Tips Menghadapi Balita yang Rewel Setiap Makan

Reporter : Audila Rima Ndani
Senin, 1 Februari 2021 07:37
Tips Menghadapi Balita yang Rewel Setiap Makan
Yuk, ikuti tipsnya Moms!

Setiap orang tua tentu selalu ingin memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Hal itu biasanya dilakukan dengan memberikan makanan sehat dan bergizi setiap hari.

Namun momen makan bersama si kecil kadang nggak selalu berjalan mulus. Beberapa balita sering menunjukkan tingkah rewel dan sulit diajak kerjasama saat sedang makan.

Apalagi jika mereka belum terlalu lancar bicara dan nggak bisa mengungkapkan apa yang sebenarnya diinginkan. Kondisi ini tentu bikin kita sebagai orang tua jadi pusing dan frustasi.

Tapi dilansir dari Baby Centre, kebanyakan balita biasanya akan tetap memenuhi kebutuhan makan mereka meski kadang-kadang menolak. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kerewelan balita saat makan.

1 dari 4 halaman

Ajak makan bersama keluarga

Ilustrasi Anak Makan © Diadona

Balita belajar makan makanan baru dengan memperhatikan dan meniru orangtuanya. Menghabiskan waktu makan bersama dengan keluarga akan membuat mereka bisa menikmati waktu makan seperti apa yang dia lihat dari orang lain.

Jangan lupa untuk memberitahu anak bahwa kita menikmati makanan yang kita makan. Dengan begitu, mereka akan lebih mau mencoba untuk makan dengan lebih baik.

2 dari 4 halaman

Buat rutinitas

Ilustrasi Anak Makan © Diadona

Buat sebuah rutinitas makan harian sesuai dengan pola tidur anak. Biasanya rutinitas tersebut mencakup tiga kali makan dan dua atau tiga kali camilan bergizi.

Balita akan berkembang mengikuti rutinitas dan memahami apa yang bisa diharapkan dalam waktu-waktu makan tersebut. Sebaiknya beri anak camilan atau minuman kecil sebelum tidur siang.

3 dari 4 halaman

Buat balita tetap tertarik

Ilustrasi Anak Makan © Diadona

Saat makan siang dan makan malam, kita bisa memberikan makanan gurih yang diikuti oleh makanan penutup bergizi seperti buah. Setelah satu kali makan, balita mungkin bosan dengan satu rasa itu dan ingin mencoba sesuatu yang baru.

Selain mengonsumsi kalori dan nutrisi yang dibutuhkan, kita bisa memberikan variasi makanan yang lebih luas. Tapi jangan menjanjikan balita makanan manis setelah makanan gurih karena hal itu akan membuatnya kurang menginginkan makanan gurih.

4 dari 4 halaman

Libatkan balita

Ilustrasi anak makan buah © Diadona

Setelah balita tumbuh cukup besar, ajak mereka belanja makanan untuk membuatnya lebih mengenal bahan-bahan yang dia makan. Dia juga bisa diajak membantu mengatur meja makan sebelum makan.

Kegiatan kecil ini akan mendorong kebiasaan makan yang positif. Bahkan jika kita bisa meminta mereka terlibat sedikit saat memasak, mereka akan lebih mau menghabiskan makanan di piringnya.

Semoga informasi ini bisa membantu ya, Moms!

 

Beri Komentar