Cara Tasya Kamila Atasi Kebiasaan Anak yang Suka Pukul Diri Sendiri

Reporter : Riza Umami
Selasa, 23 Maret 2021 08:17
Cara Tasya Kamila Atasi Kebiasaan Anak yang Suka Pukul Diri Sendiri
Saat marah balita terkadang suka memukul dirinya sendiri, lalu apa yang sebaiknya Mom lakukan?

Anak balita mempunyai beragam cara untuk menunjukkan rasa kesal atau amarahnya pada ibu misalnya dengan cara memukul dirinya sendiri, jedotin kepala ke tembok dan lain sebagainya. Hal ini mereka lakukan karena anak masih kesulitan untuk bicara sehingga mereka mencari cara lain untuk mengungkapkan kekesalannya.

Tentu ibu jadi khawatir kalau anak lagi marah-marah tetapi malah menyakiti dirinya sendiri seperti ini. Bagi ibu baru yang masih belum punya banyak pengalaman dalam mengurus anak, mungkin akan bingung apa yang harus dilakukan ketika anak marah atau tantrum seperti ini.

1 dari 2 halaman

Tasya Kamila yang mempunyai anak balita bernama Arr ini pun membagikan cara yang dia gunakan ketika buah hatinya ini lagi marah dan suka mukul-mukul dirinya sendiri. Sebelumnya, Tasya pun mengatakan bahwa seperti batita yang lain, anaknya ini juga punya beragam emosi yang besar dan suka ditunjukkan dengan aksi fisik.

      View this post on Instagram

A post shared by Tasya Kamila (@tasyakamila)

"Arr sama kok sama Batita yang lain, punya beragaaam emosi yang besar, yang di usianya emang mereka tunjukkan dengan aksi fisik. Kita lagi sama2 berlatih nih gimana caranya supaya kalau Arr marah nggak mukul2 (baik dirinya atau orang lain). Aku jelasin ke Arr kalau marah bolehnya pukul bantal / sofa aja, pelan2 dia udah mulai bisa nahan diri (kalau inget)," tulis Tasya Kamila dalam salah satu unggahannya di Instagram.

2 dari 2 halaman

Ternyata, cara yang dia gunakan ini yaitu dengan menjelaskan pada anaknya kalau dia lagi marah, yang  boleh dipukul cuma bantal atau sofa saja. Arr pun tak diperbolehkan memukul dirinya sendiri kalau lagi marah seperti itu. Perlahan-lahan, anak pun akan mengerti dan mulai bisa menahan dirinya.

Yang perlu diperhatikan yaitu saat menjelaskan pada anak gunakan bahasa simpel yang mudah untuk dia mengerti. Selain itu, ibu memang perlu memperbanyak rasa sabar saat menghadapi anak balita yang marah atau tantrum seperti ini agar tak sampai ikut terbawa emosi bahkan sampai memarahinya. Kalau Mom, gimana cara mengatasi balita yang suka mukul dirinya saat lagi marah begini?

      View this post on Instagram

A post shared by Tasya Kamila (@tasyakamila)

 

Beri Komentar