Cara Membuat Layang-Layang Kupu-Kupu Unik dari Bambu Buat Mainan si Buah Hati

Reporter : Wicha Mashita
Senin, 3 Agustus 2020 19:13
Cara Membuat Layang-Layang Kupu-Kupu Unik dari Bambu Buat Mainan si Buah Hati
Moms, yuk ajakin anak cara membuat layang-layang untuk jadi mainannya!

Nggak harus beli, mommies bisa ajakin anak cara membuat layang-layang unik, seperti bentuk kupu-kupu. Bahkan hal ini bisa meningkatkan kreativitas anak untuk membuat beragam bentuk loh moms! Mainan yang diterbangkan ini juga bikin anak buat aktif bergerak loh!

Meski layang-layang ini sudah ada lama dan menjadi mainan tradisional, tapi ketenarannya nggak hanya di Indonesia saja loh! Di luar negeri layang-layang bahkan nggak hanya buat mainan tapi juga dikoleksi dengan aneka bentuk dan ragam warna cantik. Merangkum dari berbagai sumber, inilah cara membuat layang-layang yang bisa Mommies cobain bareng buah hati.

1 dari 6 halaman

Cara Membuat Layang-Layang Kupu-Kupu

Cara Membuat Layang-Layang Kupu-Kupu © Diadona


Ada beberapa cara membuat layang-layang yang bisa diterapkan. Kali ini merangkum dari kanal YouTube Gede Agus Yudi, beginilah cara membuat layang-layang kupu-kupu yang lebih simple dan mudah. Sebelum membuat layang-layang, kita siapkan dulu bahan-bahannya ya moms.

- Batang Tengah/ Lurus dengan ukuran 80 cm dari bambu

- Batang sayap dua bilang berukuran 95 cm

- Batang lengkung berukuran 100 cm

- Batang kepala yang sudah diikat dengan panjang 40 cm

- Batang kuping sepanjang 30 cm

- Batang untuk pegangan sayap berukuran 30 cm

- Batang yang paling pendek, yaitu 16 cm digunakan untuk ekor

- Kain dengan warna sesuai selera

- Lem castol

2 dari 6 halaman

Langkah-langkah cara membuat layang-layang kupu-kupu

Cara Membuat Layang-Layang Kupu-Kupu © Diadona

1. Pertama, ambil dua batang sayap lalu dibelah bagian bawahnya. Terus ditumpuk menjadi satu biar lebih gampang pada pengikatan dan nggak gampang geser.

2. Terus ambil batang tengah untuk diikat dengan batang sayap.

3. Kalau sudah diikat, ambil batang tengah lalu dicari titik tengah dan diikat di bagian tengah batang yang sudah terikat tadi ya.

Cara Membuat Layang-Layang Kupu-Kupu © Diadona

4. Ukurlah jarak antara sayap kanan dan kiri agar sama, terus ikat pegangan sayap dan kiri. Oh iya, ikatnya yang kencang ya moms.

5. Langkah selanjutnya pada cara membuat layang-layang kupu-kupu adalah ambil batang lengkung dan tentukan titiknya agar seimbang. Terus diikat deh moms dengan kencang seperti sebelumnya.

Cara Membuat Layang-Layang Kupu-Kupu © Diadona

6. Jika batang lengkung sudah terikat, sekarang giliran batang terpendek diikat di bawah batang lengkung.

3 dari 6 halaman

7. Kemudian, ukurlah di ujung kanan dan kiri batang lengkung sekitar 10-15 cm. Mommies bisa memberi tanda dengan bulpen agar talinya diikat dengan sama dan seimbang.

8. Jika sudah terikat, tarik tali dari tengah ke arah sayap kanan dan kiri. Untuk panjangnya mommies dan si kecil bisa tentukan sesuai selera ya.

Cara Membuat Layang-Layang Kupu-Kupu © Diadona

9. Kemudian, tarik tali dari bagian paling bawah ke atas, dimulai dari ekor, diikat lalu ke sayap dan dilanjutkan sampai ke kepala.

10. Kalau semua tali sudah terikat pada batang, sekarang waktunya yang paling seru nih moms, yaitu proses pembungkusan dengan kain yang warnanya sesuai selera.

Cara Membuat Layang-Layang Kupu-Kupu © Diadona

11. Gambar kain sesuai dengan bentuk rancangan layang-layang lalu tempelkan pakai lem antara kain satu dengan lainnya untuk mendapatkan warna yang cantik.

12. Jika kain sudah dirancang, tempelkan rancangan bambu pada kain menggunakan lem. Oh iya, saat menggambar kain sesuai cetakan rancangan bambu, beri ukuran lebih untuk bisa dilipat ke dalam ya moms. Taraaa... jadi deh moms layang-layang cantik berbentuk kupu-kupu.

Cara Membuat Layang-Layang Kupu-Kupu © Diadona

4 dari 6 halaman

Cara Membuat Layang-Layang Unik dari Bambu

Tenang saja moms, nggak hanya berbentuk kupu-kupu, ada cara membuat layang-layang unik dari bambu lainnya yang bisa dicoba loh! Tentu saja sebelum memulainya, siapkan alat dan bahan ya.

- 1 bilah bambu tipis dengan lebar 1 cm dan panjang 60-80 cm

- 1 bilah bambu tipis yang lebarnya juga 1 cm tapi panjangnya sekitar 40-50 cm

- Benang atau tali tipis

- Kertas minyak dengan warna pilihan kesukaan si kecil

- Pita gulung yang tebal

- Gunting

- Isolasi

- Spidol

- Meteran

5 dari 6 halaman

Cara membuat layang-layang:

Cara Membuat Layang-Layang Unik dari Bambu © Diadona

1. Cara membuang layang-layang unik dari bambu yang pertama, adalah letakkan kedua bilah bambu dengan posisi menyilang yang mana bambu lebih pendek di 1/3 bagian bambu yang lebih panjang. Lalu diikat pakai benang atau tali untuk mengaitkannya.

2. Kaitkan keempat ujung bambu dengan benang sampai bentuknya menjadi wajik.

3. Rangka sudah jadi, sekarang tinggal meletakkan kerangka di atas kertas minyak dan ajak si kecil menggambar pakai spidol moms. Ikuti pola kerangka layang-layang yang sudah dibuat ya. Oh iya, jangan lupa beri jarak ya moms, sekitar 2,5 cm dari ukuran kerangka aslinya.

4. Terus potong pola pada kertas mintak pakai gunti dan rekatkan bagian kerangka pakai isolasi. Kalau mau pakai lem juga boleh kok moms.

5. Nah, bagian pola di kertas minyak yang sisa tadi dilipat melewati benang sebelum diisolasi.

6. Sedangkan untuk ekornya, potong pita dengan warna kesukaan si kecil yang juga berguna sebagai penyeimbang layang-layang.

6 dari 6 halaman

7. Tinggal membuat lubang di bagian tengah layang-layang deh moms, di mana tempatnya pas persilangan kerangka dari bambu.

8. Beri senar layangan pada lubang dan diikat di kerangkanya.

9. Satu lagi langkah cara membuat layang-layang agar bisa terbang, buat titik di bagian bawah dengan jarak 8 cm dan tautkan benang di titik tersebut.

10. Yeay.. sudah jadi deh moms layang-layangnya.

Itu tadi merupakan teknik dasar cara membuat layang-layang moms. Ada juga beberapa bentuk layang-layang yang bisa dibuat, seperti kupu-kupu, burung Bali, elang, kobra dan sebagainya.

Gimana moms, cara membuat layang-layangnya gampang dan seru kan?

Beri Komentar