Bayi Kerap Berkeringat Saat Menyusu? Apakah Normal?

Reporter : Riza Umami
Senin, 20 Juli 2020 07:17
Bayi Kerap Berkeringat Saat Menyusu? Apakah Normal?
Penyebab bayi berkeringat saat menyusu.

Ketika pertama kali menjadi seorang ibu, mungkin Mom akan menemukan beberapa hal baru yang bisa bikin khawatir. Salah satunya yaitu saat menyusu terkadang bayi akab jadi lebih berkeringat. Namun, apakah hal itu normal saja untuk terjadi?

Sebenarnya seseorang wajar untuk berkeringat, sama seperti orang dewasa, bayi pun juga demikian. Namun, biasanya si kecil akan berkeringat lebih banyak ketika lagi menyusu atau saat sedang tidur.

1 dari 2 halaman

Dilansir dari laman id.theasianparent.com, hal ini disebabkan karena saat sedang menyusu, bayi melakukan kontak dengan ibunya yaitu 'skin to skin'. Hal ini bisa meningkatkan suhu tubuh si kecil dan membuatnya jadi berkeringat.

Ilustrasi Ibu Menyusui © Diadona

Selain itu, saat menyusu, anak akan mengeluarkan energi yang lebih banyak karena dia lagi menyedot ASI dari puting ibu dan menyebabkan si kecil makin berkeringat. Hal ini serupa ketika kita sedang beraktivitas atau olah raga yang akan berkeringat juga.

2 dari 2 halaman

Posisi ibu yang nggak berubah saat menyusu pun bisa menyebabkan si kecil makin berkeringat. Panas dari lengan ibu ini akan menjalar ke kepala bayi sehingga bagian kepala si kecil ini akan cenderung lebih dipenuhi keringat.

Meski begitu, tak perlu terlalu khawatir ya Mom karena bayi berkeringat saat menyusu ini adalah hal yang wajar. Untuk mengurangi keringatnya, Mom bisa mengelap dengan tisu, melepaskan topi bayi, berpindah posisi dan juga memakaikan baju yang dingin ya pada si kecil. Semoga membantu.

Beri Komentar