Tanda-Tanda yang Ditunjukkan Balita Saat Sudah Kenyang, Jangan Dipaksa Moms!

Reporter : Audila Rima Ndani
Selasa, 2 Februari 2021 16:37
Tanda-Tanda yang Ditunjukkan Balita Saat Sudah Kenyang, Jangan Dipaksa Moms!
Jangan lakukan hal ini untuk membuat balita menghabiskan makanannya.

Memenuhi kebutuhan nutrisi anak adalah kewajiban kita sebagai orang tua. Saat mereka masih balita, kita masih menjadi penentu dari makanan yang mereka konsumsi.

Tapi kegiatan makan mungkin terasa nggak mudah bagi beberapa orang tua. Kenyataannya banyak anak yang sering rewel jika sudah masuk waktunya makan.

Bahkan mereka bisa mogok makan di tengah jalan dan nggak mau menghabiskan makanannya. Biasanya hal ini dilakukan karena anak sudah merasa kenyang.

Tapi banyak orang tua yang malah emosi saat anaknya nggak mau menghabiskan makanan mereka. Untuk itu, penting mengetahui tanda-tanda yang ditunjukkan anak saat sudah kenyang.

1 dari 3 halaman

Tanda-tanda anak sudah kenyang

ilustrasi anak menangis © Diadona

Dilansir dari Baby Centre, berikut beberapa tanda yang ditunjukkan balita saat mereka sudah kenyang:

1. Tutup mulut saat ditawari makanan.

2. Mengatakan " tidak" atau memalingkan muka dari makanan yang ditawarkan.

3. Mendorong sendok, mangkuk atau piring berisi makanan.

4. Menolak untuk menelan makanan atau memuntahkannya.

5. Bersandar dari kursi tingginya atau mencoba untuk keluar.

6. Menangis atau berteriak.

7. Muntah

Saat balita mulai menunjukkan tanda-tanda kenyang, kita bisa menyingkirkan piring dari hadapannya meski mereka belum makan terlalu banyak. Biasanya mereka akan makan dengan lahap di waktu makan berikutnya jika nggak mau menghabiskan yang sekarang.

2 dari 3 halaman

Hal yang nggak boleh dilakukan untuk membuat anak mau makan

Ilustrasi Anak Makan © Diadona

Banyak orang tua yang merasa frustasi karena anaknya nggak mau menghabiskan makanan mereka dan mencari cara untuk membujuk. Tapi sebaiknya jangan melakukan beberapa hal ini untuk membuat anak mau makan:

1. Jangan memaksa

Nggak masalah memberikan sedikit dorongan lembut agar anak mau menghabiskan makanannya. Tapi jangan sampai kita memaksa dengan langsung menyuapi mereka.

Pemaksaan justru akan membuat balita merasa cemas dan takut. Hal ini justru akan membuat mereka mengalami trauma soal makanan.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi Anak Makan © Diadona

2. Jangan menawarkan makanan berbeda

Balita bisa memanfaatkan situasi jika kita memberikan makanan favoritnya setiap mereka menolak makan. Hal ini bahkan bisa memberikan dampak jangka panjang pada anak.

3. Jangan menawarkan hadiah

Balita biasanya senang dengan makanan pencuci mulut yang biasanya manis. Tapi menjanjikan hal itu sebagai hadiah untuk mereka akan membentuk preferensi yang kurang baik.

Jika kita nelakukannya, mereka akan membuat makanan manis lebih disukai daripada makanan gurih. Hal ini akan membuat mereka sulit menikmati makanan yang lebih sehat saat tumbuh.

Semoga informasi ini bermanfaat ya, Moms!

Beri Komentar