Kapan Anak Mulai Nggak Perlu Tidur Siang Lagi?

Reporter : Audila Rima Ndani
Senin, 1 Februari 2021 16:37
Kapan Anak Mulai Nggak Perlu Tidur Siang Lagi?
Beberapa anak mulai rewel dan nggak mau tidur siang, kapan harusnya berhenti?

Saat anak masih bayi, kegiatan mereka mungkin hanya diisi dengan makan dan tidur saja. Bayi memang cenderung lebih sering tidur daripada terjaga.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, anak akan tumbuh dan lebih aktif melakukan banyak hal. Waktu tidur mereka mungkin nggak akan sesering saat bayi dulu.

Sementara itu, beberapa orang tua terus membiasakan anak mereka untuk mendapatkan waktu tidur siang. Kita mungkin juga penasaran, kira-kira kapan sih anak mulai nggak perlu tidur diang lagi?

1 dari 4 halaman

ilustrasi anak tidur © Diadona

Dilansir dari Baby Centre, sebagian anak sudah berhenti tidur siang di usia dua tahun meski mereka masih membutuhkannya untuk bisa tetap aktif sepanjang hari. Tapi kebanyakan anak mulai berhenti tidur siang saat mereka berusia empat tahun.

Katanya sih kebutuhan tidur siang pada tiap anak itu berbeda. Kebutuhan waktu tidur siang pada beberapa anak bergantung pada waktu tidur mereka di malam hari.

2 dari 4 halaman

ilustrasi anak tidur © Diadona

Tapi secara umum, anak berusia empat tahun mendapatkan tidur yang baik selama 12 sampai 14 jam. Jadi saat anak mulai tidur jam 8 malam sampai jam 8 pagi, maka mereka telah mendapatkan waktu istirahat penuh.

Selain itu, jangan heran jika anak kembali tidur siang beberapa minggu atau bulan setelah berhenti. Hal ini biasanya terjadi terutama saat ada perubahan dalam rutinitas mereka.

3 dari 4 halaman

ilustrasi anak tidur © Diadona

Jika anak tidur kurang dari 12 jam di malam hari, idelanya mereka harus mendapatkan tidur siang. Tapi kita mungkin menyadari bahwa seiring bertambahnya usia, semakin sulit untuk membuat anak tidur di siang hari.

Balita dan anak prasekolah sangat ingin menemukan dunia mereka sehingga nggak suka melewatkan apa pun yang terjadi di sekitarnya. Makanya seringkali mereka sulit untuk diajak tidur siang.

4 dari 4 halaman

ilustrasi anak tidur © Diadona

Anak berusia di bawah empat tahun biasanya juga mulai menolak untuk diajak tidur siang. Saat hal ini terjadi, sebaiknya kita mencoba untuk menerapkan waktu tenang setiap hari.

Jelaskan pada anak tentang pentingnya beristirahat di siang hari. Katakan pada anak bahwa hal itu dilakukan agar mereka punya cukup energi untuk bermain setelah bangun.

Semoga informasi ini bisa membantu ya!

Beri Komentar