Terapkan Metode Sleep Training Agar Bayi Bisa Tidur Nyenyak Tanpa Bantuan

Reporter : Riza Umami
Minggu, 30 Mei 2021 09:17
Terapkan Metode Sleep Training Agar Bayi Bisa Tidur Nyenyak Tanpa Bantuan
Ini Mom caranya.

Menidurkan anak yang masih kecil terkadang cukup susah ya Mom untuk dilakukan seperti harus diajak jalan-jalan dulu, minta digendong, diayun-ayun atau yang lain sebagainya. Kalau Mom biasanya ngapain nih biar si kecil bisa tidur?

Pernahkah Mom mendengar tentang metode sleep training? Ini adalah salah satu cara yang diajarkan pada bayi agar ia bisa tidur sendiri dengan nyenyak tanpa perlu ditemani atau memerlukan bantuan dari orang tuanya.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Bayi di BedongIlustrasi Bayi di Bedong © Pinterest.com/Sara Score

Salah satu pengguna TikTok yaitu pemilik akun @siapasaya.13 memberikan penjelasan tentang langkah-langkah untuk mengajarkan anak metode sleep training ini. Yang pertama, siapkan suasana tidur yang nyaman untuj anak. Atur suhu ruangan agar tetap sejuk.

Kemudian yang kedua, pastikan anak dalam keadaan kenyang. Usahakan pula agar ia tidak melihat orang di sekitarnya misalnya ibu bisa menidurkan si kecil di kasur kamar sehingga dia tak akan terganggu atau melihat orang lain yang keluar masuk.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Bayi TidurIlustrasi Bayi Tidur © https://www.shutterstock.com/g/LeManna

Selanjutnya, letakkan anak di tempat tidur sendirian dan biarkan meski anak menangis sampai nanti dia capek sendiri dan akhirnya tertidur. Tentu ibu pun harus tega mendengar anak menangis sendirian seperti itu, tak perlu dihampiri.

 

3 dari 3 halaman

Tetaplah konsisten membiarkan anak menangis sendirian seperti itu tanpa digendong. Kalau nangisnya kejer, ibu bisa membantu anak dengan menggendongnya sesaat untuk menenangkan buah hati. Bila sudah tenang, letakkan kembali anak di tempat tidur.

Ulangi terus langkah-langkah ini sampai bayi terbiasa tidur sendiri tanpa bantuan dari ibu atau ayahnya. Itulah beberapa cara yang perlu ibu lakukan untuk menerapkan metode sleep training pada anak, selamat mencoba dan semoga berhasil ya Mom.

Beri Komentar