12 Makanan Penambah Berat Badan Bayi Secara Efektif Usia 6-10 Bulan Lengkap dengan Resepnya

Reporter : Anif Fathul Amin
Jumat, 6 Maret 2020 13:54
12 Makanan Penambah Berat Badan Bayi Secara Efektif Usia 6-10 Bulan Lengkap dengan Resepnya
Berikan si kecil makanan yang te[at untuk menambah berat badannya.

Tentunya bagi kamu seorang ibu jadi khawatir, ketika mendapati berat badan si kecil di bawah rata-rata. Sehingga berbagai cara dilakukan untuk menambah berat badannya.

Walau begitu, meningkatkan berat badan si kecil tak hanya dengan menambahkan porsi makanannya saja. Karena organ pencernaanya belum sempurna, maka kamu tetap perlu mencari cara bagaimana menaikkan berat badan si kecil secara efektif namun tetap aman.

Pastikan setiap makanan yang dimakan si kecil terdiri dari karbohidrat, protein, serat dan vitamin. Nah, kalu kamu masih bingung nih, kira-kira mau ngasih makanan apa ya yg bisa menambah berat badan si kecil, yuk, simak informasi selengkapnya mengenai makanan penambah berat badan bayi di bawah ini.

1 dari 4 halaman

Makanan Penambah Berat Badan Bayi 6 Bulan Keatas

Ilustrasi Buah Alpukat © Diadona

Pertumbuhan dan perkembanan bayi menjadi salah satu hal yang paling diperhatikan sebagai seorang ibu. Apalagi, jika bayi masuk pada usia 6 bulan keatas, bayi masih sangat memerlukan asupan gizi agar berat badannya maksimal. Lalu apa saja makanan penambah berat badan bayi 6 bulan ke atas?

Alpukat

 

Alpukat merupakan makanan penambah berat badan bayi yang berasal dari buah-buahan selain pisang. Bayi baru bisa diberikan setelah usia 6 bulan. Alpukat kaya akan lemak nabati yang sehat sehingga bisa meningkatkan berat badan bayi

Di dalam buah alpukat juga terkandung beberapa vitamin dan mineral penting seperti vitamin B6, E, C, K, asam folat, serat makanan, dan asam pantotenat. Anda bisa memberikan alpukat dalam bentuk pure di awal-awal MP ASI.

Ayam

 

Ilustrasi Hati Ayam © Diadona

Daging ayam adalah makanan penambah berat badan bayi yang sehat dan juga bisa meningkatkan berat badan bayi. Daging ayam kaya akan niacin, fosfor, magnesium, Vitamin B6 dan B12. Anda baru bisa memberikan daging ayam setelah bayi berusia 6 bulan.

Daging ayam bisa disajikan dalam bentuk kaldu ayam di awal pemberiannya kepada bayi usia 6 bulan ke atas. Dengan semua manfaat dan kandungan yang dimiliki, rasanya sangat cock menjadikan daging ayam sebagai makanan penambah berat badan bayi

Telur

 

Telur adalah makanan bayi yang sehat dan berasal dari jenis protein hewani. Selain sehat, telur juga bisa menjadi makanan penambah berat badan bayi. Pada telur, terdapat kandungan protein yang tinggi. Selain itu, telur juga mengandung mineral, vitamin A dan vitamin B12.

Pada saat usia 6 bulan, bayi sudah bisa diberikan telur. Akan tetapi, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter anak sebelum memperkenalkan telur kepada anak. Sebaiknya mulailah memberikan kuning telur lebih dulu dan putih telur saat usia 9 bulan.

2 dari 4 halaman

Makanan Bayi 7 Bulan Penambah Berat Badan

Makanan yang baik pada bayi tak hanya mampu menyehatkan tubuh bayi, tapi juga mampu meningkatkan berat badan bayi khususnya untuk bayi 7 bulan. Karena itu, penting bagi orang tua untuk mengetahui apa saja makanan bayi 7 bulan penambah berat badan pada bayi. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan bayi 7 bulan penambah berat badan yang bisa kamu berikan kepada bayimu.

Pisang

 

Ilustrasi Buah Pisang © Diadona

Makanan penambah berat badan bayi 7 bulan yang bisa membantu menambah berat badan adalah pisang. Pisang memliki kandungan karbohidrat, kalium, serat, vitamin C dan B7. Selain itu, pisang juga memliki kandungan 100 kalori, terbaik dari[pad buah lainnya. Oleh karena itu pisang cocok banget dijadikan sebagai makanan penambah berat badan bayi.

Kentang

 

Selain pisang, kentang juga bisa dijadikan sebagai alternatif lain makanan penambah berat badan bayi 7 bulan. Mengapa? karena kentang kaya akan karbohidrat yang baik untuk meningkatkan berat badan. Selain itu, kentang juga memiliki kandungan citamin C, vitamin B7, fosfor, dan mangan. Selain kandungan gizinya yang baik untuk meningkatkan berat badan bayi, kentang juga memiliki tekstur yang lembut sehingga cocok untuk dijadikan sebagai makanan penambah berat badan bayi.

Ubi Jalar

 

Ilustrasi Ubi Jalar Kuning © Diadona

Ubi jalar mengandung serat, kalium, vitamin C, vitamin B7, zat besi, tembaga, dan beta-karoten. Kehadiran antioksidan beta-karoten dalam ubi jalar akan dikonversi menjadi vitamin A oleh tubuh.

Nah, vitamin A sangat penting untuk kulit, tulang, dan mata janin. Ubi jalar juga dapat membantu meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh. Dengan semua kandungan dan manfaat yang ada, Ubi jalar sangat cocok dijadikan sebagai makanan penambah berat badan bayi 7 bulan penambah berat badan. Ubi jalar bisa diolah dengan berbagai cara, mulai dari ditumbuk, dibakar, direbus, atau digoreng.

3 dari 4 halaman

Resep Makanan Bayi 9 bulann Penambah Berat Badan

Saat si Kecil berusia 9 bulan, menu makanan hariannya adalah masakan keluarga, yang masih dicincang atau disaring kasar bila perlu. Pada usia ini, bahan untuk membuat makanan bayi 9 bulan dapat disamakan dengan orang dewasa, namun rasanya harus disesuaikan. Nah, kalau kamu masih bingung untuk memberikan makanan bayi 9 bulan apa yang cocok dihidangkan untuknya, kamu bisa mencoba kunmpulan resep makanan bayi 9 bulan penambah berat badan berikut ini.

Resep Makanan Penambah Berat Badan Bayi 9 Bulan Apple stew dengan Cinamon

 

Apel Strew © Diadona

 

Makanan penambah berat badan bayi 9 bulan ini dinilai mempunyai nilai gizi yang bik karena mengandung kadar vitamin A, zat besi dan asam folat yang baik untuk pertumbuhan bayi.

Bahan-bahan:
- 1 buah apel
- Air secukupnya
- Bubuk kayu manis secukupnya

Cara membuat:
- Masak irisan apel yang telah dikupas dan dipotong dadu, dalam air mendidih.
- Haluskan apel yang telah dikukus dengan blender atau toples mixer. Jika sudah halus, saringlah apel dengan alat penyaring berlubang kecil.
- Setelah tersaring dengan halus, tambahkan sejumput bubuk kayu manis. Aduk rata dan sajikan.

Resep Makanan Penambah Berat Badan Bayi 9 Bulan Pure Pisang dan Alpukat

 

Ilustrasi Pure Pisang dan Alpukat © Diadona

Pisang dan alpukat menjadi paduan yang sangat baik sebagai makanan penambah berat badan bayi 9 bulan. Kedua jenis makanan bayi 9 bulan ini kaya akan kalium dan asam folat yang membantu meningkatkan pertumbuhan tulang dan otak bayi.

Bahan-bahan:
- Satu buah pisang
- Setengah buah alpukat
- ASI atau susu formula secukupnya

Cara membuat:
- Cuci bersih pisang dan alpukat.
- Kupas pisang dan alpukat.
- Keruk bagian dalam alpukat, pastikan yang diambil hanya daging buahnya saja.
- Blender masing-masing buah dan tambahkan susu formula hingga tercampur rata.
- Sajikan.

Resep Makanan Penambah Berat Badan Bayi 9 Bulan Pure Jagung dan Bayam

 

Pure Jagung dan Bayam © Diadona

Makanan penambah berat badan bayi 9 bulan ini sangat bermanfaat karena kaya akan serat yang bagus untuk memelihara organ pencernaan pada bayi.

Bahan-bahan:
- Satu buah jagung manis berukuran sedang
- 15 lembar daun bayam
- 5 sdm air matang

Cara membuat:
- Cuci bersih jagung manis dan bayam.
- Rebus jagus manis sampai empuk dan mengeluarkan aroma, kemudian serut.
- Masukan bayam ke dalam air mendidih, masak dengan api kecil kira-kira selama 10 menit.
- Campur bayam dengan jagung, dan masukan 5 sdm air matang.
- Blender sampai halus.
- Saring sampai tidak ada serat-serat kasar yang tersisa.
- Sajikan.

4 dari 4 halaman

Resep Makanan Bayi 6 Bulan Penambah Berat Badan

Kesehatan anak adalah prioritas paling utama bagi orang tua. Apalagi jika sudah menginjak umur 6 bulan, pertumbuhan dan perkembangan bayi sedang pada masa emasnya. Dimasa ini penting bagi ibu untukmemperhatikan pertumbuhan berat badan buah hati. Untuk itu ibu harus selalu memperhatikan resep makanannya agar pertumbuhan dan perkembangannya bisa maksimal. Nah, berikut kami rekomendasikan beberapa resep makanan bayi 6 bulan penambah berat badan yang bergizi.

Resep Makanan Penambah Berat Badan Bayi 6 Bulan Bubur Susu

 

Ilustrasi Bubur Susu © Diadona

Bahan-bahan:
- Air matang 150 mili liter
- Susu formula 2 sendok takar atau 50 mili liter asi
- Tepung beras 1 sendok makan munjung (Saya menggunakan Merk Rose Brand)

Cara Membuat:
- Dalam mangkok campur tepung beras dengan 50 mili liter air, aduk rata jangan sampai menggumpal. Sisihkan.
- Selanjutnya panaskan 100 mili liter air dalam panci yang menggunakan api kecil. Tuang larutan tepung beras tadi ke dalam panci, aduk terus sampai meletup-letup.
- Kemudian saring dan tuang kedalam mangkuk lalu atur kekentalan dengan 2 sendok takar sufor atau 50 mili liter asi. Silahkan dikurangi atau tambah takaran apabila terlalu cair atau terlalu padat sesuai selera.

Resep Makanan Penambah Berat Badan Bayi 6 Bulan Bubur Jagung

 

Ilustrasi Bubur Jagung © Diadona

Bahan-bahan:

- Asi 50 mili liter
- Jagung manis 1 buah
- Brokoli 50 gram

Cara Membuat:
- Pertam-tama bersihkan brokoli per kuntum, cuci bersih lalu kukus. Sisihkan.
- Selanjutnya cuci bersih jagung manis, kemudian kukus bersama dengan brokoli.
- Setelah matang campur dengan air, kemudian haluskan biji jagungnya dan brokoli dengan menggunakan blender.
- Masak sebentar dengan menggunakan api kecil.
- Setelah sedikit dingin, campur dengan ASI.
- Lalu saring dengan menggunakan saringan kawat agar benar-benar halus dan tidak ada adonan yang menggumpal.
- Bubur siap disajikan untuk si kecil.

Resep Makanan Penambah Berat Badan Bayi 6 Bulan Beras Merah Ati Ayam

 

Ilustrasi Bubur Beras Merah Ati Ayam © Diadona

Bahan-bahan:
- Nasi merah matang 3 sendok makan
- Ati ayam 2 potong, rebus
- Air matang 3 sendok makan

Cara Membuat:
- Pertama-tama masukkan seluruh bahan ke dalam blender.
- Kemudian nyalakan belendernya lalu tunggu sampai bubur bertektsur halus.
- Tuang adonan ke dalam mangkuk bayi, dan bubur pun siap untuk disajikan.

 

Itulah tadi beberapa kreasi makanan penambah berat badan bayi berbagai usia lengkap dengan resepnya yang mudah dan lezat. Semoga resep tersebut bisa bermanfaat dan menjadi referensi makanan penambah berat badan bayi  bagi para ibu di luar sana. Selamat mencoba!

Beri Komentar