Waspada Bahaya Listrik di Musim Hujan, Ini Tips yang Wajib Diperhatikan di Rumah

Reporter : Ayu
Selasa, 21 Desember 2021 15:04
Waspada Bahaya Listrik di Musim Hujan, Ini Tips yang Wajib Diperhatikan di Rumah
Berikut adalah beberapa hal yang bisa Moms perhatikan.

Bahaya listrik di musim hujan bukan lagi persoalan yang bisa dianggap remeh Moms. Ya, karena air yang sifatnya konduktor ini mampu menghantarkan listrik.

Bila dibiarkan dan tak segera dievakuasi, ini akan sangat rentan menimbulkan kecelakaan tersengat listrik hingga korban jiwa lho. Sebaiknya, sebelum musim hujan pastikan dulu seluruh kabel rumah terinstalasi listrik tidak ada yang terbuka ya.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa Moms perhatikan.

1 dari 6 halaman

1. Cek posisi stop kontak atau kabel rol

Kebutuhan listrik yang sangat krusial membuat kita terbantu dalam melakukan aktivitas. Seperti menonton TV, bekerja dengan komputer, memasak, mencuci, dan masih banyak lagi lainnya. Alhasil akan selalu ada kabel dari stop kontak bukan? Nah, baiknya cek dulu semua kabel yang berada di bawah atau dekat lantai. Bila ada, segera amankan kabel yang berpotensi terkena cipratan hingga kemungkinan terendam air.

2 dari 6 halaman

2. Matikan peralatan listrik dan elektronik

Waspada Bahaya Listrik di Musim HujanWaspada Bahaya Listrik di Musim Hujan © Shutterstock.com/g/belchonock

Waspada bahaya listrik di musim hujan selanjutnya bisa Moms lakukan dengan memerhatikan segala macam peralatan listrik dan barang elektronik yang ada di dekat atau lantai (terkhusus pada mesin air/jet pump). Segera cabut kabel listrik dari stop kontak kemudian pindahkan ke posisi yang lebih aman.

3 dari 6 halaman

3. Jangan memegang kabel yang terbuka atau terkelupas

Tanpa disadari, terkadang kita tak sengaja menyentuh atau memegang kabel. Padahal bisa jadi kabel yang kita pegang tersebut telah terkelupas dan masih mengalirkan arus listrik. Ini sangat bahaya sekali Moms. Ya, kembali lagi, sebelum memegang kabel yang kita belum tahu pasti keadannya, lihat dulu apakah berpotensi ada aliran listrik atau tidak dengan mengecek dulu penghubung dengan stop kontak.

4 dari 6 halaman

4. Kondisi jika stop kontak sudah tergenang atau rumah dalam kondisi kebanjiran

Waspada Bahaya Listrik di Musim HujanWaspada Bahaya Listrik di Musim Hujan © Shutterstock.com/g/belchonock

Berniat Memindahkan Bambu, Karyawati Ini Malah Dijemput Maut

Pada keadana ini, pastikan MCB (Mini Circuit Breaker) telah dimatikan. Item ini berfungsi sebagai pemutus aliran listrik. Alhasil tidak ada arus listrik masuk ke dalam rumah. Bila rumah sudah dalam kondisi tidak banjir, pastikan terlebih dahulu kondisi instalasi listrik seperti stop kontak, mesin air, peralatan listrik yang terendam dalam kondisi yang kering sebelum aliran listrik kembali dinyalakan.

5 dari 6 halaman

Waspada Bahaya Listrik di Musim HujanWaspada Bahaya Listrik di Musim Hujan © Shutterstock.com/g/ArthonMeekodong

Tak kalah penting dan waspada lagi adalah petir. Banyak kasus kebakaran alat elektronik karena tersambar petir. Untuk mencegahnya, matikan barang eletronik dan cabut kabel dari stop kontak listrik, seperti televisi, radio dan computer ketika saat terjadi petir.

Beri Komentar