Cara Menjadi Ibu yang Bahagia Sembari Mengurus Anak dan Rumah

Reporter : Riza Umami
Selasa, 2 Februari 2021 08:17
Cara Menjadi Ibu yang Bahagia Sembari Mengurus Anak dan Rumah
Berbagai kesibukan ibu terkadang bisa terasa sangat melelahkan dan bikin stres. Ini beberapa cara yang bisa ibu lakukan agar bisa menjadi lebih bahagia.

Banyaknya aktivitas yang dilakukan Mom setiap hari, mungkin akan terasa melelahkan. Harus beres-beres rumah, memasak, merawat anak dan masih banyak lagi. Dengan banyaknya kesibukan ini, ibu pun jadi lupa memikirkan diri sendiri sehingga tanpa disadari rasa lelah bercampur stres itu makin menumpuk tiap hari.

Yuk mulai memikirkan kebahagiaan diri sendiri sembari membesarkan anak. Kalau bukan Mom siapa yang akan memikirkan kebahagiaan diri sendiri? Dilansir dari laman theasianparent.com, berikut ini ada beberapa cara yang bisa ibu lakukan agar bahagia.

1 dari 3 halaman

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Yang pertama, sadari bahwa Mom memang dalam kondisi yang lelah dan juga merasa stres. Ibu tak punya kekuatan super yang bisa melakukan semuanya dengan seorang diri. Jangan terus-menerus ditahan dan pura-pura bahwa ibu baik-baik saja padahal kenyatannya tidak.

2 dari 3 halaman

Kedua, pastikan ibu istirahat dengan cukup. Jadwal tidur ibu bisa sangat berantakan apalagi kalau punya anak yang masih bayi. Mungkin ibu jadi kurang tidur karena si kecil menangis sepanjang malam. Bila terjadi seperti ini, pastikan ibu dan ayah bergantian untuk mengurus anak agar tetap bisa mendapatkan istirahat yang cukup.

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Yang ketiga dan tak boleh disepelekan adalah me time. Me time ini sangat penting sekali untuk dilakukan apalagi dalam kondisi ibu yang lagi capek dan stres. Coba luangkan waktu sejenak untuk melakukan hal yang disuka dan bisa menyegarkan pikiran dan hati. Anak bisa dijaga dulu oleh suami, orang tua atau mungkin kerabat.

3 dari 3 halaman

Berikutnya, peran pasangan sangat penting untuk kebahagiaan ibu. Pastikan ibu terbuka bila ada kendala yang dihadapi kepada suami dan jangan hanya disimpan sendiri. Komunikasikan pada suami bahwa ibu ingin pembagian tugas yang jelas dalam mengurus anak dan rumah, jangan hanya ditanggung semua sendiri karena pasti ada titik di mana ibu akan merasa begitu lelah.

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Terakhir, jangan lupa untuk makan makanan yang bergizi dan juga enak. Makan hidangan yang lezat bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan rasa stres yang dirasakan. Selain itu, ibu tentu harus mendapatkan asupan yang bergizi agar tetap sehat dan bugar sehingga bisa menjalani hari dengan semangat. Itulah beberapa cara yang bisa ibu lakukan agar menjadi pribadi yang lebih bahagia sembari mengurus anak dan rumah. Semoga membantu ya Mom.

Beri Komentar