Melihat Ketidakmampuan Belajar Anak dari Cara Mereka Menulis

Reporter : Kurnia
Kamis, 23 Desember 2021 14:28
Melihat Ketidakmampuan Belajar Anak dari Cara Mereka Menulis
Kesulitan menulis bisa menjadi

Moms sudah tahu belum jika ketidakmampuan belajar si kecil dapat dilihat dari cara mereka menulis?

Dikutip dari laman verywellfamily.com, ekspresi anak saat menulis rupanya mempengaruhi kemampuan si kecil untuk menulis dan mengatur pemikiran di atas kertas dengan menggunakan detail yang tepat, urutan, struktur kalimat, bahkan karya sastra

1 dari 4 halaman

Lebih lanjut lagi, anak-anak dengan ketidakmampuan belajar dalam keterampilan menulis ekspresif sering mengalami kesulitan besar dalam menyelesaikan tugas sekolah yang melibatkan menulis dan menggunakan tulisan dalam situasi sehari-hari. 

Mereka mungkin tidak kesulitan membuat huruf di atas kertas, tetapi mereka tampaknya tidak dapat menggunakan kata-kata secara efektif untuk mengekspresikan pemikiran yang terorganisir dan lengkap secara tertulis. Si kecil mungkin juga mengalami kesulitan dengan penggunaan kata loh, Moms.

2 dari 4 halaman

Apa sih penyebabnya?

Ilustrasi Anak Belajar © Diadona

Biasanya, ketidakmampuan belajar dalam keterampilan menulis ekspresif mungkin melibatkan kesulitan dengan bahasa ekspresif dan pemrosesan visual dan pendengaran, serta masalah dengan automatisitas dan koordinasi motorik daerah otak.

Ketidakmampuan belajar biasanya juga terjadi secara turun temurun atau disebabkan oleh masalah perkembangan. Lebih dari itu, ketidakmampuan belajar pada si kecil juga bukan semata-mata akibat dari masalah dengan bahasa ekspresif atau reseptif, masalah visual, atau pendengaran, koordinasi otot motorik halus, atau ketidakmampuan belajar dalam keterampilan menulis dasar, tetapi mereka dapat diperumit oleh kondisi ini.

Ketahui ciri-ciri ketidakmampuan belajar anak hingga penyebabnya secara mendalam di sini.

3 dari 4 halaman

Bagaimana cara mendiagnosisnya?

Untuk mendiagnosisnya, Moms dapat menggunakan pengamatan, menganalisis pekerjaan si kecil, penilaian kognitif, dan kemungkinan penilaian bahasa. Untuk tahapan lebih lanjut, Moms bisa meminta bantuan tenaga pendidik untuk dapat membantu mengembangkan program pendidikan individual yang sesuai.

4 dari 4 halaman

Apa yang harus Moms lakukan?

Ilustrasi anak belajar di rumah © Diadona

Jika Moms yakin si kecil memiliki ketidakmampuan belajar dalam menulis dasar, hubungi kepala sekolah atau konselor untuk mendapatkan informasi tentang cara untuk menangani kasus anak.

Untuk siswa di perguruan tinggi dan program kejuruan, kantor penasihat sekolah mereka dapat membantu menemukan sumber daya untuk meningkatkan peluang keberhasilan mereka.

 

Beri Komentar