10 Makanan Terpedas di Dunia ini Siap Bikin Lidah Kamu Terbakar, Berani Coba?

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 26 Januari 2021 20:50
10 Makanan Terpedas di Dunia ini Siap Bikin Lidah Kamu Terbakar, Berani Coba?
Makanan terpedas di dunia mengkombinasikan varian cabai paling pedas dengan bumbu 'panas' lainnya. Rasanya gimana ya?

Makanan terpedas di dunia diracik dari cabai yang paling pedas diantara saudaranya. Ditambah dengan campuran rempah lain membuat rasa yang ditonjolkan makin kuat, juga memberikan rasa tertentu pada makanan untuk menyeimbangkan rasa pedasnya.

Kamu pecinta pedas? Atau malah nggak suka dengan pedas sama sekali? Mungkin kamu menemukan seseorang yang berkebalikan denganmu mengenai selera pedas ini. Ada yang suka banget dan ada yang nggak suka banget. Tapi mengapa ya toleransi rasa pedas seseorang bisa berbeda-beda? Ternyata ada jawaban ilmiahnya lho.

Chef Bill Phillips, ahli makanan pedas dan profesor di Culinary Institute of America bilang kalau rasa sakit atau perasaan menyiksa yang dirasakan seseorang yang suka makan pedas saat penyantap makanan tersebut sebenarnya cuman ada di kepala mereka.

Pedas sebenarnya nggak bikin rasa sakit fisik pada tubuh atau sistem pencernaan. Rasa panas karena makan pedas yang biasanya orang rasakan itu hadir karena molekul kimiawi yang ada di cabai, seperti capsaicin merangsang reseptor rasa sakit di lidah yang berkaitan dengan suhu.

Jadi, rasa pedas tersebut lebih merupakan sensasi suhu, bukan benar-benar lidah yang sedang terbakar, gitu.

Eh balik lagi ke makanan terpedas di dunia yuk. Walaupun kamu yang pecinta pedas nggak sempet mencicipinya karena tersebar hingga ke benua lain, atau kamu yang nggak suka pedas emang nggak berencana mencicipinya, kepoin aja nih daftarnya dalam ulasan Diadona berikut ini.

1 dari 3 halaman

Makanan Paling Pedas di Dunia

Daftar makanan terpedas di dunia berikut ini nggak cuman pedas doang, tapi juga juga cukup populer karena punya cita rasa yang khas.

Makanan terpedas di dunia ini bisa kamu temukan di beberapa restoran atau siapa tahu mungkin kamu ingin mencobanya sendiri di rumah dengan menggunakan berkilo-kilo cabai merah?

Dikutip dari berbagai sumber, berikut daftar makanan terpedas di dunia:

Jerk Chicken

Makanan Terpedas di Dunia - Jerk Chicken © Diadona

Kata 'jerk' yang berarti dalam bahasa Indonesia berkaitan dengan pada kata yang kurang baik ini bukan berarti ayamnya nggak biak lho ya. Jerk sebenarnya mengacu pada gaya memasak di mana bahan utamanya berupa ayam dilapisi dengan rempah-rempah dan dimasak perlahan di atas api atau panggangan.

Proses memasak makan terpedas di dunia ini dilakukan dengan metode tradisional, yakni kayu pimento hijau diletakkan di atas bara api. Nah, asap yang dihasilkan adalah kunci cita rasa hidangan.

Bahan utamanya adalah scotch bonnet atau habanero pepper, salah satu varian cabe yang pedas banget dan allspice yaitu lada Jamaica. Ditambahkan juga dengan kayu manis, daun bawang, pala, timi, dan bawang putih.

Suicide Chicken Wings, Amerika

Makanan Terpedas di Dunia - Suicide Chicken Wings © Diadona

Pecinta sayap ayam boleh merapat nih, ada sayap ayam dalam makanan terpedas di dunia dalam daftar ini. Nama hidangan Amerika ini lahir karena resepnya yang terbuat dari bumbu cabai cincang, saus cabai merah panas, lada, dan banyak potongan cabai merah. Oh, nggak cuman itu doang nih, ada juga campuran cabai Meksiko, Korea dan China.

Sik Sik Wat, Ethiopia

Sik Sik Wat © Diadona

Bayangin menumis bawang di atas panci tanpa menggunakan minyak, trus tambahkan lemak daging dengan tambahan rempah-rempah seperti jahe, bawang putih, fenugreek, cabai dan juga paprika dan kemangi serta potongan daging. Ditambahkan juga rue, sejenis tanaman herbal dengan aroma hyang kuat. Nah, itulah yang disebut dengan Sik Sik Wat

Hidangan dari Ethiopia ini menjadi salah satu makanan terpedas di dunia karena lada hitam dan berbere, campuran rempah-rempah Etiopia termasuk cabai merah panjang dan kering.

2 dari 3 halaman

Masakan Terpedas di Dunia

Griot, Haiti

Griot, Haiti © Diadona

Adalah hidangan babi yang lezat banget di mana dagingnya direndam dengan aus pedas yang terdiri dari cuka sari apel, acar cabai pedas, dan cincangan cabai habanero. Selanjutnya daging direbus atau digoreng sampia empuk.

Kadang, daging disajikan dengan saus jeruk pahit, tetapi lebih sering saus diubah menjadi Sauce Ti-Malice yaitu saus khas Haiti yang pahit. Perpaduan antara daging babi yang gurih, bumbu yang dipadukan, dan saus pedas yang agak pahit membuat hidangan ini masuk dalam daftar makanan terpedas di dunia.

Spicy Goanese Curry Vindaloo, India

Spicy Goanese Curry Vindaloo © Diadona

Adalah kari pedas India yang punya aroma asam dan cuka. Warnanya merah cerah, membuatnya beda dengan kari ayam lainnya. Rasa pedas asamnya dibuat dari cuka dan juga cabai merah kering pedas, menciptakan cita rasa yang unik dan berbeda. Ada juga campuran bawang putih, jahe, bawang bombay dan juga rempah-rempah utuh. Wah, kebayang nggak tuh?

Otak-Otak, Asia Tenggara

Otak - Otak © Diadona

Kamu pasti pernah mendengar atau pernah mencicipi masakan ini kan? Tapi kenapa bisa masuk dalam makanan terpedas di dunia ya?

Otak-otak punya konsistensi seperti puding, dibuat dari daging ikan yang berbumbu tradisional yang dicampur dengan santan trus dibungkus dengan daun pisang. Otak-otak itu kemudian dipanggang. Di beberapa negara, ditambahkan pasta cabai pada campuran tersebut yang membuat makann ini jadi berwarna kemerahan, orange atau coklat. Sedangkan versi Indoensia tanpa penggunaan pasta cabai sehinga warnanya cenderung pucat.

3 dari 3 halaman

10 Makanan Terpedas di Dunia

Lanjutin yuk makanan terpedas di dunia sampia mencapai 10 menu.

Neua Pad Prik, Thailand

Neua Pad Prik © Diadona

Salah satu makanan terpedas di dunia ini disebut juga dengan steak lada Thailand. Untuk membuatnya cukup masak bumbu bumbu seperti bawang merah, kemangi, dan bawang putih dengan beberapa potong daging sapi iris trus tambahkan cabai rawit yang pedes banget.

Apakah kamu pernah mendengar yag namanya skala Scoville untuk mengukur tingkat kepedasan? Dalam skala ini, skala nggak pedas adalh 0 sampai 700, sedikit menyengat berada di angka 700 sampai 3 ribu dan terus naik sampai tingkat sangat menyengat yakni di atas 80 ribu. Dan untuk Neua Pad Prik, skala pedasnya terukur di angka 100 ribu sampai 250 ribu lho. Wah!

Cau-Cau, Peru

Cau-Cau © Diadona

Yaitu babat lezat dengan sup kentang yang dibumbui dengan Aji Amarillo. Apa itu? Yakni cabai kuning yang pedas banget. Rasanay sedap dari babat sapi dan bumbu kombinasi bawang putih, bawang merah, jintan dan juga kunyit.

Kimchi Jjigae, Korea

Ilustrasi Masakan Kimchi Timun © Diadona

Kamu mungkin pernah menyantap makanan Korea ini dan ngerasa bingung, kok bisa masuk dalam daftar makan terpedas di dunia? Namun ada beberapa restoran yang menyajikannya dalam versi pedas banget.

Rasa pedasnya yang nendang bukan karena komposisi cabenya karena bahan yang digunakan 'hanyalah' bawang hijau, bawang putih, tahu, jamur, dan cabai merah yang memang dalam jumlah lumayan banyak. Tapi, tekniklah yang utama. Perebusan kimchi ini secara perlahan sampai rebusannya benar-benar meresap dan kaldu mencapai tingkat kepedasan yang diinginkan.

Ditambah lagi, kimchi jjigae disajikan dalam keadaan panas mendidih. Wah, makin pedas dong!

Sichuan Hot-Pot, China

Sichuan Hot Pot © Diadona

Makan terpedas di dunia ini dibuat dengan menyeduh bawang putih, bawang merah, dan paprika Sichuan dalam kaldu mendidih selama beberapa jam. Nah, paprika Sichuan ini nih yang bikin pedas banget dan dikenal bisa membuat mati rasa. Proses penyeduhan bakalan bikin paprika ini makin mengeluarkan senjatanya.

Sebelum hidangan diangkat, dimasukkan daging mentah dan juag beberapa jenis sayuran.

Itu tadi daftar makanan terpedas di dunia. Tertarik mencobanya?

Beri Komentar