Cara Menghentikan Pertengkaran Kakak dan Adik

Reporter : Audila Rima Ndani
Selasa, 15 Juni 2021 07:37
Cara Menghentikan Pertengkaran Kakak dan Adik
Intip tipsnya yuk, Moms!

Banyak hubungan kakak dan adik yang bisa digambarkan dengan istilah "cinta dan benci". Sebagai saudara, mereka tentu saling menyayangi satu sama lain, tetapi terkadang ada momen di mana pertengkaran harus terjadi di antara mereka.

Orang tua punya peran besar dalam hal ini. Membangun hubungan persaudaraan yang baik di antara kakak dan adik adalah kewajiban kita.

Sebagai orang tua, kita juga harus berperan sebagai penengah dalam pertengkaran anak. Punya anak lebih dari satu membuat kita perlu berlaku adil pada mereka.

Dilansir dari Times of India, berikut beberapa tips menghentikan pertengkaran kakak dan adik.

1 dari 4 halaman

Beri Anak Ruang Sendiri

Ilustrasi Anak Sedih © Diadona

Terkadang anak-anak membutuhkan waktu untuk sendirian dan berpikir. Sangat penting untuk menghadirkan ruang tersebut bagi mereka.

Dari sana, mereka bisa perlahan-lahan memahami banyak hal dan belajar dari kesalahan yang telah dibuatnya. Untuk itu, sebaiknya kakak dan adik memang memiliki ruangan sendiri bagi mereka.

2 dari 4 halaman

Terhubung dengan Setiap Anak Secara Individual

ilustrasi anak sedih © Diadona

Langkah ini membuat kita bisa membangun rasa aman dalam hubungan dengan anak-anak. Dekati anak-anak secara individu untuk membuat mereka merasa bahwa kita hadir untuk mereka.

Pendekatan secara individu juga akan membuat kakak dan adik nggak bersaing untuk mendapatkan perhatian dari kita. Anak-anak akan merasa yakin bahwa mereka mendapat kasih sayang yang dibutuhkan.

3 dari 4 halaman

Biarkan Anak Berurusan dengan Pertengkaran Mereka Sendiri

ilustrasi kakak adik © Diadona

Setiap saudara kandung akan menghadapi pertengkaran. Bukan sebuah masalah jika anak-anak merasa marah, frustasi atau kesal satu sama lain.

Dengan menyuarakan rasa frustasi dan mencari cara untuk mengatasinya, kita sekaligus mengajari mereka bagaimana menghadapi hidup bersama orang lain ketika dewasa. Jika kemarahan anak sudah mengarah pada tindakan yang berbahaya, kita bisa turun tangan dan memberi pengertian pada mereka tentang cara yang baik untuk menghadapi masalah.

4 dari 4 halaman

Bantu Anak Mengatasi Rasa Ketidakadilan

ilustrasi kakak adik © Diadona

Banyak masalah di antara saudara kandung berasa dari kebencian satu sama lain. Hal ini biasanya dipicu oleh pemikiran bahwa mereka diperlakukan nggak setara.

Kita bisa membiasakan anak untuk langsung mengutarakan pendapat mereka jika mereka merasa ada yang dianggap nggak adil. Hal ini akan membantu kita mengatasi pemikiran tersebut dan menghentikan pertengkaran di antara kakak dan adik.

Semoga informasi ini bisa membantu ya, Moms!

 

Beri Komentar