Pentingnya Ajarkan Lagu Nasional Pada Si Kecil Sejak Dini

Reporter : Riza Umami
Senin, 22 Maret 2021 12:17
Pentingnya Ajarkan Lagu Nasional Pada Si Kecil Sejak Dini
Yuk Mom ajari si kecil lagu nasional sejak dini.

Selain punya berbagai manfaat dalam proses tumbuh kembang anak, musik juga adalah salah satu media pengajaran yang sangat mudah diterima oleh buah hati. Oleh sebab itulah, memperkenalkan sekaligus mengajarkan lagu nasional pada anak ini merupakan salah satu hal yang penting.

Dilansir dari laman haibunda.com, salah satu tujuan pentingnya yaitu untuk menumbuhkan rasa nasionalisme pada anak sejak mereka masih kecil. Mom bisa mulai mengajarkan buah hati dengan mengenalkan lagu wajib seperti Indonesia Raya kemudian baru diikuti dengan lagu-lagu lainnya.

1 dari 2 halaman

Dikutip dari laman detik.com, lagu Indonesia Raya ini adalah lagu wajib nasional Indonesia yang merupakan salah satu simbol jati diri bangsa ini serta identitas Negara Kesatuan Republik Indonesia selain bahasa, bendera dan juga lambang negara.

Lirik Indonesia Raya - Lagu Wajib Nasional © Diadona

Lagu wajib dan juga lagu nasional ini pun liriknya berisi tentang semangat perjuangan Bangsa Indonesia ini, syair dalam lagu-lagu tersebut mengobarkan semangat perjuangan yang bisa digunakan untuk melatih anak bagaimana menghormati serta menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang mati-matian untuk merebut kemerdekaan Indonesia.

2 dari 2 halaman

Biasanya, lagu wajib atau lagu nasional seperti ini akan mulai diajarkan ketika anak mulai mendapatkan pendidikan baik dari playgroup atau TK. Namun, ibu pun juga bisa mulai mengajarkan buah hati lagu-lagu ini di rumah agar anak lebih meresapi maknanya dan menguatkan hubungan antara ibu dan si kecil.

Selain lagu Indonesia Raya, berikut ini lagu-lagu yang bisa ibu ajarkan pada buah hati yaitu Garuda Pancasila ciptaan Sudharnoto, Bagimu Negeri ciptaan Kusbini, Mengheningkan Cipta ciptaan Ismail Marzuki, Indonesia Pusaka karya Ismail Marzuki, Rayuan Pulau Kelapa ciptaan Ismail Marzuki serta Bangun Pemudi Pemuda karya Alfred Simanjuntak. Nah, itulah beberapa lagu nasional yang bisa diajarkan pada anak, selamat mencoba.

Beri Komentar