Jangan Panik Saat Bayi Newborn Alami Beberapa Hal Ini Mom

Reporter : Riza Umami
Sabtu, 29 Mei 2021 08:17
Jangan Panik Saat Bayi Newborn Alami Beberapa Hal Ini Mom
Hal-hal berikut ini wajar dialami oleh bayi yang baru lahir.

Menjadi ibu baru tentu Mom perlu banyak belajar tentang ilmu parenting dan mengasuh anak bayi. Terkadang, ibu mungkin mudah panik saat terjadi sesuatu hal pada anak, meski hal tersebut sebenarnya wajar dialami oleh bayi newborn.

Kalau sudah panik begini, mungkin Mom akan buru-buru memeriksakan anak ke dokter, padahal sebenarnya cukup diatasi di rumah saja. Berikut ini, seorang kreator yang kerap membagikan informasi seputar parenting di akun TikTok-nya yaitu @babynickyaxel, menjelaskan tentang beberapa hal yang wajar dialami bayi newborn.

1 dari 3 halaman

ilustrasi bayi © Diadona

Yang pertama yaitu ubun-ubun bayi yang lunak. Mom tak perlu panik jika saat memegang kepala bayi, ubun-ubunnya terasa lunak karena sebenarnya ini adalah hal yang wajar. Tengkorak bayi memang masih belum mengeras seperti orang dewasa sehingga mungkin terasa lunak saat dipegang.

Yang kedua yaitu bayi sering cegukan. Hal ini ternyata juga wajar dialami oleh anak yang baru lahir karena otak dan diafragmanya masih belum sempurna. Jadi, gak perlu terlalu panik ya Mom kalau bentar-bentar anak cegukan seperti ini.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Bayi © Diadona

Yang ketiga, muncul ruam pada wajah si kecil. Mungkin sebagian ibu akan langsung panik ketika muncul ruam di wajah bayinya karena takut kenapa-napa. Padahal, ini pun adalah hal yang wajar karena hormon ibu yang masih tertinggal di bayi. Namun bila ruam ini semakin parah dan tak kunjung sembuh, segera periksakan ke dokter ya Mom.

Yang keempat yaitu bayi kerap bersin. Hal ini pun sebenarnya wajar dialami oleh anak yang baru lahir ke dunia ini karena hidungnya yang masih sensitif dan mungkin belum terbiasa dengan udara sekitar. Oleh sebab itu, tak perlu panik ya Mom.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi Bayi © Diadona

Yang terakhir, kulit anak terasa kering. Bayi yang baru lahir kulitnya memang wajar seperti ini karena ia memang baru kontak dengan udara luar yang tentunya berbeda dengan yang ada di dalam kandungan. Untuk membuat kulit bayi lembab, Mom mungkin bisa menggunakan cream bayi yang aman untuknya.

Itulah beberapa hal yang mungkin dialami oleh bayi yang baru lahir alias newborn. Nah, sekarang gak perlu terlalu khawatir dan panik lagi ya Mom karena ternyata hal tersebut memang wajar.

Beri Komentar