Cara Menyimpan Strawberry agar Awet dan Tahan Lama

Reporter : Riza Umami
Selasa, 25 April 2023 19:08
Cara Menyimpan Strawberry agar Awet dan Tahan Lama
Ini beberapa cara menyimpan strawberry agar awet.

Strawberry adalah buah dengan rasanya yang segar dan sering dijadikan bahan dalam berbagai macam makanan dan minuman oleh banyak orang. Namun, karena sifatnya yang mudah rusak, strawberry seringkali sulit disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Strawberry kaya akan nutrisi dan antioksidan, sehingga memiliki banyak manfaat dan baik untuk kesehatan, seperti menjaga kesehatan jantung, kulit, dan mata, meningkatkan kesehatan otak, serta membantu menurunkan berat badan. Konsumsi buah strawberry secara teratur dapat membantu menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

1 dari 4 halaman

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga agar strawberry tetap segar dan awet, seperti memilih buah yang segar, menyimpannya pada suhu yang tepat, dan menjaga kelembaban yang cukup. Jika ingin tahan lama, berikut ini beberapa cara menyimpan strawberry agar awet.

1. Strawberry Dipisahkan

Cara Menyimpan Strawberry agar Awet © Diadona

Cara menyimpan strawberry agar awet yang pertama yaitu dengan memisahkan buah yang masih segar dari stroberi yang sudah membusuk. Penting untuk diperhatikan bahwa jamur yang menempel pada strawberry yang membusuk dapat dengan mudah berpindah ke strawberry segar yang berdekatan. Oleh sebab itu, harus dipisahkan dulu ya supaya lebih awet.

2 dari 4 halaman

2. Hindari Mencuci Stroberi

Cara Menyimpan Strawberry agar Awet © Diadona

Cara menyimpan strawberry agar awet yang selanjutnya, strawberry tidak perlu dicuci dulu sebelum dimasukkan ke kulkas. Jika strawberry dicuci terlebih dahulu, kemungkinan besar akan menyerap air dan membuatnya cepat membusuk selama penyimpanan.

Tetap mempertahankan tangkai pada strawberry juga dapat membantu menjaga kesegarannya untuk waktu yang lebih lama. Oleh karena itu, lebih baik membersihkan strawberry dari tangkainya hanya saat hendak dikonsumsi.

3 dari 4 halaman

3. Simpan Stroberi di Kulkas Laci Bagian Bawah

Ilustrasi Strawberry © Diadona

Cara menyimpan strawberry agar awet yang berikutnya adalah simpan di laci bagian bawah dalam kulkas. Bagian laci pada lemari es adalah area terbaik untuk menyimpan buah-buahan dan sayuran, termasuk strawberry. Stroberi bisa bertahan hingga kurang lebih dua minggu jika tetap disimpan dalam wadah yang tertutup.

4. Simpan di Wadah yang Tertutup dan Kedap Udara

Ilustrasi Stroberi © Diadona

Gak cuma perlu menyimpan strawberry di kulkas laci bagian bawah, tetapi kamu perlu menggunakan wadah yang tertutup rapat atau kedap udara untuk cara menyimpan strawberry agar awet yang selanjutnya. Wadah itu bisa terbuat dari plastik atau yang sejenisnya. Hal ini efektif untuk bikin stroberi akan jadi lebih tahan lama lho.

4 dari 4 halaman

5. Ditaruh di Freezer

Ilustrasi Stroberi © Diadona

Cara menyimpan strawberry agar awet lebih lama, yaitu dengan ditaruh di freezer. Stroberi yang disimpan di freezer biasanya bisa tahan antara satu hingga dua bulan lho, bahkan lebih lama dari disimpan di laci kulkas bagian bawah. Oleh sebab itu, lebih baik disimpan di freezer untuk umur penyimpanan yang lebih lama.

6. Bagian Batang Stroberi Dibiarkan

Stroberi © Diadona

Ada lagi cara menyimpan strawberry agar awet yaitu dengan membiarkan bagian batangnya. Hindari untuk mencabut bagian batang daun strawberry untuk memaksimalkan umur simpan dari strawberry yang kamu miliki tersebut di rumah supaya lebih tahan lama. Kamu bisa membuang batang stroberi saat hendak memakannya saja.

Itulah beberapa cara menyimpan strawberry agar awet yang bisa kamu lakukan di rumah. Kalau stroberi tahan lama, kamu gak perlu repot saat pengin bikin smoothie atau jus stroberi di rumah deh. Selamat mencoba beberapa cara di atas ya Diazens.

Beri Komentar