6 Cara Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi pada Anak

Reporter : Audila Rima Ndani
Senin, 22 Maret 2021 07:37
6 Cara Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi pada Anak
Bantu anak kembangkan rentang perhatiannya.

Mendidik anak sudah menjadi kewajiban kita sebagai orang tua mereka. Selain memberikan ajaran yang terbaik, kita juga harus menyiapkan diri untuk lebih sabar dalam mendidik anak.

Nggak seperti orang dewasa, otak anak masih dalam proses perkembangan. Menjadi hal yang wajar jika mereka nggak bisa fokus seperti orang dewasa saat melakukan sesuatu.

Anak-anak itu penuh dengan semangat dan energi. Pikiran mereka juga bisa goyah kapan saja, Moms!

Ada momen di mana anak mungkin sedang belajar sesuatu dan pada menit berikutnya mereka sudah mulai mengajak kita untuk bercanda. Nah, dilansir dari Times of India, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan konsentrasi anak. Berikut beberapa di antranya.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Anak Bermain © Diadona

Memainkan permainan yang melatih fokus

Siapa sih anak yang nggak suka bermain? Kesenangan anak untuk bermain ini menjadi kesempatan bagi kita untuk meningkatkan fokus mereka. Kita bisa memberikan permainan yang bisa mewujudkan hal itu seperti permainan teka-teki, puzzle, dan permainan kartu.

Ajak anak berolahraga

Olahraga memang kegiatan yang memiliki banyak manfaat. Latihan fisik sangat baik bagi anak-anak berapapun usia mereka. Olahraga teratur bisa mengasah otak dan membuat mereka berkonsentrasi dengan baik.

2 dari 3 halaman

ilustrasi anak belajar © Diadona

Ciptakan ruangan bebas gangguan

Mengatur suasana ruangan mungkin sangat menguntungkan untuk membantu kinerja anak. Banyak faktor yang bisa meningkatkan kognisi dan fokus anak, mulai dari musik hingga warna. Saat anak sedang belajar, jangan lupa untuk menjauhkan semua gadget yang bisa mengganggu konsentrasi mereka.

Penuhi kebutuhan nutrisi

Kebutuhan nutrisi nggak hanya baik untuk kesehatan tubuh anak tetapi juga kesehatan pikiran mereka. Nutrisi yang baik bahkan bisa menajamkan pikiran dan membuat anak lebih berkonsentrasi. Sajika makanan-makanan bergizi seperti telur, kacang-kacangan, hingga oatmeal yang dapat bermanfaat bagi otak anak.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi Anak Tidur di Malam Hari © Diadona

Pastikan anak tidur nyenyak

Istirahat yang cukup sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap semangat menjalani aktivitas. Di masa pertumbuhannya, anak membutuhkan tidur yang nyenyak dan berkualitas. Saat anak mendapatkan waktu yang cukup untuk istirahat, mereka akan menyimpan lebih banyak informasi dan menjadi lebih mudah fokus.

Tanamkan kebiasaan membaca

Membiasakan anak dengan hobi membaca sejak dini akan memberikan banyak manfaat bagi mereka di masa depan. Membaca akan meningkatkan pengetahuan dan imajinasi anak. Selain itu, membaca akan membuat anak terbiasa tetap fokus.

Semoga informasi ini membantu ya, Moms!

Beri Komentar