Cara Bermain Rubik untuk Ajarkan Anak dengan Cepat Ternyata Mudah kok, Moms!

Reporter : Wicha Mashita
Rabu, 29 Juli 2020 15:39
Cara Bermain Rubik untuk Ajarkan Anak dengan Cepat Ternyata Mudah kok, Moms!
Nggak susah seperti kelihatannya, begini loh cara bermain rubik pemula yang mudah.

Cara bermain rubik ini memang sudah lama menjadi kesenangan banyak orang. Sebab, bisa menghilangkan jenuh dan efektif sebagai penghilang stres. Selain itu cara bermain rubik juga asyik tanpa harus memakan banyak tempat ya moms. Bentuknya yang mini tapi ada banyak manfaatnya.

Cara bermain rubik ini juga dibilang mampu mengasah otak, makanya nggak ada salahnya buat ajak si kecil bermain rubik. Pertama kali rubik tiga dimensi ini diciptakan oleh Erno Rubik, seorang pemahat dan profesor arsitektur dari Hungaria pada tahun 1978 lalu.

1 dari 7 halaman

Manfaat cara bermain rubik ini banyak banget loh, moms! Seperti yang pernah disampaikan James Brown, seorang direktur STEM Education Coalition misalnya, bahwa rubik bisa mengakrabkan anak dengan berbagai prinsip penting dalam di bidang matematika dan lainnya.

Si kecil jadi memiliki kemampuan menganalisis masalah dari berbagai sudut pandang dan bisa berpikit kritis secara sistematis maupun terukur. Hal ini juga disampaikan penulis buku 'You Can Do the Cube', Patrick Bossert kalau cara bermain rubik bisa mengasah semua kemampuan saat anak memutar dan membalik warna untuk menyelesaikannya.

2 dari 7 halaman

Cara Bermain Rubik 3x3 untuk Pemula

Cara Bermain Rubik © Diadona


Dengan banyaknya manfaat yang bisa diambil dari cara bermain rubik, kita pelajari yuk langkah-langkahnya bagi pemula! Tapi sebelum itu, perlu untuk memahami nama-nama dasar dari rubik nih moms!

Rubik kubus berukuran 3x3 dengan 27 bagian kecil yang saling terhubung. Dalam satu rubik terdapat 6 sisi yang mana memiliki warna berbeda-beda. Bagian tengah rubik yang sifatnya paten tidak bisa dipindah disebut center.

Sedangkan bagian ujung dari rubik disebut corner. Sementara itu, untuk bagian tengah dari sisi samping rubik adalah edge. Nah ada juga yang namanya layer, yaitu sisi terbagi menjadi 3. Dari bawah disebut layer 1, tengah layer 2 dan layer 3 untuk yang terakhir.

3 dari 7 halaman

Cara Bermain Rubik © Diadona


Nah, sekarang kita pahami cara bermain rubik dari gerakannya. Di sini juga ada rumus yang bisa dipraktikkan, tapi tenang nggak perlu dihapalkan kok, moms.

1. R (Right): gerakannya memutar sisi kanan ke arah kanan searah jarum jam dalam cara bermain rubik.

2. R' (R aksen): gerakan memutar ke sisi kanan juga tapi ke arah kiri dan berlawanan dengan jarum jam.

3. L (Left): gerakan memutar ke sisi kiri lalu ke kanan sesuai jarum jam.

4. L' (Left aksen): Kalau lef aksen gerakannya memutar sebelah kiri ke arah kiri dan berlawanan dengan arah jarum jam.

5. F (Front): gerakan memutar rubik dari sisi depan ke kanan sesuai arah jarum jam.

6. F' (Front aksen): gerakan yang memutar dari sisi depan ke arah kiri.

7. f (front double): kalau huruf f kecil begini gerakannya memutar sisi F double sesuai arah jarum jam.

4 dari 7 halaman

8. f (front aksen double): geraka ini memutar dari sisi F' double searah jarum jamnya.

9. U (Up): Yap, sesuai namanya gerakan ini dalam cara bermain rubik memutar sisi rubik bagian atas ke kanan.

10. U' (U aksen): Kalau U' gerakannya memutar sisi atas ke arah kiri.

11. D (Down): Kebalikan dari Up, down gerakannya memutar sisi bawah ke arah kanan.

12. D' (D aksen): Kalau D' gerakan memutar sisi bawah ke arah kiri.

13. B (Back): Nah cara bermain rubik B ini tandanya gerakan memutar sisi belakang ke kanan searah jarum jam.

14. B' (B aksen): Kalau B' memutar bagian belakang ke arah kiri.

Oh iya moms, ada catatan lagi dalam cara bermain rubik kalau 1 gerakan sama dengan memutar sebesar 90 derajat ya. Kalau 2 kali gerakan berarti 2 kali putaran 90 derajat. Sedangkan 1 putaran sama dengan memutar 180 derajat.

5 dari 7 halaman

Cara Bermain Rubik © Diadona

Sekarang, kita mulai langkah-langkah cara bermain rubik 3x3.

1. Mulailah dengan fokus pada satu warna terlebih dulu. Soalnya kita nggak bisa langsung menyamakan banyak warna sekaligus moms. Wah, ini bisa melatih kesabaran juga ya.

Biarkan anak memilih satu warna terlebih dulu sebagai patokan. Misalnya, warna biru.

2. Setelah itu, bentuk cross atau pola tanda " +" pada warna biru dengan center warna kuning.

3. Bentuk cross dengan warna biru secara sempurna terlebih dulu, baru melanjutkan warna top layar (edge) yang posisinya bersebalahan dengan kotak biru.

6 dari 7 halaman

4. Sempurnakan layar utama dulu ya moms. Memang agak rumit sih, tapi bisa pakai rumus L' U' L dan R u R'.

5. Langkah selanjutnya cara bermain rubik adalah melanjutkan layar 2. Balik seperti di awal, fokuskan pada satu warna, misal putih.

6. Lalu cari edge dan center warna putih dilanjutkan memutar ke arah layer putih sampai berbentuk pola " T" . Di sini bisa pakai rumus U R U' atau U' L' U L.

7. Sekarang beranjak ke layar 3 dengan membentuk cross warna kuning sebagai cara bermain rubik selanjutnya. Memutar edge yang bersebalahan dengan F R U R' U' F'.

7 dari 7 halaman

8. Sementara itu, untuk edge di cara bermain rubik yang berseberangan pakai rumus f R U R' U' f'. Jika sisi warna kuning sudah terbentuk sempurna, putar bagian corner dengan rumus R U R' U R U U R'.

9. Tinggal menyempurnakan layar keempat nih yang sisi edge masih nggak selaras. Mommies bisa ajak si anak menggunakan rumus R U R' F R U R' U R' F R2 U' R' U'. Kemudian tambahkan R U' R U R U R U' R' U' R2 untuk bagian yang belum sempurna.

10. Hampir selesai nih moms, tinggal menyemperunakan edge dan corner lain yang warnanya belum sama. Untuk menuntaskannya diperlukan rumus R2 U R U R' U' R' U' R'.

Taraaa... jadi deh moms cara bermain rubik dengan menyelaraskan warna bersama si kecil. Gimana, seru kan moms?

Beri Komentar