Dampak Buruk Menghukum Anak yang Perlu Ibu Ketahui

Reporter : Riza Umami
Rabu, 24 Maret 2021 12:17
Dampak Buruk Menghukum Anak yang Perlu Ibu Ketahui
Ternyata ini dampaknya.

Tak sedikit ibu yang memilih untuk menghukum anaknya ketika ia melakukan perilaku yang buruk atau untuk mendisiplinkan anak. Jenis hukuman yang diberikan ibu ini pun ada berbagai macam misalnya dengan cara memarahinya, membentak, memukul bahkan sampai mengunci anak di kamar.

Ternyata, menghukum anak seperti ini bisa berpengaruh pada perkembangan buah hati apalagi kalau ibu memakai hukuman fisik. Dilansir dari laman sehatq.com, berikut ini beberapa dampak buruk dari menghukum anak yang perlu ibu ketahui.

1 dari 6 halaman

Anak Merasa Tak Berharga dan Dicintai

Ilustrasi Anak Sedih © Diadona

Menghukum anak tanpa alasan yang jelas akan membuatnya merasa tidak berharga dan tidak dicintai oleh orang tuanya. Ibu bisa menyakiti perasaan anak dengan hukuman-hukuman tersebut. Anak mungkin jadi mempunyai harga diri yang rendah dan juga membuatnya kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya misal di sekolah.

2 dari 6 halaman

Si Kecil Jadi Susah untuk Berkonsentrasi

Ilustrasi anak sedih © Diadona

Rasa percaya diri dan harga diri yang rendah karena sering mendapatkan hukuman dari ibu, ternyata juga bisa membuat anak jadi sulit untuk berkonsentrasi. Kondisi ini pun tentu bisa mengurangi potensi anak untuk berprestasi secara akademis.

3 dari 6 halaman

Anak Merasa Ketakutan dan Gelisah

Ilustrasi anak sedih © Diadona

Sering menghukum anak pun juga bisa membuatnya jadi ketakutan dan gelisah. Sebagai contoh ibu menghukumnya dengan cara mengunci anak di kamarnya yang gelap, maka hal ini pun bisa membuat anak jadi takut saat berada di ruang yang gelap hingga besar karena trauma yang dia alami di masa kecil.

4 dari 6 halaman

Berpikir bahwa Menyakiti Orang Lain Adalah Hal yang Wajar

Ilustrasi Anak Memukul © Diadona

Karena anak sering mendapatkan hukuman fisik dari ibu seperti dipukul, dicubit atau bahkan ditendang, bukan tak mungkin anak jadi menganggap bahwa menyakiti orang lain dengan fisik seperti ini adalah hal yang wajar untuk dilakukan. Anak pun tumbuh menjadi orang yang ringan tangan karena meniru apa yang dilakukan orang tuanya selama ini padanya.

5 dari 6 halaman

Anak Bisa Berniat untuk Bunuh Diri

Ilustrasi Anak Sedih © Diadona

Buah hati tentu seharusnya mendapatkan perlindungan dari orang tuanya bukan malah sebaliknya. Anak yang terus-menerus dihukum oleh ibunya, bukan tak mungkin jadi sedih, stres atau bahkan sampai depresi. Dia pun mulai menyakiti dirinya karena merasa tak pantas hidup di dunia ini hingga akhirnya memilih untuk mengakhiri hidupnya karena sudah tak kuat dengan semua penderitaan yang dia rasakan dari orang tuanya sendiri.

6 dari 6 halaman

Ternyata dampak buruk dari menghukum anak bisa sampai seberbahaya itu ya Mom. Daripada menghukum anak, akan lebih baik menggunakan aturan yang sudah disepakati oleh anak di mana ketika dia melanggarnya maka anak pun akan menerima konsekuensinya seperti menyapu rumah, mencuci piring, tak boleh main gadget dan lain-lain.

Yang penting jangan sampai menghukum anak dengan memarahinya, mengunci di kamar atau bahkan sampai menggunakan hukuman fisik karena hal ini bisa menyakiti anak baik secara fisik maupun psikis. Mari menjadi orang tua yang lebih bijak dalam mendidik dan membesarkan anak.

Beri Komentar