5 Tips Membiasakan Anak Pakai Masker di Luar Rumah Selama New Normal

Reporter : Audila Rima Ndani
Rabu, 22 Juli 2020 06:37
5 Tips Membiasakan Anak Pakai Masker di Luar Rumah Selama New Normal
Kadang anak suka rewel kalau disuruh pakai masker. Yuk, ikuti tips ini!

Indonesia sudah memberlakukan new normal di mana kondisi ini membuat masyarakat bisa melakukan aktivitas seperti biasa dengan tetap mematuhi peraturan kesehatan dan keselamatan yang baru. meski sudah bisa beraktivitas namun kita nggak boleh ceroboh dan nggak memperhatikan keselamatan.

Selain orang dewasa, anak-anak juga harus mematuhi aturan kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah. Salah satunya adalah dalam penggunaan masker.

Namanya anak-anak, tentu nggak semuanya bisa patuh dengan aturan seperti ini. Banyak dari mereka yang nggak mau menggunakan masker karena memang bisa terasa sangat mengganggu. Lantas apa yang harus kita lakukan?

Dilansir dari Times of India, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membiasakan anak menggunakan masker.

1 dari 6 halaman

Menjelaskan new normal pada anak

ilustrasi anak sakit © Diadona

Beberapa sekolah di zona hijau corona bahkan sudah mulai beroperasi kembali. Namun meski anak masih belajar di rumah, tapi kita harus membiasakan mereka untuk menggunakan masker untuk mempersiapkan anak saat mereka harus pergi ke luar rumah.

Hal ini bisa dimulai dengan menjelaskan kondisi new normal yang sedang kita bersama hadapi. Jelaskan padanya apa saja yang harus mereka lakukan saat menghadapi kondisi new normal ini seperti keharusan mencuci tangan, menjaga jarak, dan menggunakan masker.

2 dari 6 halaman

Jelaskan pentingnya menggunakan masker

ilustrasi ibu dan anak perempuan © Diadona

Memberikan pengertian pada anak tentang apa yang sedang dunia hadapi saat ini tentu sangat diperlukan. Bukan berarti kita juga harus menjelaskan kengerian yang terjadi untuk menakut-nakuti mereka.

Gunakan penjelasan yang lebih halus tentang pentingnya penggunaan masker selama masa new normal ini. Katakan bahwa hal ini bisa melindungi mereka dari penularan penyakit yang sedang mewabah. Sampaikan penjelasan ini dengan sederhana dan jujur.

3 dari 6 halaman

Menjadi contoh

Ilustrasi wanita memakai masker © Diadona

Tanpa disadari sebenarnya banyak anak yang suka meniru apa yang dilakukan oleh orangtuanya. Makanya saat kita menunjukkan bahwa kita juga menggunakan masker maka mereka akan lebih punya keinginan untuk menggunakan masker juga.

Hal ini bisa membantu mengurangi rasa takut yang mungkin mereka rasakan saat menggunakan masker. Dengan memberikan contoh, anak akan lebih merasa nyaman saat mulai menggunakan masker.

4 dari 6 halaman

Memberi waktu anak untuk terbiasa

ilustrasi anak sakit © Diadona

Perubahan yang harus mereka hadapi ini tentu membuat anak membutuhkan beberapa waktu untuk mulai terbiasa. Tentunya wajar jika anak nggak langsung nyaman menggunakan masker. Namun kita harus tetap membiasakan mereka dengan menjadikan masker sebagai benda penting dalam rutinitas mereka.

5 dari 6 halaman

Berikan masker dengan motif lucu

ilustrasi anak pakai masker © Diadona

Anak suka dengan barang-barang yang menarik secara visual. Kita bisa membuat mereka ingin menggunakan masker dengan memberikan masker bergambar kartun favorit mereka.

Selain itu, kita juga bisa mengajak anak untuk berkreasi dengan menghias masker mereka sendiri. Dengan begitu mereka akan lebih senang menggunakan masker hasil karyanya.

6 dari 6 halaman

Pastikan masker nyaman untuk anak

ilustrasi anak sakit © Diadona

Setelah membuat anak terbiasa menggunakan masker, kita juga harus memastikan bahwa mereka merasa nyaman dengan masker yang dia gunakan. Periksa apakah ukuran dan bahannya sudah nyaman saat digunakan oleh si kecil. Hal ini dilakukan agar anak nggak sampai sesak atau kesakitan saat menggunakan masker.

Semoga informasi ini bisa membantu kamu ya!

Beri Komentar