Bagaimana Cara Membiasakan Buah Hati Berani Jujur?

Reporter : Riza Umami
Minggu, 31 Januari 2021 08:17
Bagaimana Cara Membiasakan Buah Hati Berani Jujur?
Ini Mom caranya.

Kejujuran adalah salah satu nilai yang penting untuk diajarkan orang tua pada anak. Bahkan, Mom sudah bisa mulai mengajarkan kejujuran kepada buah hati sejak dia masih kecil. Karakter anak yang berani jujur ini akan sangat berguna sampai dia dewasa nanti.

Lantas, kira-kira bagaimana ya Mom cara yang bisa kita lakukan untuk mulai membiasakan anak berani jujur seperti ini? Salah satu unggahan di akun Instagram @parentalk.id menjelaskan tentang cara membiasakan buah hati untuk berani jujur.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi anak-anak gembira © Diadona

Pertama yang perlu ibu lakukan adalah menjadi orang tua yang seperti mercusuar untuk anaknya. Maksudnya yaitu ibu memberikan kepercayaan pada anak untuk menghadapi masalah yang diibaratkan sebagai ombak dalam hidupnya. Ibu pun tetap melindungi dan membimbing anak. Ketika dia salah, tak perlu tak dihakimi tetapi cobalah untuk menerima kesalahan anak tersebut lalu arahkan dia pada hal yang lebih baik.

Yang kedua, perhatikan kebiasaan Mom sebagai orang tua. Mungkin secara tak sadar, ibu telah melakukan kebohongan-kebohongan kecil pada anak misalnya sebenarnya ibu merasa lapar tetapi Mom bilang tidak lapar agar makanannya bisa dimakan lebih dulu oleh anak. Meski kebohongan ini untuk kebaikan, alangkah lebih baiknya untuk mulai jujur dengan segala hal karena anak banyak meniru dari orang tuanya.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Anak-Anak © Diadona

Yang ketiga yaitu Mom perlu untuk mendukung kemandirian anak. Makin dewasa, buah hati semakin ingin mengatur hidupnya sendiri dan tidak terlalu suka ketika orang tua malah terus-terusan mengaturnya. Oleh sebab itu, hindari menjadi orang tua yang over protektif pada anak karena hal ini akan membuat anak makin berontak dan suka berbohong pada orang tua. Berikan anak ruang dan kepercayaan untuk memilih pilihannya sendiri.

Yang keempat, buatlah aturan dan konsekuensi yang sesuai. Jangan lupa untuk berdiskusi dan membahasnya bersama anak saat ibu membuat aturan tersebut. Bila dilibatkan langsung seperti ini, anak pun akan lebih mempunyai rasa tanggung jawab untuk menerima konsekuensi saat dia melanggar aturan tersebut.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi Anak Perempuan © Diadona

Terakhir, ketika anak sudah berani jujur, jangan sampai ibu malah marah-marah dan mengomelinya. Saat buah hati berbuat salah dan dia berani jujur mengatakannya, tenangkan dulu diri ibu dan jangan sampai tersulut emosi. Tempatkan diri sebagai teman curhat anak yang nyaman dan diskusikanlah dengannya bagaimana cara memperbaiki atau mengatasi kesalahan tersebut.

Nah, itulah beberapa cara bagaimana membiasakan buah hati berani jujur sedari dia kecil sampai besar. Semoga cara-cara tersebut bisa bermanfaat dan menjadikan anak sebagai pribadi yang berani jujur meski dalam situasi yang sangat sulit sekalipun.

Beri Komentar