Sering Dianggap Sama Aja, Ini loh Beda Antara Gula Kelapa dan Gula Aren

Reporter : Nasa
Senin, 31 Agustus 2020 15:32
Sering Dianggap Sama Aja, Ini loh Beda Antara Gula Kelapa dan Gula Aren
Sama-sama gula merah sih, tapi tetep aja beda.

Beda gula kelapa dan gula aren nyatanya memang belum banyak dipahami oleh masyarakat Indonesia secara umum. Selain karena warnanya, kedua jenis pemanis ini sering dikira sama juga karena rasa dan aromanya.

Tapi gak bisa dipungkiri dong kalau kedua jenis gula ini memiliki perbedaan mendasar. Bahkan kedua jenis gula itu punya fungsi dan ciri khas tersendiri. Maka dari itu, penggunaan keduanya juga berbeda.

Nah disinilah pentingnya bisa membedakan antara gula kelapa dan gula aren. Kan gak lucu, kalau ada resep makanan yang harusnya kamu pakein gula kelapa, tapi malah pakai gula aren. Atau malah sebaliknya.

Untuk menghindari itu, yuk simak perbedaan antara gula kelapa dan gula aren yang dihimpun dari lama Merdeka.com :

1 dari 4 halaman

Beda Detail Warna

Beda Gula Kelapa dan Gula Aren © Diadona

Kedua jenis gula ini sebenarnya memiliki warna yang cenderung mirip, yakni warna kecoklatan. Namun umumnya, warna gula aren lebih terang dibanding gula kelapa atau gula Jawa.

Jadi warna gula aren ini biasanya lebih coklat kekuningan,kalau gula kelapa lebih ke coklat gelap kemerahan. Sedang bentuknya cenderung relatif tergantung parbriknya.

2 dari 4 halaman

Beda Rasa dan Tekstur

Beda Gula Kelapa dan Gula Aren © Diadona

Perbedaan selanjutnya adalah pada rasa dan tekstur. Untuk gula aren cenderung lebih empuk dan lembut dibandingkan dengan gula kelapa. Hal ini bisa kamu buktikan saat menyentuh permukaan kedua jenis gula ini.

Gula aren juga cenderung lebih cepat meleleh saat dipanaskan. Saat diolah menjadi isian jajanan pun, gula aren lebih lumer dibanding gula kelapa.

3 dari 4 halaman

Beda Bahan Utama Pembuatan

Beda Gula Kelapa dan Gula Aren © Diadona

Perbedaan berikutnya adalah bahan pembuatannya. Gula aren terbuat dari nira pohon enau atau pohon buah kolang kaling. Nah kalau gula kelapa terbuat dari nira pohon kelapa. Biasanya gula kelapa dibentuk menggunakan batok kelapa.

4 dari 4 halaman

Beda Fungsi dan Kegunaan

Beda Gula Kelapa dan Gula Aren © Diadona

Nah ini yang paling krusial. Kalau gula aren biasanya lebih sering digunakan sebagai pemanis jajanan dan juga minuman. Karena aromanya lebih gurih dan teksturnya yang lebih lembut, gula aren biasanya dijadikan sebagai pemanis minuman cendol.

Sedang gula kelapa yang lebih keras biasanya digunakan sebagai bahan campuran bumbu masakan tradisional. Seperti halnya semur, gudeg, hingga pembuatan kecap.

Itu dia guys beda antara gula kelapa dan juga gula aren. Mulai sekarang jangan sampai keliru lagi ya.

Beri Komentar