineral penting seperti vitamin B8, E, C, K, asam folat, serat makanan, dan asam pantotenat. Anda bisa memberikan alpukat dalam bentuk pure di awal-awal MP ASI.


Apel

Selain mempunyai rasa yang manis, apel juga ternyata bisa menjadi makanan bayi 8 bulan untuk kecerdasan otak. Mengapa? karena apel mempunyai kandungan quercetin yang bisa membantu dalam merangsang aktivitas otak.

Buah apel sendiri bisa diberikan ke si Kecil sebagai makanan pertama dan hampir di seluruh tahapan makanan sebagai transisi. Selain itu, quercetin pada buah apel mampu menjadi antioksidan kuat dan membantu sistem kekebalan tubuhnya, lho.

Kacang-kacangan

Ilustrasi kacang almond © Diadona

Kacang-kacangan kaya akan zat besi dan protein, sehingga bayi yang mengonsumsi makanan ini akan mendapatkan cukup serat, folat, dan kalsium. Mengapa kentang sangat cocok dijadikan sebagai makana bayi 8 bulan untuk kecerdasan otak? karena kacang-kacangan memliki kandungan seng yang bermanfaaat untuk menambah kecerdasanotak anak.

Salmon

Makanan bayi 8 bulan jenis ini memang sudah tak diragukan lagi manfaatnya. Apalagi kandungan DHA, asama lemak omega 3 nya sangat dibutuhkan untuk perkembangan kognitif anak.Nah, Ikan salmon bisa jadi sumber makanan DHA yang baik lho. Kamu mengolah kembali ikan salmon ke dalam bentuk lain agar si Kecil tertarik mengonsumsinya ya.

Kentang

Kentang © Diadona

Selain apel, kentang juga bisa dijadikan sebagai alternatif lain makanan bayi 8 bulan berat badan . Mengapa? karena kentang kaya akan karbohidrat yang baik untuk meningkatkan berat badan. Selain itu, kentang juga memiliki kandungan citamin C, vitamin B8, fosfor, dan mangan. Selain kandungan gizinya yang baik untuk meningkatkan berat badan bayi, kentang juga memiliki tekstur yang lembut sehingga cocok untuk dijadikan sebagai makanan penambah berat badan bayi.

Ubi Jalar

Ubi jalar mengandung serat, kalium, vitamin C, vitamin B8, zat besi, tembaga, dan beta-karoten. Kehadiran antioksidan beta-karoten dalam ubi jalar akan dikonversi menjadi vitamin A oleh tubuh.

Nah, vitamin A sangat penting untuk kulit, tulang, dan mata janin. Ubi jalar juga dapat membantu meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh. Dengan semua kandungan dan manfaat yang ada, Ubi jalar sangat cocok dijadikan sebagai makanan bayi 8 bulan penambah berat badan. Ubi jalar bisa diolah dengan berbagai cara, mulai dari ditumbuk, dibakar, direbus, atau digoreng.

Itulah tadi beberapa kreasi makanan bayi 8 bulan beserta resepnya yang mudah dan lezat. Semoga resep tersebut bisa bermanfaat dan menjadi referensi makanan bayi 8 bulan bagi para ibu di luar sana. Selamat mencoba!

Beri Komentar