Gimana sih Cara Merawat Gigi Bayi yang Baru Tumbuh? Ini Penjelasannya

Reporter : Riza Umami
Jumat, 17 Juli 2020 16:17
Gimana sih Cara Merawat Gigi Bayi yang Baru Tumbuh? Ini Penjelasannya
Cara merawat gigi bayi yang baru tumbuh.

Jika ini adalah kali pertama menjadi orang tua, mungkin Mom akan bertanya-tanya kapan seharusnya mulai merawat gigi bayi. Biasanya, gigi pertama si kecil ini akan mulai tumbuh pada usia 6 bulan.

Dilansir dari laman alodokter.com, ternyata sebelum gigi tumbuh pun, Mom perlu membersihkan gusi si kecil dengan cara mengusapinya secara lembut memakai kasa atau kain yang bersih usai dicelupkan ke air hangat.

Nah, kalau giginya si kecil sudah mulai numbuh, beberapa cara perawatan yang bisa dilakukan yaitu:

1 dari 4 halaman

1. Sikat Gigi Bayi dengan Benar dan Lembut

ilustrasi bayi © Diadona

Sama halnya dengan orang dewasa, gigi bayi juga perlu disikat dua kali sehari tetapi dengan cara yang benar dan lembut. Mom bisa menggunakan sikat gigi dan pasta gigi khusus bayi. Yang perlu diperhatikan saat memilih pasta gigi ini adalah pilih yang mengandung 'fluoride' dan oleskan hanya sebesar butiran beras pada sikat.

2 dari 4 halaman

2. Jangan Biarkan Si Kecil Tidur dengan Botol Susunya di Mulut

Ilustrasi Bayi © Diadona

Kalau anak minumnya susu dari botol, jangan sampai biarkan ia tidur dengan botol susu yang masih menempel di mulutnya. Ternyata susu yang mengumpul pada ujung botol tersebut, bisa menyebabkan kerusakan gigi loh.

3 dari 4 halaman

3. Hindari Makanan yang Manis-Manis

Ilustrasi Bayi Makan © Diadona

Makanan yang mengandung gula dan manis-manis ini memang menjadi salah satu penyebab dari kerusakan gigi. Apalagi gigi si kecil ini baru tumbuh dan masih rentang sehingga perhatikan betul apa yang dikonsumsi oleh anak dan hindari dulu makanan yang mengandung gula.

4 dari 4 halaman

4. Periksa ke Dokter

Sejumlah orang masih beranggapan bahwa hanya ke dokter gigi saat gigi berlubang padahal faktanya tidak demikian. Untuk anak yang giginya baru tumbuh, juga perlu rutin periksa ke dokter gigi agar dokter bisa memantau pertumbuhan giginya dan memberikan cara bagaimana mencegah gigi berlubang pada anak.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa Mom lakukan pada gigi bayi yang baru tumbuh. Bila terjadi masalah mengenai gigi anak ini sebaiknya langsung konsultasikan dengan dokter gigi. Semoga membantu.

Disadur dari laman alodokter.com (drg. Viera Fitani)

Beri Komentar