Tips Menghentikan Kebiasaan Gigit Kuku pada Anak

Reporter : Audila Rima Ndani
Selasa, 2 Februari 2021 07:37
Tips Menghentikan Kebiasaan Gigit Kuku pada Anak
Mengigit kuku tentu merupakan kebiasaan yang nggak baik jika dibiarkan.

Seiring dengan pertumbuhannya, anak mengembangkan kebiasaan baru dalam kehidupan mereka. Beberapa kebiasaan itu tentu ada yang baik dan ada yang buruk.

Kebiasaan menggigit jari sering terjadi pada anak-anak. Meski cukup umum terjadi, namun kebiasaan ini tentu sebaiknya segera dihilangkan agar nggak terus dilakukan hingga mereka besar.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan anak mulai mengembangkan kebiasaan menggigit jari. Beberapa di antaranya bisa karena bosan, penasaran, hingga untuk menghilangkan stres.

Sebelum sulit dihilangkan, kita bisa membantu akan untuk berhenti melakukan kebiasaan tersebut. Dilansir dari Baby Centre, berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menghentikan kebiasaan gigit kuku pada anak.

1 dari 5 halaman

Merawat kuku

anak gigit kuku © Diadona

Banyak anak mulai tergoda untuk menggigit kuku mereka karena kukunya mulai tumbuh panjang. Untuk mengurangi keinginan tersebut, kita bisa merawat kuku anak dengan rutin memotongnya.

Selain itu, kita juga bisa mengikir pinggir kuku yang kasar agar anak nggak ingin menggigit kukunya lagi. Jadikan kegiatan merawat kuku ini sebagai sebuah rutinitas mingguan.

2 dari 5 halaman

Mengatasi kecemasan anak

Kebiasaan menggigit kuku bisa muncul saat anak merasakan kecemasan. Biasanya saat mereka menghadapi situasi baru, mereka membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dan sering merasa cemas.

Dampingi anak untuk mengatasi kecemasan tersebut. Selalu hadir dan yakinkan mereka bahwa perubahan nggak selalu berarti buruk.

3 dari 5 halaman

Menyadarkan anak tentang kebiasaannya

anak gigit kuku © Diadona

Beberapa kasus menunjukkan bahwa anak yang menggigit kuku kadang nggak sadar dengan yang mereka lakukan. Untuk membantunya menyadari hal itu, kita bisa memberitahu dengan cara yang lembut saat melihat anak mulai menggigit kuku.

Bahkan kita bisa memberikan sinyal rahasia seperti sentuhan ringan di lengan agar anak nggak malu saat melakukannya di depan umum. Perlahan-lahan mereka akan berhenti melakukan kebiasaan tersebut.

4 dari 5 halaman

Mulai kebiasaan baru

Kadang-kadang anak mulai menggigit kukunya karena merasa bosan. Untuk itu, kita bisa mengajak anak untuk melakukan hal lain saat dia mulai merasakana keinginan untuk mengigit.

Misalnya, kita bisa memberinya bola yang bisa diremas atau dipegang saat menonton TV. Cara ini tentu akan mengalihkan kebiasaan mereka.

5 dari 5 halaman

Konsultasi

anak gigit kuku © Diadona

Jika beberapa cara telah dilakukan dan tetap nggak bisa menghilangkan kebiasaan anak, kita bisa melakukan konsultasi dengan ahli untuk mendapatkan pendekatan yang lain. Para ahli mungkin bisa menemukan penyebab lebih jelas dari kebiasaan menggigit kuku anak.

Setelah diketahui penyebabnya, masalah tersebut akan lebih mudah diatasi. Jadi jangan ragu untuk berkonsultasi dengan profesional ya.

Semoga cara ini bisa membantu, Moms!

Beri Komentar