12 Cara Membuat Minuman Segar Sederhana, dari Es Buah Variasi, Jus hingga Infused Water

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 10 Desember 2020 10:09
12 Cara Membuat Minuman Segar Sederhana, dari Es Buah Variasi, Jus hingga Infused Water
Males makan buah utuh? Jangan kahwatir, kamu tetap bisa menikmati nutrisi dari buah favoritmu dengan cara dibikin jus, infused water dan es buah soda, yogurt hingga es buah susu.

Cara membuat minuman segar nggak asal memasukkan es batu ke dalam sajian minuman kamu. Lebih dari itu, minuman segar juga kudu punya rasa yang pas. Nggak cuman bikin tubuh kamu terisi dengan air untuk mencegah dehidrasi atau menghilangkan dahaga, tapi juga memuaskan lidah kamu.

Karena negara kita punya banyak macam buah-buahan yang bisa diolah menjadi minuman, kenapa nggak dicoba aja yuk? Di setiap musim selalu ada buah yang sedang panen, sehingga keberadaannya melipah ruah. Sayang banget kalau cuman dimakan doang jadi nggak ada salahnya nih diolah dengan cara membuat minuman segar. Dan jangan salah, nggak cuman diblender untuk jadi minuman jus lho, tapi ada banyak inspirasi lainnya.

Dikutip dari berbagai sumber, yuk intip gimana cara membuat minuman segar berikut ini.

1 dari 4 halaman

Cara Membuat Minuman Segar dari Buah

Cara Membuat Minuman Segar © Diadona

Apa yang kamu pikirkan ketika ada banyak buah di rumah? Dimakan seperti biasa, dijadikan manisan, atau rujak buah kan? Eh, bisa juga nih kamu olah menjadi jus. Berbekal beberapa potong buah, gula pasir, sedikit air dan es batu serta blender, jadi deh minuman jus buah yang sehat dan menyegarkan.

Jus buah juga bisa banget jadi alternatif untuk kamu yang sibuk atau nggak terlalu doyan makan buah dalam bentuk aslinya. Dikutip dari Mayo Clinic, beberapa orang bilang kalau makan buah dengan cara membuatnya menjadi minuman segar seperti jus, lebih baik ketimbang makan buah utuh. Ini karena tubuh bisa menyerap nutrisi lebih baik dan mengistirahatkan sistem pencernaan dari proses mencerna serat yang ada pada buah.

Tapi, beneran nggak nih?

Nggak dong. Malahan nih pengolahan jus membuat hilangnya serat yang sangat diperlukan oleh tubuh. Belum lagi bila dalam cara membuat minuman segar jus tersebut ditambahkan gula dalam jumlah yang terlampau banyak untuk memberikan rasa manis.

Tapi balik lagi nih, jus buah adalah alternatif yang oke bingit untuk kamu yang nggak doyan buah, ingin menambahkan asupan buah atau ingin mencoba jus dari buah yang tidak kamu makan sebelumnya.

Sebelum melangkah ke gimana cara membuat minuman segar jus, kamu kudu tahu dulu nih apa bedanya antara juicer sama blender. Kalau juicer memisahkan cairan dengan pulp buah, sedangkan blender menghancurkan semuanya dan menjadikannya satu. Pilih yang mana yang paling bagus? Tentu ini tergantung pada preferensi pribadi dan tujuan nutrisi.

Cara Membuat Minuman Segar Jus Menggunakan Juicer

Penggunaan juicer bakalan memisahkan antara cairan dengan pulp buah sehingga cuman mengandung serat yang larut. Nutrisi yang dihadirkan juga cuman 70 persen dari kandungan buah. Tapi, nutrisi ini mudah dan cepat dicerna oleh tubuh.

Cara Membuat Minuman Segar Jus Menggunakan Blender

Karena cuman punya single container, maka blender ngak bisa memisahkan antara cairan yang dihasilkan buah dan pulp buah. Makanya mengandungan serat yang larut dan tak larut air sehingga nutrisi yang dihadirkan bisa mencapai 100 persen dari kandungan buah. Nutrisi tersebut memang lebih lambat dicerna oleh tubuh, tapi bikin perut jadi lebih lama kenyang sehingga cocok banget untuk kamu yang lagi diet.

Dalam cara membuat minuman segar dari buah, ada beberapa langkah yang nggak boleh kamu lewatkan. antara lain:

Mencuci Buah

Mencuci buah nggak cukup dengan mengalirkannya di air mengalir, kecuali kamu memilih buah organik yang sudah bebas pestisida. Untuk membersihkannya, kamu perlu merendam buah tersebut dalam larutan air dan campuran sedikit cuka selama beberapa menit trus biarkan mengering sepenuhnya. Tenang aja, kamu nggak bakalan ngerasain rasa asam cuka kok pada jus buah kamu kok.

Perhitungkan Gula pada Jus

Jus buah memang sehat, tapi lain cerita kalau konsumsi jus ini membuat kamu mengkonsumsi banyak kalori karena tambahan gula di dalamnya. Untuk cara membuat minuman segar jus yang lebih sehat, nggak ada salahnya untuk mengganti gula dengan gula rendah kalori, madu, atau memperhitungkan jumlah takarannya. Jangan asal ingin minuman yang manis doang lho ya!

2 dari 4 halaman

Jus dari satu macam buah memang segar dan enak banget, tapi nggak ada salahnya mencoba mengkombinasikan dua macam buah atau buah dan sayur untuk mendapatkan cita rasa yang kaya dan nutrisi yang lebih lengkap. Dikutip dari Food Network, berikut kombinasi dua atau lebih buah yang bisa kamu coba dalam cara membuat minuman segar

Jus Wortel dan Jeruk

Wortel kata akan betakaroten yang baik untuk tubuh. Selain itu rasa wortel bakalan mengimbangi rasa manis dari jeruk.

Bahan :
- 3 buah wortel
- 2 buah jeruk

Cara Membuat Minuman Segar © Diadona

Jus Kiwi - Semangka - Jeruk Nipis

Rasa asam dari kiwi akan terasa segar ketika dicampurkan dengan manis buah semangka dan keasaman jeruk nipis. Kandungan nutrisnya? Jangan ditanya. Kiwi mengandung dua kali jumlah vitamin C harian, tinggi kalium dan asam folat. Sementara semangka punya tingkat likopen dan betakaroten yang tinggi.

Bahan
- 1/4 buah semangka ukuran sedang
- 2 buah kiwi

Jus Strawberry - Apel

Pengen minuman sehat yang manis? Cobain deh campuran antara strawberry dan apel ini. Meski menyegarkan, tapi jus ini juga manis bagaikan makanan penutup.

Bahan
- 2 cup strawberry
- 1 buah apel

Cara Membuat Minuman Segar © Diadona

Jus Mangga - Nanas

Kedua bahan ini menawarkan suasana tropis yang menyegarkan banget dari gabungan buah nanas segar, mangga dan sedikit perasan jeruk nipis.

Bahan
- 1 buah mangga matang
- 2 irisan buah nanas
- 1 sdm air jeruk nipis
- 2 sdm madu
- 100 gr es batu
- 100 ml air dingin

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Minuman Segar dan Sehat

Es buah adalah salah satu variasi minuman dari buah yang sehat dan tentu menyehatkan. Di pasaran, harganya bervariasi banget mulai dari yang ala kaki lima sampai es buah ala restoran. Beda harga tersebut tentu berasal dai beda bahan yang digunakan dalam cara membuat minuman segar ini. Ada yang dicampurkan dengan susu untuk menambhakn cita rasa gurih, ditambahkan santan serta diberikan sedikit air soda untuk sensasi menyegarkannya.

Dikutip dari Brillio.net, berikut variasi resep dan cara membuat minuman segar es buah.

Cara Membuat Minuman Segar © Diadona

Es Buah Santan

Bahan yang diperlukan
- Buah-buahan segar, seperrti mangga, alpukat, melon, nangka, sagu mutiara, pepaya, kolang-kaling dan lainnya. Iris sesuai selera.
- 200 ml santan dari 1 butir kelapa.
- 150 gram gula pasir
- 5 sdm susu kental manis
- 3 lembar daun pandan
- 1/2 sdt garam

Cara membuat es buah santan

- Masak santan bersama daun pandan, gula pasir, dan garam, aduk perlahan agar santan tidak pecah. Angkat terus dinginkan.
- Tambahkan susu kental manis dan aduk rata.
- Masukkan buah-buahan ke dalam gelas atau mangkuk.
- Tambahkan es batu kemudian siram dengan kuah santan.

Es Buah dengan Soda

Bahan
- Buah-buahan segar, seperti mangga, alpukat, melon, nangka, sagu mutiara, pepaya, apel dan buah pir.
- 250 gram gula pasir
- Sirup coco pandan
- 1 liter soda
- es batu

Cara membuat es buah soda

- Pertama, kupas dan cuci semua buah sampai bersih lalu potong kecil-kecil sesuai selera. Campur soda, sirup, es batu dan juga air. Tes rasa.
- Masukkan semua potongan buah pada gelas atau mangkuk, siram dengan campuran soda dan dan sirup.

Es Buah Kuah Jeruk

Kebayang nggak nih segarnya es jeruk ditambah dengan nikmatnya potongan buah segar? Nah kamu bisa mendapatkan kombinasi keduanya dengan cara membuat minuman segar es buah dengan kuah es jeruk.

Bahan
- Potongan buah segar seperti semangka, melon, nanas, strawberry.
- 5 buah jeruk sunkist, ambil airnya
- Gula sesuai selera

- Pertama, bikin kuah es jeruk dulu dengan memeras jeruk sunkist lalu beri beberapa sendok gula pasir untuk rasa manis. Kemudian tes rasa.
- Selanjutnya campur dengan potongan buah segar

Cara Membuat Minuman Segar © Diadona


Es Buah Yogurt

Cita rasa yogurt yang khas banget cocok juga lho untuk campuran es buah. Selain itu yogurt juga merupakan bahan pangan sehat karena mengandung prebiotik. Rasanya bakalan mirip kayak salad buah yang manis dan segar. Bikin yuk!

Bahan
- Buah-buahan seperti pir, anggur, melon, jeruk, nata de coco
- 1 botol yoghurt kemasan sedang, rasa sesuai selera
- susu kental manis sesuai selera

Cara membuatnya

- Kupas buah, cuci dan potong selera
- Masukkan nata de coco, buah, dan jelly di mangkuk.
- Di wadah terpisah, campurkan yogurt, es batu, susu kental manis, aduk dan tes rasa. Tambahkan es batu dan es buah yogurt siap disajikan

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Minuman Segar Sederhana

Cara Membuat Minuman Segar © Diadona

Dalam cara membuat minuman segar yang udah Diadona share barusan tuh kebanyakan mengharuskan kamu memotong buah, menakar bahan lain dan mengeluarkan juicer atau blender, nah, kali ini kamu bisa mendapatkan minuman bervitamin dari buah secara sederhana tanpa harus melakukan segala kerempongan tersebut.

Gimana caranya? Dengan cara membuat minuman segar infused water.

Infused water adalah air yang diisi dengan potongan buah segar untuk menambah rasa. Banyak orang mengatakan kalau infused water ini punya banyak kandungan vitamin dari potongan buahnya, padahal menurut nutritionstripped.com, jumlah vitaminnya nggak sebanyak kalau kita beli minuman vitamin di toko-toko. Tapi ini tetap lebih baik kalau kamu minum minuman yang dijual di toko karena kebanyakan mengandung pemanis dan pengawet. Yuk deh simak dulu cara pembuatan infused water berikut:

Cara Membuat Minuman Segar © Diadona

Infused Water Lemon

Tambahkan 2 buah lemon yang udah diiris tipis ke dalam dua liter air, trus dinginkan selama 2 hingga 4 jam sampai lemon meresap. Aduk rata, buang irisan lemon.

Infused Water Lemon, Jahe dan Kunyit

Campur 1 sendok makan kunyit bubuk, 4 iris jahe segar, 1/2 lemon yang udah diiris ke dalam dua liter air. Trus diamkan sampai 4 jam sampai semua bahan meresap ke air, aduk rata trus buang irisan lemon.

Cara Membuat Minuman Segar © Diadona

Infused Water Timun

Campur 1/4 buah mentimun yang udah diiris dengan 1/2 buah lemon yang udah diiris pada satu liter air dingin. Biarkan campuran meresap setidaknya selama 2 jam atau semalaman biar rasanya makin enak.

Tips cara membuat minuman segar infused water agar nggak pahit

Kesalahan dalam pembuatan infused water ternyata bisa bikin minuamn sehat ini jadi kerasa pahit lho. Mengapa demikian? Kemungkinan ini karena kulit jeruk yang terendam selama lebih dari empat jam. Maka, kupas jeruknya sebelum direndam. Atau kamu juga bisa merendamkanya tanpa kulit selama 4 jam, trus ambil dan tambahkan irisan jeruk untuk membuat penampakan insufed water jadi lebih segar.

Cara membuat minuman segar dan sehat sebenernya simpel banget kan? Tinggal iris buah kesukaan dan campurkan dengan beberapa bahan. Manfaatnya juga banyak banget. Bikin yuk!

Beri Komentar