Apa sih yang Menyebabkan Cara Bicara Anak Cadel?

Reporter : Riza Umami
Senin, 20 Juli 2020 15:17
Apa sih yang Menyebabkan Cara Bicara Anak Cadel?
Penyebab cara bicara anak cadel.

Kemampuan berbicara adalah salah satu hal yang sangat penting agar anak bisa berkomunikasi dengan baik pada keluarga maupun teman-temannya. Namun, terkadang sejumlah anak mengalami gangguan berbicara seperti cadel.

Dilansir dari berbagai sumber, anak dengan cara bicara yang cadel ini pun biasanya dianggap lucu oleh teman-temannya karena dia kesulitan melafalkan huruf 'R' dan beberapa huruf lainnya. Nah, sebenarnya apa sih yang menyebabkan anak jadi cadel begini?

1 dari 2 halaman

Salah satu penyebabnya yaitu karena gangguan koordinasi mulut. Koordinasi mulut ini biasanya dipengaruhi oleh pusat saraf motorik bicara yang ada di otak. Pusat saraf motorik untuk bicara ini biasa disebut dengan area broka.

Bila pusat saraf otak ini terganggu, maka koordinasi gerakan mulut juga jadi terganggu yang akan menyebabkan pengucapan kata tidak tepat dan anak jadi cadel. Namun, bila tak ada masalah dengan otak, maka kemampuan koordinasi mulut ini bisa dilatih dengan latihan mengucapkan kata atau huruf secara berulang-ulang.

ilustrasi anak-anak © Diadona

2 dari 2 halaman

Selain itu, penggunaan dot atau empeng ternyata juga bisa menyebabkan anak jadi cadel lho. Hal ini disebabkan karena mengisap dot ini bisa membuat lidah jadi terbiasa terdorong ke depan dan berada di antara giginya. Biasanya, anak jadi kesulitan mengucapkan huruf S dan Z dengan jelas.

Kemudian, ada juga beberapa kelainan anatomis mulut yang bisa sebabkan anak jadi cadel seperti ukuran lidah yang terlalu besar, tounge tie (lidah punya jaringan seperti kait di bawahnya), dan juga kelainan posisi rahang dan langit-langit mulut.

Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan anak jadi cadel. Gangguan bicara cadel ini perlu ditangani sejak anak masih kecil agar tak terbawa sampai dia dewasa nanti. Berkonsultasilah pada dokter spesialis anak untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar