Cara Membuat Slime dari Lem Fox Tanpa Borax yang Aman Dipakai untuk Mainan Anak

Reporter : Novi Hardita Larasati
Jumat, 24 Juli 2020 12:39
Cara Membuat Slime dari Lem Fox Tanpa Borax yang Aman Dipakai untuk Mainan Anak
Selain menggunakan shampoo, cara membuat slime dari lem fox juga bisa jadi alternatif mainan anak yang aman.

Masiih ingat kan dengan artikel sebelmunya yang membahas tentang cara membuat slime dari shampoo dan sabun tanpa lem? Yaps, belakangan ini permainan slime memang sedang digandrungi para kaum millennial.

Selain murah, permainan yang memiliki tekstur kenyal ini juga gampang dibuat sendiri di rumah bersama si kecil lho. Salah satunya adalah cara membuat slime dari lem fox.

Nggak perlu waktu lama, yuk langsung saja simak ulasan berikut ini tentang cara membuat slime dari lem fox, yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Cara Membuat Slime dari Lem Fox Tanpa Borax

Cara Membuat Slime dari Lem FoxCara Membuat Slime dari Lem Fox © shutterstock.com/KlavdiyaV

Seperti yang diketahui, saat ini banyak sekali penjual mainan yang mulai menjual permainan kenyal yang satu ini. Namun, sayangnya kebanyakan dari mereka membuat slime dengan borax. Padahal, borax merupakan mineral yang digunakan sebagai produk pembersih, kebayang kan kalau sampai benda ini masuk ke mulut anak?

Maka dari itu kali ini kamu akan belajar cara membuat slime dari lem fox tanpa borax yang aman saat dipakai mainan si kecil, diantaranya:

- Langkah pertama yang harus kamu lakukan saat membuat slime yang satu ini ialah siapkan air bersih ¼ gelas, baking powder secukupnya, pewarna makanan, dan lem fox secukupnya.

- Setelah itu masukkan lem fox ke dalam wadah (baskom), lalu tambahkan air dengan perlahan dan sambil diaduk. Sembari mengaduk, tambahkan pewarna makanan ke dalam adonan agar terlihat lebih menarik.

- Kalau sudah diaduk, pindahkan adonan slime ke dalam wadah tertutup dan diamkan selama 30 menit. Tara! Slime sudah siap dimainkan si kecil, gampang kan?

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Slime dari Lem Fox dan Insto

Cara Membuat Slime dari Lem FoxCara Membuat Slime dari Lem Fox © shutterstock.com/KlavdiyaV

Slime merupakan sebuah mainan yang memiliki tekstur cairan kental dengan berbagai warna-warna menarik, yang akhirnya menjadi tren belakangan ini.

Nah, kalau kamu belum pernah mencoba mainan ini bareng si kecil, kamu juga bisa kok membuat permainan ini dengan bahan-bahan yang praktis, apa sajakah itu? Berikut caranya.

- Langkah pertama cara membuat slime dari lem fox dan insto adalah siapkan bahan dan peralatannya terlebih dahulu, seperti 3 sdm lem fox, 1 sdt air, 1 sdt baking powder, 2 sdt baby oil, 1 sdt pewarna makanan, dan obat tetes mata.

- Selanjutnya masukkan 3 sdm lem fox kedalam wadah yang sudah di beri air bersih, dan aduk hingga rata. Kalau sudah, tambahkan 1 sdt baking powder kedalam campuran lem tersebut, dan aduk kembali hingga rata.

- Setelah semuanya tercampur, cara membuat slime dari lem fox selanjutnya adalah tambahkan obat tetes mata sebanyak 8 tetes, 2 sdt sabun cair, dan pewarna makanan sambil terus diaduk hingga tercampur dengan sempurna. Selesai, gampang banget kan?

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Slime dari Lem Fox dan Gom

Cara Membuat Slime dari Lem FoxCara Membuat Slime dari Lem Fox © shutterstock.com/Kurdyukova Olga

Membuat slime sendiri di rumah terkadang tidak langsung berhasil, biasanya hal ini disebabkan adonan sulit menggumpal dan terlalu lengket. Ternyata setelah ditelusuri penyebab slime tidak menggumpal ialah tidak adanya slime activator.

Sehingga, untuk membuat slime activator sendiri bermacam-macam caranya, salah satunya ialah dengan gom. Gom merupakan obat antiseptik yang digunakan untuk sariawan.

Penasaran kan bagaimana caranya? Berikut cara membuat slime dari lem fox dan gom yang dijamin berhasil.

- Langkah pertama saat cara membuat slime dari lem fox adalah siapkan terlebih dahulu bahan-bahan dan peralatannya, seperti baskom, 1 botol gom, 100 cc air, lem fox, dan sabun mandi cair.

- Selanjutnya, larutkan 1 botol gom dalam 100 cc air untuk membuat activator. Kalau sudah, tuangkan lem fox ke dalam baskom dengan secukupnya.

- Kemudian, tuangkan sabun mandi cair dan aduk dengan lem putih hingga merata. Lalum tuangkan activator yang sudah dibuat sebelumnya ke dalam adonan lem dan sabun tadi sampai menggumpal. Tara! Slime yang kamu buat sudah bisa dipakai mainan anak nih, gampang kan?

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Slime dari Lem Fox Putih

Cara Membuat Slime dari Lem FoxCara Membuat Slime dari Lem Fox © shutterstock.com/KlavdiyaV

Selain murah dan aman, manfaat dari membuat slime sendiri di rumah adalah kamu bisa mengajari anak untuk mengembangkan kreativitasnya dalam bermain. Untuk itu, berikut cara membuat slime dari lem fox putih yang bisa langsung kamu praktikkan di rumah.

- Sebelum membuatnya, kamu harus siapkan bahan dan peralatannya terlebih dahulu, seperti lem fox putih, pewarna makanan, baskom, bedak bayi dan hand body secukupnya.

- Kalau semu bahan sudah terkumpul, langkah pertama cara membuat slime dari lem fox putih ialah masukkan 3 pencetan body lotion, dan lem fox pada baskom lalu aduk hingga merata.

- Terakhir, cara membuat slime dari lem fox ialah  masukkan bedak bayi secukupnya, dan tambahkan pewarna makan untuk menghasilkan warna yang diinginkan. Ohya, kalau slime masih terasa lengket di tangan, kamu bisa menambahkan baby oil atau minyak bayi. Lalu aduk hingga menghasilkan tekstur yang diingnkan, selesai.

Itulah cara membuat slime dari lem fox yang bisa kamu coba dirumah untuk bermain dengan si kecil saat weekend. Perlu diingat, untuk memainkan slime, pastikan anak didampingi orangtua ya, guna meminimalisir risiko saat masuk ke dalam mulut anak. Semoga berhasil!

Beri Komentar