Bingung Mau Main Apa Mom? Ini Beberapa Ide Permainan Bareng Si Kecil Sesuai Usia

Reporter : Riza Umami
Senin, 10 Agustus 2020 09:17
Bingung Mau Main Apa Mom? Ini Beberapa Ide Permainan Bareng Si Kecil Sesuai Usia
Main apa ya enaknya sama si kecil?

Salah satu aktivitas yang bisa ibu lakukan bersama anak adalah bermain. Biasanya, anak pun akan senang sekali ketika diajak bermain bersama dengan ibunya. Namun, permainan apa ya Mom yang sesuai untuk anak berdasarkan usianya?

Permainan-permainan yang dilakukan bersama anak ini tentunya tak hanya sekadar untuk bersenang-senang. Salah satu manfaatnya yaitu bisa meningkatkan keterampilan kognitif anak dan masih banyak lagi.

1 dari 3 halaman

Dilansir dari akun Instagram @mamaschoiceid, ide permainan yang bisa dilakukan bareng anak yang baru lahir sampai usia 2 bulan yaitu seperti ibu menari perlahan sambil menggendong si kecil, menyanyikan lagu untuknya dan bisa juga dengan membacakan anak dongeng.

ilustrasi bayi bermain © Diadona

Pada anak usia 2 sampai 4 bulan, Mom bisa mulai mengajari anak menggenggam rattle selama 10 sampai 20 detik, bisa juga mengajak anak duduk di depan cermin untuk melihat bayangannya sendiri dan ajak anak bicara sesering mungkin karena ia mulai membaca gerak bibir ibu.

2 dari 3 halaman

Untuk anak usia 4 sampai 6 bulan, anak udah makin besar dan bisa diajak main cilukba atau main dengan marakas saat anak tak melihat agar ia bisa mencari di mana bunyi tersebut. Selain itu, bisa juga minta bantuan ayah, dudukkan si kecil di antara kaki ayah dan pastikan menyandar di perutnya, kemudian main gelinding bola dengan ibu yang ada di depannya.

Ide bermain untuk anak usia 6 sampai 8 bulan yaitu dengan membaringkan si kecil dengan perut di bawah dan sedikit jauh dari mainannya, lalu perhatikan bagaimana si kecil berusaha untuk meraih mainan tersebut. Mom juga bisa memberi anak benda yang memiliki aroma yang tidak menyengat untuk mulai melatih penciumannya dan usahakan yang terbuat dari bahan alami.

ilustrasi bayi bermain © Diadona

3 dari 3 halaman

Yang terakhir, saat anak berusia 8 sampai 12 bulan, Mom sudah bisa mengajarinya beberapa gerakan seperti dadah, tos dan tepuk tangan. Selain itu, bacakan lagi dongeng pada si kecil tetapi kali ini dalam posisi perut di bawah agar si kecil bisa memperhatikan gambar yang ada di buku dongeng tersebut sambil ikut membuka halaman berikutnya.

Nah, itulah beberapa ide bermain yang bisa dilakukan bersama anak sesuai dengan usianya. Kalau Mom punya ide bermain lainnya silahkan komen di bawah ini ya. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar