Hal yang Tak Perlu Dilakukan Ketika Si Kecil Tidur

Reporter : Riza Umami
Rabu, 26 Mei 2021 09:17
Hal yang Tak Perlu Dilakukan Ketika Si Kecil Tidur
Jangan lakukan hal-hal berikut saat anak tidur Mom.

Bayi tentu membutuhkan tidur yang cukup agar pertumbuhan dan perkembangannya bisa berjalan dengan maksimal. Bayi yang baru lahir biasanya membutuhkan waktu tidur yang lebih lama dibandingkan yang sudah cukup besar.

Mereka biasanya tidur sampai 16,5 jam dalan sehari. Pada waktu tidur bayi yang panjang ini, sebenarnya ada beberapa hal yang tak boleh ibu lakukan. Dilansir dari laman hellosehat.com, berikut ini hal yang tak perlu dilakukan saat bayi tidur.

1 dari 4 halaman

1. Membangunkan Anak Saat Memindahkannya

Ilustrasi Bayi Tidur © Diadona

Bayi yang baru lahir mungkin mudah tidur di mana pun dia berada misalnya di baby bouncer, ruang keluarga, atau tempat lainnya. Ibu sebenarnya tak perlu membangunkan anak karena ia tidak tidur semalaman di san dan hanya sebentar saja.

2 dari 4 halaman

2. Membiasakan Si Kecil Tidur di Kereta Dorong

ilustrasi bayi dan kamera © Diadona

Sebenarnya boleh-boleh saja menidurkan anak di kereta dorong sesekali tetapi jangan dibiasakan Mom karena anak yang terbiasa tidur di kereta dorong, akan lebih sulit untuk ditidurkan di tempat yang tak bergerak seperti di kasur atau boks bayi.

3 dari 4 halaman

3. Memakai Empeng

Ilustrasi Bayi Tidur © Diadona

Sejumlah ibu mungkin menggunakan empeng agar bayinya bisa tidur dengan nyenyak. Namun, kalau si kecil dibiarkan terus-terusan tidur dengan memakai empeng, maka hal ini bisa menimbulkan masalah pada giginya nanti. Gigi anak mungkin tidak tumbuh dengan normal dan menjadi tak sejajar. Selain itu, penggunaan empeng ini juga bisa meningkatkan risiko infeksi rongga mulut dan gigi pada bayi.

4 dari 4 halaman

4. Langsung Menggendong Bayi yang Menangis di Malam Hari

Ilustrasi Bayi Nangis © Diadona

Saat sedang tidur dan tiba-tiba anak menangis, ibu mungkin akan secara reflek langsung menggendongnya untuk memastikan ia perlu ganti popok, lapar atau yang lain sebagainya. Sebenarnya, ibu perlu membiarkan dulu bayi menangis selama beberapa menit untuk melihat apakah ia akan kembali tenang dengan sendirinya. Jika terlalu lama atau lebih dari 5 menit, barulah cek kalau memang anak lapar atau yang lainnya.

Beri Komentar