Gak Banyak Dilakukan, Ternyata Ngobrolin Cinta Bareng Anak Itu Penting lho!

Reporter : Audila Rima Ndani
Senin, 20 Juli 2020 08:37
Gak Banyak Dilakukan, Ternyata Ngobrolin Cinta Bareng Anak Itu Penting lho!
Ngobrolin cinta juga seru kok dilakukan bareng anak!

Kita semua rasanya sudah tahu bahwa kunci dari keberhasilan sebuah hubungan adalah terjalinnya komunikasi yang baik. Sebenarnya hubungan dalam hal ini nggak hanya dengan pasangan aja, tapi juga dengan anak kita.

Banyak orang tua yang melewatkan kesempatan untuk menjalin kedekatan dengan anak. Kesibukan sering menjadi alasan klasik yang menjadi tameng bagi orang tua setiap mereka merasa nggak dekat dengan anak.

Padahal dari obrolan sederhana yang dilakukan di meja makan, hubungan kita dengan anak bisa menjadi lebih dekat lho. Apalagi kalau kita benar-benar mau meluangkan waktu untuk anak. Bayangin deh sebahagia apa mereka?

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Ibu dan AnakIlustrasi Ibu dan Anak © freepik.com/tirachardz

Tapi bukan berarti semua orang tua acuh pada anaknya dan memilih sibuk ya. Banyak juga kok yang meluangkan waktu untuk mendekarkan diri dengan anak-anak mereka.

Rata-rata topik obrolan yang kita bicarakan dengan anak biasanya seputar sekolah, pelajaran, guru, dan hari mereka. Sementara udah tahu belum kalau ternyata obrolan tentang cinta juga penting lho dibahas dengan anak!

Dilansir dari Parent Map, saat mengingat masa kecil kita, mungkin saat itu bahkan kita sudah bisa mengartikan apa yang disebut dengan cinta dan pacaran di usia yang sangat muda. Perlu kita sadari bahwa anak juga mengalami hal yang sama lho, Moms!

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Ibu dan AnakIlustrasi Ibu dan Anak © shutterstock

Menurut seorang ahli seksualitas, Amy Johnson, saat anak meminta izin untuk berpacaran seharusnya orang tua perlu mencari tahu alasan mereka. Saat kita bertanya pada 50 anak tentang apa arti pacaran menurut mereka, tentu kita akan mendapat 50 jawaban yang berbeda-beda.

Untuk itu di sini peran kita sebagai orang tua dibutuhkan. Tanyakan pada anak apa yang mereka maksud dengan pacaran dan apa yang membuat mereka ingin melakukannya.

Sebuah obrolan tentang cinta bisa membantu orang tua memahami apa yang sebenarnya dipikirkan oleh anak. Selain itu kita juga bisa tahu apa yang mereka inginkan saat memutuskan untuk pacaran.

3 dari 3 halaman

ilustrasi ibu dan anak remajailustrasi ibu dan anak remaja © shutterstock.com / disobeyart

Memulai obrolan seperti ini secara terbuka sejak awal bisa membuat pembicaraan kita dengan anak berkembang menjadi diskusi kritis. Selanjutnya saat mereka mulai lebih dewasa, kita akan lebih santai membahas tentang hal-hal yang lebih intim berkaitan dengan perkembangan mereka.

Selain itu tentu akan lebih baik jika anak mengetahui hal-hal tentang cinta secara langsung dari kita sebagai orangtuanya. Jangan sampai anak mendapatkan pengetahuan itu dari sumber lain yang nggak terpercaya dan bisa menyesatkan pemikiran mereka.

Lagian seru juga kok menceritakan pengalaman cinta kita dengan anak. Hal itu bisa membuat hubungan semakin terbuka dan lebih dekat dengan anak.

Semoga informasi ini bisa membantu ya!

Beri Komentar