11 Makanan Indonesia yang Mendunia, Dari Kuliner Khas sampai Makanan Ringan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 27 Januari 2021 12:57
11 Makanan Indonesia yang Mendunia, Dari Kuliner Khas sampai Makanan Ringan
Makanan Indonesia yang mendunia ini kerap kita kita konsumsi. Malah beberapa diantaranya mungkin sebelumnya kita kira sebagai produk luar, seperti La Fonte atau Silver Queen.

Beberapa makanan Indonesia berhasil mencuri perhatian dan mendunia. Yang unik, beberapa diantaranya adalah menu yang biasa dikonsumsi masyarakat, misalnya bakso dan juga sate.

Kebanyakan, orang luar negeri yang mencicipi makanan Indonesia yang mendunia tersebut jatuh cinta karena kompleksnya cita rasa. Nggak heran sih, hampir seluruh makanan Indonesia diracik dari campuran rempah-rempah.

Masakan indonesia digambarkan memiliki rasa yang kaya, umumnya dideskripsikan sebagai rasa gurih, pedas, asin dan juga manis. Keseruan bumbu tersebut juga dipadukan dengan metode memasak yang beragam, mulai dari menggoreng, memanggang, merebus, menumis dan lainnya.

Lalu apa saja masakan Indonesia yang mendunia? Mulai dari rendang, nasi goreng, gudeg hingga makanan ringan seperti coklat yang diproduksi Indonesia.

Yuk simak dari ulasan Diadona berikut ini.

1 dari 4 halaman

Makanan Khas Indonesia yang Mendunia

Makanan khas Indonesia yang mendunia ini umumnya berharga murah banget di Indonesia, namun bisa berkali lipat di luar negeri. Apa saja?

Rendang

Makanan Terenak di Dunia © Diadona

Selain masuk sebagai makanan Indonesia yang mendunia, rendang juga dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia versi CNN di tahun 2017 lho. Wah, bangganya!

Semenjak saat itu, popularitas rendang sebagai makana khas Indonesia makin mendunia. Beberapa waktu yang lalu, chef kenamaan dunia yaitu Gordon Ramsay mencoba memasak rendang dari pakar kuliner William Wongso dalam acara Gordon Ramsay: Uncharted

Nasi Goreng

Makanan Terenak di Dunia - Nasi Goreng © Diadona

Ada beberapa versi nasi goreng di dunia. Namun menurut voting pembaca CNN, nasi goreng Indonesialah yang paling juara karena kompleksitivitas rasanya. Nggek heran kalau sajian sederhana ini masuk dalam daftar makanan Indonesia yang mendunia.

Sate

Ilustrasi Sate Kelinci © Diadona

Berasal dari masakan Jawa, sate kemudian menyebar ke hampir semua tempat di Indonesia dan bsia dibilang sebagai hidangan nasional. Sate juga dikenal hingga ke ASia Tenggara seperti Brunai, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand, Bahkan sate juga masuk dalam makanan Indonesia yang mendunia karena sate juga populer sampai ke Belanda dan Suriname.

2 dari 4 halaman

Gudeg

Ilustrasi Gudeg © Diadona

Langkah para penjual gudeg untuk membuat sajian ini sebagai makanan khas Indoensai yang mendunia telah mulai dirintis dengan metode pengemasan gudeg dalam kaleng. Hasil dari riset yang dilakukan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia menyebut kalau gudeg yang duah dikemas dalam kaleng ternyata bsia bertahan selama dua tahun dengan rasa yang tak berubah dibandingkan dengan gudeg biasa.

Saat ini, gudeg adalag menu hotelo berbintang lima di Yogyakarta dan selalu menjadi piliahn utama serta disukai turis mancanegara. Dalam kunjungannya untuk berlibur di Indonesia beberapa waktu yang lalu, Presiden Amerika Serikat yang ke-44 menyicipi suguhan gudeg ini.

Tempe

Ilustrasi Tempe Goreng © Diadona

Meski merupakan bahan makanan yang murah meriah, namun tempe menjadi makanan yang mahal di luar negeri lho. Dalam kaitannya dengan kesehatan, protein dalam tempe jauh lebih mudah dicerna ketimbang kedelai yang dimasak. Tempe pertama kali menarik perhatian publik Amerika serikat di tahun 1970-an melalui upaya kelompok vegetarian. Di tahun 1980-an, tempe disebut-sebut sebagai makanan ajaib baru di seluruh Amerika Utara, Eropa, dan sebagian Asia, terutama Jepang

3 dari 4 halaman

Produk Makanan Indonesia yang Mendunia

Nggak cuman makanan, ada juga beberapa produk makanan Indonesia yang berhasil go Internasional. Apa aja nih?

La Fonte

La Fonte © Diadona

Mungkin kamu mengira aklau produk pasta ini berasal dari luar negeri. Ya kan? Salah dong. Sebenarnya ini diproduksi oleh PT. Bogasari, dan jadi produk makanan Indonesia yang mendunia karena sukses diterima di Hong Kong, Malaysia, Thailand, Korea, dan juga Filipina.

Equil

Adalah air minum premium yang udah mulai menduduki pasar internasional seperti Singapura, Australia, Hongkong, dan masih banyak negara lain. Minuman berpenampilan elegan ini dibuat dari mata air Gunung Salak dan dikemas di Sukabumi, Jawa barat. Harganya lumayan maha lho, skeitar Rp. 30 ribu untuk kemasan ukuran 380ml.

4 dari 4 halaman

Makanan Ringan Indonesia yang Mendunia

Produk GarudaFood © Diadona

Selain itu ada juga nih makanan ringan Indonesia berikut juga bsi kamu temui di beberapa rak supermarket di luar negeri.

Garuda Food

Garuda Food bekerja sama dengan negara-negara ASEAn kayak Filipina, Vietnam dan Thailand dan membuat produknya berhasil menembus beberapa pasar Asia. Tapi, beberapa produk mereka juga menembus pasar Eropa dan Amerika

Kopiko

Jangan kaget kalau kamu menemukan permen rasa kopi ini ada di rak-rak supermearket di Amerika atau Inggris.

Indomie

Nggak cuman dicintai di dalam negeri, Indomie jadi salah produk makanan Indonesia yang mendunia lho. Coba deh kamu seraching di youtube, banyak food vlogger luar negeri yang mencoba dan menyatakan jatuh cinta dengan mie instan satu ini.

Silver Queen

Dari nama dan ketenarannya, mungkin kamu juga mengira kalau produk ini dibuat di luar negeri. Namun ternyata nih Silver Queen adalah produk asli Indonesia lho. Rasa dan tampilannya emang udah internasional banget, nggak heran kalau udah diterima di belasan negara di dunia.

Makanan Indonesia yang mendunia dalam daftar tersebut emmang yang terbaik di kelasnya. Nggak salah deh kalau disukai banyak orang. Nah kalau menurutmu, produk makanan Indonesia apa aja yang orang luar wajib coba dan pasti suka?

Beri Komentar