Kapan Ibu Harus Berikan ASI Campur Sufor untuk Bayi?

Reporter : Riza Umami
Minggu, 6 Juni 2021 07:17
Kapan Ibu Harus Berikan ASI Campur Sufor untuk Bayi?
Berikut penjelasannya.

Seorang ibu tentu berharap bisa memberikan ASI secara eksklusif kepada anaknya yang baru lahir sampai waktu tertentu. Sayangnya, tak semua ibu dapat melakukan hal itu baik karena ASI-nya hanya keluar sedikit, berat badan anak yang menurun drastis atau karena alasan yang lainnya.

Sebenarnya, ibu memang tidak dianjurkan untuk memberikan susu formula atau makanan serta minuman lain selain ASI kepada bayi yang masih belum berusia enam bulan. Hal ini karena semua kebutuhan bayi sudah tercukupi dari ASI saja.

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Bayi Minum Susu © Diadona

Dilansir dari laman hellosehat.com, ibu bisa mempertimbangkan untuk memberikan ASI campur sufor untuk bayi saat usianya sudah di atas enam bulan karena pada umur tersebut anak juga mulai dikenalkan dengan MPASI.

Namun, bila ternyata ASI ibu sangat mencukupi kebutuhan harian si kecil, walaupun usianya sudah di atas enam bulan, akan lebih baik jika ibu tetap memberikan ASI serta MPASI kepada bayi dan tak perlu dicampur dengan sufor.

2 dari 2 halaman

ilustrasi bayi minum susu © Diadona

Meski demikian, ada beberapa kondisi yang mungkin menjadi penghambat ibu dalam memberikan ASI untuk anak. Beberapa di antaranya misalnya puting lecet atau sakit, saluran susu pada payudara yang tersumbat, ibu mengalami mastitis atau peradangan payudara, puting masuk ke dalam atau datar sehingga menyulitkan anak saat menyusu dan beberapa kondisi yang lainnya.

Selain itu, ibu juga perlu memperhatikan berat badan bayi. Terkadang, pemberian ASI saja tak mampu meningkatkan BB anak sehingga dibutuhkan bantuan dengan menggunakan susu formula. Ibu bisa memberikan ASI campur sufor untuk anak demi membantu mencukupi kebutuhan gizi hariannya.

Beri Komentar