Sering Dikira Sama, Ternyata Cendol dan Dawet Punya Banyak Perbedaan

Reporter : Nasa
Rabu, 26 Agustus 2020 09:35
Sering Dikira Sama, Ternyata Cendol dan Dawet Punya Banyak Perbedaan
Loh ternyata beda

Cendol dawet, cendol dawet, cendol dawet seger. Tuh kan malah nyanyi. Bukan bukan, di sini admin bukan mau ngajakin nyanyi bareng lagunya Om Didi Kempot. Tapi admin mau mengulas tentang fakta unik tentang cendol dan dawet.

Soalnya banyak yang berasumsi nih, kalau cendol ya sama dengan dawet. Padahal, kedua kuliner itu adalah dua jenis yang berbeda. Kalau sekilas dilihat sih emang mirip. Tapi nyatanya, cendol dan dewat memang miliki banyak perbedaan.

1 dari 4 halaman

Asal

Perbedaan Cendol dan Dawet © Diadona

Perbedaan pertama antara cendol dan dawet adalah daerah asalnya. Cendol berasal dari Sunda, sedang dawet berasal dari Jawa Tengah tepatnya di Banjarnegara. Meski dari daerah yang berbeda, banyak masyarakat yang mengira kalau cendol dan dawet adalah serupa.

2 dari 4 halaman

Bahan Utama Pembuatan

Perbedaan Cendol dan Dawet © Diadona

Cendol dan dawet ini sebenernya sama-sama identik dengan warna hijau, tapi ternyata bahan utama pembuatannya terdiri dari bahan yang berbeda. Jika cendol dibuat dari bahan tepung hunkwe atau tepung kacang hijau.

Maka dawet justru terbuat dari tepung beras. Lalu cendol bisanya diwarnai dengan pewarna makanan, kalau dawet diberi warna hijau alami dari daun suji.

3 dari 4 halaman

Proses Pembuatan

Perbedaan Cendol dan Dawet © Diadona

Kemudian proses pembuatan cendol dan dawet pun juga berbeda. Cendol biasanya dicetak menggunakan alat seperti gelas memanjang dengan lubang-lubang di bagian bawahnya. Alat unik inilah yang membuat bentuk khas cendol jadi lebih panjang.

Sedang dawet dibuat menggunakan saringan berongga, biasanya cara mencetaknya pun juga dilakukan dengan cara menggoyang-goyangkan saringan. Itulah mengapa ukuran dawet jadi lebih pendek.

4 dari 4 halaman

Tekstur

Perbedaan Cendol dan Dawet © Diadona

Karena melalui proses pembuatan dan menggunakan bahan baku utama yang berbeda, cendol dan dawet juga miliki tekstur yang berbeda pula. Biasanya cendol memang lebih kenyal, sedang dawet memiliki tekstur yang lebih lembut dan halus. Seperti lumer di mulut.

Terus kalau cendol biasanya disajikan dengan santal, cairan gula, dan potongan buah nangka. Kalau dawet, biasanya justru disajikan dengan tape ketan, atau lazimnya sih cukup dawet sama santen aja.

Nah itu dia loh guys bedanya. Ternyata cendol dan dawet memang gak sama. Gimana nih, kamu lebih suka yang mana?

Beri Komentar