Lebih Ekonomis dari AC, Ilmuwan Ciptakan Cat Dinding yang Dapat Mendinginkan Ruangan

Reporter : Yoyok
Rabu, 4 November 2020 10:50
Lebih Ekonomis dari AC, Ilmuwan Ciptakan Cat Dinding yang Dapat Mendinginkan Ruangan
Bisa dibilang, cat ini dapat membuat kamarmu bisa menjadi lemari es

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa setiap harinya Bumi kita semakin panas. Apalagi di siang hari yang panasnya udah gak ketulungan lagi.

Maka dari itu, idak heran tiap ruangan atau perkantoran menggunakan AC atau Air Conditioner. Apalagi di Jakarta, hampir tiap bangunan pasti memiliki AC.

Namun, selain membutuhkan listrik, penggunaan AC juga dapat merusak lingkungan. Udah merusak, boros duit lagi, ya itulah AC.

Namun, baru-baru ini ditemukan sebuah penelitian yang akan membuat ruanganmu dingin tanpa perlu adanya AC ataupun listrik.

1 dari 4 halaman

Cat Putih Pendingin

Dikutip dari Oddity Central, sebuah penelitian dari Purdue University baru saja mengembangkan sebuah temuan yang bisa dibilang dapat membantu kamu dari ketergantungan terhadap AC. Para ilmuwan disana sedang mengembangkan sebuah cat pendingin yang dapat membuat dingin ruangan.

Cat ini diklaim dapat membuat suhu lebih dingin 7,8 derajat Celcius daripada suhu di sekiatrnya. Dengan begini, kamarmu bisa dingin sendiri tanpa energi listrik lagi deh.

2 dari 4 halaman

Bakal Lebih Dingin

Menurut para peneliti, cat putih biasa dapat memantulkan 80-90 persen sinar matahari dan tidak dapat mencapai di bawah lingkungan sekitarnya. Sedangkan cat putih pendingin ini dapat memantulkan 95,5 persen sinar matahari serta memancarkan panas inframerah dengan jauh lebih efisien.

Cat Putih Pendingin © Diadona

Para ilmuwan di Purdue menghabiskan waktu enam tahun kerja kerar dengan banyak percobaan gagal untuk menghasilkan cat putih pendingin ini. Cat ini mengandung kalsium karbonat, senyawa yang melimpah di Bumi, yang membuatnya menjadi dingin.

3 dari 4 halaman

Warna Lain

AC kamu dapat bekerja secara efisien dikarenakan sinar matahari menyinari ke atap rumah dan dinding, sehingga membuat ruangan di dalam bangunan tersebut menjadi hangat. Cat ini pada dasarnya merupakan AC gratis yang dapat memantulkan sinar matahari serta mengimbangi panas yang diterima dari dalam rumah kamu," ucap Joseph Peoples, salah satu mahasisiwa yang melakukan penelitian tersebut.

Para peneliti bahwa cat putih pendingin ini bakal lebih murah untuk diproduksi daripada cat putih biasanya. Kamu juga tidak memerlukan sebuah AC lagi setelah menggunakan cat ini.

Para ilmuwan kini sedang mengembangkan warna cat lain untuk penelitian mereka.Walaupun tetap warna putih yang paling efisien karena sifatnya yang dapat memantulkan cahaya.

Beri Komentar