Yuk Mom Bersiap Sediakan Makanan Bayi Usia 1 Tahun yang Tepat

Reporter : Riza Umami
Kamis, 3 Juni 2021 19:17
Yuk Mom Bersiap Sediakan Makanan Bayi Usia 1 Tahun yang Tepat
Makanan bayi di usia 1 tahun tentu sudah lebih beragam apalagi karena ia sudah mengenal MPASI.

Anak sudah memasuki usia 1 tahun ya Mom? Tentu ibu ingin memberikan gizi dan nutrisi yang baik untuk anak karena akan sangat berguna bagi tumbuh kembangnya supaya bisa maksimal. Oleh sebab itu, ibu perlu memahami kebutuhan nutrisi untuk anak usia 1 tahun.

Dilansir dari laman alodokter.com, bayi berusia 1 tahun ini akan mengalami banyak perubahan pola makan. Hal ini tentunya berkaitan dengan berat badan anak yang meningkat dengan cepat di mana bisa mencapai tiga kali lipat dari berat badannya saat lahir.

1 dari 3 halaman

ilustrasi bayi makan © Diadona

Sebaliknya, sesudahnya mungkin berat badan ini malah akan melambat karena selera si kecil yang berubah-ubah terhadap makanan. Bayi mungkin juga akan sangat senang dengan sebuah makanan tetapi tiba-tiba dia jadi tak menyukainya atau di siang hari dia makannya banyak tetapi saat malam sangat susah untuk makan. Hal seperti ini sebenarnya wajar terjadi pada bayi usia 1 tahun.

Meski demikian, tentu ibu tetap harus memperhatikan asupan makanan untuk anak agar dia mendapatkan gizi yang seimbang. Mom perlu memberikan sayur, buah, sumber protein dan juga sumber kalori untuk buah hati. Berikut ini ada beberapa rekomendasi menu makanan untuk bayi usia 1 tahun.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Bayi Makan © Diadona

Untuk sarapan ada beberapa pilihan menu yang bisa disiapkan seperti bubur sayur yang berisikan kentang, kacang polong dan wortel; bubur buah atau buah yang dihaluskan; bubur beras yang berisikan sayur wortel dan kacang polong; atau bubur kentang yang dipadukan dengan ayam yang telah dipotong kecil-kecil.

Saat makan siang ibu bisa menyiapkan pilihan menu misalnya setengah porsi sandwich ayam atau tuna; setengah cangkir sayuran hijau yang telah dimasak; atau setengah gelas susu murni.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi Bayi Makan © Diadona

Untuk makan malam ada beberapa pilihan menu untuk bayi usia 1 tahun meliputi 2-3 ons daging yang sudah dihaluskan; setengah cangkir sayuran berwarna kuning yang sudah dimasak; setengah cangkir pasta, nasi atau kentang; atau setengah gelas susu murni.

Itulah beberapa rekomendasi menu yang bisa ibu pilihkan untuk buah hati. Yang tak kalah penting, biasanya bayi usia 1 tahun ini mulai tertarik untuk makan sendiri. Oleh sebab itu, berikanlah anak kesempatan untuk melatih jari-jarinya misalnya dengan cara memberikannya finger foods atau Mom juga bisa memberikan sendok untuk anak supaya dia mulai belajar makan sendiri. Semoga cukup membantu.

Beri Komentar