Cara Membuat Kincir Angin dari Kertas dan Botol Plastik, Bakal Jadi Mainan Favorit si Kecil nih!

Reporter : Wicha Mashita
Rabu, 12 Agustus 2020 12:00
Cara Membuat Kincir Angin dari Kertas dan Botol Plastik, Bakal Jadi Mainan Favorit si Kecil nih!
Tenang saja, cara membuat kincir angin handmade-nya gampang kok moms.

Cara membuat kincir angin dari kertas maupun botol plastik ini bisa jadi inovasi mainan baru buat si kecil. Nggak perlu jauh-jauh ke Belanda untuk bisa merasakan dikelilingin kincir angin, Mommies bisa ajak anak untuk membuatnya sendiri di rumah dari bahan yang mudah didapatkan. Yap, bisa dari kertas atau botol plastik.

Selain jadi mainan, cara membuat kincir angin ini juga bisa jadi hiasan pekarangan rumah loh, Moms! Jadi halaman rumah suasanannya kayak di Belanda gitu, dikelilingi kincir angin. Bisa dibuat dengan beraneka ragam warna juga. Membayangkannya saja seru ya?

Tapi kali ini Mommies bisa tahu cara membuat kincir angin dan menghias pekarangan rumah kok. Merangkum dari berbagai sumber, beginilah langkah-langkah cara membuat kincir angin yang perlu dilakukan.

1 dari 4 halaman

Cara Membuat Kincir Angin dari Kertas

Cara Membuat Kincir Angin dari KertasCara Membuat Kincir Angin dari Kertas © kidsomania


Bisa dibilang cara membuat kincir angin dari kertas ini yang termudah. Selain itu, si anak pasti langsung bisa mempraktikkannya. Sebelum ke cara membuat kincir angin dari kertas, siapkan dulu alat dan bahannya ya.

- Kertas lipat dengan warna sesuai selera atau kertas karton berukuran 15 x 15 cm. Pokoknya berbentuk persegi.

- Penggaris

- Pensil

- Gunting

- Jarum

- Manik-manik

- Tiang kayu atau sedotan

- Palu

2 dari 4 halaman

Langkah-langkah Cara Membuat Kincir Angin dari Kertas

Cara Membuat Kincir Angin dari KertasCara Membuat Kincir Angin dari Kertas © littlepassports

1. Cara membuat kincir angin dari kertas yang pertama adalah menyiapkan kertas polos persegi berukuran 17,5 x 17,5 cm lalu gunting. Kalau mau pakai ukuran yang lebih besar juga bisa kok, nanti kincir anginnya jadi lebih besar juga.

2. Bagi kertas menjadi 4 bagian menggunakan pensil dan penggaris agar besarnya sama rata. Bagian tengah harus pas di titik 8,75 ya Moms. Beri tanda pakai pensil.

3. Kemudian warnai keempat sisi persegi tersebut dengan warna berbeda. Saatnya anak berkreasi nih moms. Bisa pakai spidol, pensil warna atau cat air. Mau menghias pakai tempelan majalah bekas juga bisa loh!

4. Kemudian, gambar garis diagonal dari setiap sudut menuju bagian tengah. Sisakan bagian di tengahnya ya moms, diberi garis lingkaran untuk diisi kertas berbentuk lingkaran atau manik juga boleh kok.

5. Terus digunting deh gambar garis diagonal tadi. Kira-kira sisakan jarak di bagian menuju tengah sepanjang 3 cm.

6. Untuk mempermudah, beri tanda A, B, C dan D di setiap potongan pada sisi yang sama.

Cara Membuat Kincir Angin dari KertasCara Membuat Kincir Angin dari Kertas © kidsactivitiesblog

7. Lalu, lipat sisi A, B, C dan D tersebut ke arah tengah dan saling bertumpuk sehingga tidak akan terlepas.

8. Pakai jari untuk menahan kertas yang ditarik ke tengah, lalu masukkan jarum di bagian tengah tersebut. Bisa pakai jarum pentul ya moms.

9. Lalu tempelkan manik di bagian ujung jarum atau bagian belakang kertas. Pakai manik kecil saja ya moms biar kincirnya bisa berputar.

10. Nah, untuk tiang kayu bisa dihias dengan cara dicat. Sebelumnya, basahi ujung tiang agar tidak retak atau rusak. Lalu tinggal di pasang pada kincir dan dipalu. Oh iya pastikan jarum cukup longgar ya moms, agar kincir bisa mudah berputar.

Sedangkan untung yang sedotan, nggak perlu dipalu. Cukup tusukkan jarum hingga ke ujung lalu lapisi dengan karet pelapis di ujung jarum yang tajam. Jadi deh kincir angin dari kertasnya.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Kincir Angin dari Botol Plastik

Cara Membuat Kincir Angin dari Botol BekasCara Membuat Kincir Angin dari Botol Bekas © thesockgarden.wordpress


Kalau tadi terbuat dari kertas, sekarang cara membuat kincir angin dari botol plastik ya. Siapkan alat dan bahan di bawah ini:

- Botol plastik bekas minuman

- Bambu

- Kawat

- Sedotan plastik yang kuat

- Cat semprot

- Paku

- Gunting

- Cutter

4 dari 4 halaman

Langkah-langkah Cara Membuat Kincir Angin dari Botol Plastik

Cara Membuat Kincir Angin dari Botol BekasCara Membuat Kincir Angin dari Botol Bekas © thesockgarden.wordpress

1. Hal pertama dalam cara membuat kincir angin dari botol plastik adalah memotong botol hingga batas di antara tutup sampai badan. Gunakan cutter untuk memotongnya ya moms, dan jangan sampai si kecil yang melakukannya, berbahaya.

2. Kemudian berikan warna dengan cat semprot bareng si kecil, warnanya bebas kok.

3. Lalu, potong botol secara vertikal dari batas sampai bagian dasar menjadi 6 bagian.

4. Di alas botol atau bagian dasar, bentuk 6 buah baling-baling. Caranya dengan melipat keenam bagian tersebut membentuk kincir.

5. Jika sudah menghias dan membentuk kincir, langkah selanjutnya pada cara membuat kincir angin dari botol adalah melubangi dasar botol pakai paku. Terus, masukkan sedotan plastik ke dalam lubang.

6. Kemudian ambil kawat yang sudah disiapkan sepanjang 10 cm dengan diameter lebih kecil dari sedotan.

7. Siapkan bambu juga dengan panjang 40 cm yang diameternya 1 cm dan beri hiasan. Untuk hiasannya biarkan anak berkreasi ya moms.

8. Ikat kawat di ujung bambu sebagai pegangan kincir. Namun, sisakan kawat untuk mengatur bagiannya sedikit keluar. Jadi posisi kawat dan bambu membentuk sudut siku-siku.

9. Masukkan kawat yang keluar ke sedotan di dasar botol dan potong sedotan sesuai panjang kawat.

10. Guna kawat di dalam botol plastik ini untuk menahan botol agar nggak terlepas dari bambu yang sebagai pegangannya moms. Sudah jadi deh, kincir angin bambunya. Ini berguna banget buat mainan sekaligus hiasan di pekarangan rumah. Anti basah juga kan kalau kena hujan.

Begitulah langkah-langkah yang perlu dilakukan pada cara membuat kincir angin dari kertas dan botol bekas. Lebih hemat, mudah dan pastinya bantu anak kembangkan kreativitasnya.

Beri Komentar