Begini lho, Tips Mengolah Santan Agar Tak Pecah Ketika Dimasak

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 4 Desember 2020 17:20
Begini lho, Tips Mengolah Santan Agar Tak Pecah Ketika Dimasak
Santan akan pecah ketika dimasak dengan cara yang kurang tepat.

Kuliner Indonesia memang identik dengan masakan yang berkuah santan. Tak heran jika santan adalah salah satu bahan makanan yang cukup sering ditemui di dapur maupun di pasar.

Meskipun santan adalah bahan makanan yang cukup banyak ditemui, namun, mengolah santan itu susah-susah gampang, lho. Jika dimasak dengan cara yang kurang tepat, maka yang terjadi santan akan pecah dan akan merusak makanan.

Santan yang pecah, ditandai dengan munculnya butiran-butiran karena kandungan lemak dan air terpisah. Nah, hal ini akan membuat masakan justru menjadi tidak gurih malah hambar. Padhal santan ini bisa menjadi penguat rasa dalam masakan.

Oleh karena itu, kamu perlu tahu bagaimana memasak santan dengan cara yang tepat. Apa saja itu? Berikut adalah tips and trick-nya.

1 dari 4 halaman

Masak dalam Suhu Rendah

Ilustrasi Santan © Diadona

Masak santan dalam suhu yang rendah. Memasak santan dalam suhu yang tinggi justru akan meningkatkan risiko santan menjadi pecah.

2 dari 4 halaman

Aduk terus

Ilustrasi Memasak Santan © Diadona

Pastikan untuk selalu mengaduk santan ketika sedang dimasak. Hal ini akan mencegah santan cepat pecah dan akan semakin meratakan bumbu masakan agar lebih gurih.

3 dari 4 halaman

Masukkan Santan Paling Akhir

Ilustrasi Santan © Diadona

Nah, yang terakhir adalah selalu masukkan bahan santan paling akhir. Santan sama seperti susu, jika terkena asam bisa menggumpal seperti keju. Maka dari itu, tambahkan santan paling akhir agar mencegahnya pecah. Kamu juga bisa memasak santan di panci yang berbeda. Setelah itu, tambahkan di akhir proses memasak.

Beri Komentar